uefau17.com

Ketua DPR AS Nancy Pelosi Tiba di Singapura, Temui Presiden Halimah dan PM Lee Hsien Loong - Global

, Jakarta - Delegasi Amerika Serikat yang dipimpin oleh Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengunjungi Presiden Halimah Yacob dan bertemu dengan para pemimpin Singapura lainnya pada Senin (1 Agustus) sebagai bagian dari kunjungannya ke Asia.

Dilansir dari laman Channel News Asia, Senin (1/8/2022), kedua belah pihak menegaskan kemitraan yang sangat baik dan berlangsung lama antara Singapura dan AS, kata Kementerian Luar Negeri Singapura (MFA) dalam sebuah pernyataan pers.

"Mereka membahas hubungan pendidikan dan orang-ke-orang yang erat antara kedua negara dan menyambut baik perluasan kerja sama bilateral di bidang-bidang baru dan berwawasan ke depan seperti perubahan iklim," kata MFA.

"Mereka juga bertukar pandangan tentang cara untuk mendorong kohesi sosial yang lebih besar di Singapura dan AS."

Pelosi, yang memimpin delegasi beranggotakan enam orang dalam kunjungan dua hari ke Singapura, juga bertemu dengan Perdana Menteri Lee Hsien Loong dan Menteri Luar Negeri Vivian Balakrishnan di Istana. 

Menurut MFA, Lee dan delegasi Kongres "menegaskan kemitraan yang mendalam dan beragam antara Singapura dan AS, yang didukung oleh kerja sama yang kuat di bidang pertahanan, keamanan, dan ekonomi".

Lee menyambut baik komitmen yang diungkapkan oleh delegasi Kongres untuk keterlibatan kuat AS di kawasan itu, kata MFA, seraya menambahkan bahwa kedua belah pihak membahas cara-cara untuk memperdalam keterlibatan ekonomi Washington melalui inisiatif seperti Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahas Isu Dunia

Selain itu, Lee dan delegasi bertukar pandangan tentang perkembangan penting internasional dan regional, termasuk perang di Ukraina, hubungan lintas selat, dan perubahan iklim.

Lee juga menyoroti pentingnya hubungan AS-China yang stabil untuk perdamaian dan keamanan regional, tambah MFA. 

Pertemuan juga dilakukan dengan Wakil Perdana Menteri Lawrence Wong, Menteri Senior Teo Chee Hean dan Menteri Senior dan Menteri Koordinator Kebijakan Sosial Tharman Shanmugaratnam.

Selama perjalanannya ke Asia, Pelosi dijadwalkan akan singgah di Malaysia, Korea Selatan, dan Jepang untuk menegaskan kembali komitmen AS terhadap kawasan tersebut. Tidak ada kabar apakah dia akan mengunjungi Taiwan.

3 dari 3 halaman

Taiwan Tak Masuk Daftar Kunjungan

Pelosi, seorang Demokrat California, mencuit bahwa tur delegasi Kongres yang terdiri dari enam orang akan berusaha untuk "menegaskan kembali komitmen Amerika yang tak tergoyahkan kepada sekutu dan teman-teman kita di kawasan".

Kantornya mengatakan tur tersebut menuju "wilayah Indo-Pasifik" - "termasuk" kunjungan ke Singapura, Malaysia, Korea Selatan dan Jepang. 

China melihat Taiwan sebagai provinsi yang memisahkan diri yang harus menjadi bagian dari negara tersebut. Beijing tidak mengesampingkan kemungkinan penggunaan kekuatan untuk mencapai ini di masa depan.

Para pejabat China telah menyatakan kemarahan atas apa yang mereka pandang sebagai peningkatan keterlibatan diplomatik antara Taipei dan Washington. 

Ada kunjungan kejutan ke pulau itu oleh enam anggota parlemen AS pada bulan April.AS memiliki hubungan diplomatik formal dengan China, dan bukan Taiwan.

Pelosi telah lama menjadi kritikus vokal terhadap kepemimpinan China, mencela catatan hak asasi manusianya. Dia telah bertemu dengan para pembangkang pro-demokrasi dan mengunjungi Lapangan Tiananmen untuk memperingati para korban pembantaian 1989.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat