uefau17.com

Hewan Dugong Alias Ikan Duyung Dilaporkan Punah di China - Global

, Jakarta - Para peneliti telah menyatakan mamalia yang terkait dengan manatee - dikatakan telah mengilhami kisah kuno tentang putri duyung dan sirene - punah di China.

Dilansir BBC, Rabu (24/8/2022), hanya tiga orang yang disurvei dari komunitas pesisir di China yang melaporkan melihat dugong dalam lima tahun terakhir.

Dikenal sebagai raksasa paling lembut di lautan, perilaku duyung yang lambat dan santai kemungkinan membuatnya rentan terhadap penangkapan ikan yang berlebihan dan kecelakaan pelayaran. Sebenarnya, dugong masih ada di tempat lain di dunia tetapi menghadapi ancaman serupa.

Prof Samuel Turvey, dari Zoological Society of London (ZSL), yang ikut menulis studi penelitian, mengatakan: "Kemungkinan hilangnya duyung di China adalah kerugian yang menghancurkan."

Para ilmuwan di ZSL dan Chinese Academy of Science meninjau semua data sejarah di mana duyung sebelumnya ditemukan di China.

Mereka menemukan tidak ada penampakan yang diverifikasi oleh para ilmuwan sejak tahun 2000.

Selain itu, para peneliti beralih ke ilmu warga untuk mewawancarai 788 anggota masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir yang diidentifikasi, untuk menentukan kapan masyarakat setempat terakhir melihatnya.

Rata-rata, warga melaporkan tidak pernah melihat duyung selama 23 tahun. Hanya tiga orang yang pernah melihat satu dalam lima tahun terakhir.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Punah Secara Fungsional

Hal ini membuat para peneliti menyatakan dugong telah punah secara fungsional - yang berarti "tidak lagi layak... untuk menopang dirinya sendiri", Heidi Ma, peneliti postdoctoral di ZSL, mengatakan kepada BBC.

Dugong adalah karakter laut yang unik. 

Dengan berat hampir setengah ton, ia adalah satu-satunya mamalia laut vegetarian.

Mirip dalam penampilan dan perilaku dengan manatee, tetapi dibedakan oleh ekornya yang seperti paus, sifatnya yang lembut - tampaknya jinak - telah membuat beberapa orang percaya bahwa itu mengilhami kisah pelaut kuno tentang putri duyung.

3 dari 5 halaman

Rentan Terhadap Pemburu

Sayangnya, habitatnya yang dekat dengan pantai di China membuatnya rentan terhadap pemburu di abad ke-20 yang mencari hewan itu untuk kulit, tulang, dan dagingnya.

Setelah penurunan populasi yang mencolok, duyung diklasifikasikan sebagai hewan yang dilindungi kunci nasional tingkat satu oleh Dewan Negara China pada tahun 1988.

Tetapi para peneliti percaya bahwa perusakan habitatnya yang berkelanjutan - termasuk kurangnya padang lamun untuk pakan - telah menyebabkan "kehancuran populasi yang cepat".

4 dari 5 halaman

Hilangnya Habitat

Program Lingkungan PBB memperkirakan bahwa 7% habitat lamun hilang secara global setiap tahun karena polusi industri dan pertanian, pembangunan pesisir, penangkapan ikan yang tidak diatur, dan perubahan iklim.

Prof Turvey mengatakan kepunahannya di China harus menjadi peringatan bagi daerah lain yang menampung duyung - termasuk Australia dan Afrika Timur - menyebutnya sebagai "pengingat serius bahwa kepunahan dapat terjadi sebelum tindakan konservasi yang efektif dikembangkan".

Spesies ini ditemukan di 37 wilayah tropis lainnya di dunia - khususnya perairan pantai dangkal di Samudra Pasifik India dan barat - tetapi diklasifikasikan sebagai "rentan" dalam daftar merah terancam punah oleh International Union for the Conservation of Nature (IUCN) spesies.

 

5 dari 5 halaman

Perlindungan Hewan Laut

Negara-negara saat ini bertemu di New York untuk menandatangani perjanjian laut PBB baru yang akan menempatkan 30% lautan dunia di kawasan lindung.

Kristina Gjerde, penasihat kebijakan laut lepas untuk IUCN, mengatakan kepada BBC: "Dugong adalah contoh menyedihkan dari apa yang terjadi pada lingkungan laut di mana ada peningkatan perambahan aktivitas manusia."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat