uefau17.com

Jenazah Eril Diharapkan Keluarga Ridwan Kamil Tiba di Indonesia 11 Atau 12 Juni 2022 - Global

, Bern - Emmeril Kahn Mumtadz anak Ridwan Kamil yang dilaporkan hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss, pada Kamis 26 Mei pukul 11.24 waktu setempat telah ditemukan. Jenazah Eril ditemukan pada Rabu 8 Juni 2022.

Kepolisian Bern, Swiss menemukan Eril anak Gubernur Jawa Barat itu dalam kondisi meninggal dunia di Bendungan Engehalde, Bern.

Pihak keluarga Eril Ridwan Kamil berharap almarhum bisa segera tiba di Indonesia. Meski sejauh ini belum bisa memastikan waktunya.

"Untuk waktu kami belum bisa memastikan kapan tiba di Indonesia. Tapi pada dasarnya kami akan lakukan secepat-cepatnya sejauh yang memungkinkan, tergantung situasi kondisi sumber daya yang mendukung," kata adik Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman dalam konferensi pers virtual, Kamis (9/6/2022).

Elpi pun memastikan pihak keluarga siap menerima dan memakamkan jenazah Eril sebagaimana syariat Islam.

"Selaku keluarga akan menerima almarhum Eril untuk kemudian kami akan menyempurnakan hak Eril selaku Muslim, diantaranya apabila dia wafat hendaknya dia diantarkan, disucikan, dikafani, disalatkan, dan diantarkan untuk dimakamkan sesuai syariat Islam sejauh yang dimungkinkan dengan tetap menjaga kehormatan sesuai kondisinya," ungkap Elpi.

Dia pun berharap bahwa jasad Eril bisa tiba di Indonesia pada akhir pekan ini. Antara Sabtu 11 Juni 2022 atau Minggu 12 Juni 2022.

"Harapan kami bisa tiba di Indonesia setidak-tidaknya Sabtu atau hari Ahad," ucap Elpi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sesuai Hasil Tes DNA

Polisi Swiss memastikan bahwa jenazah yang ditemukan di Bendungan Engehalde adalah anak Ridwan Kamil, yaitu Emmeril Khan Mumtadz.

Hal ini bisa dipastikan setelah dilakukan tes DNA oleh ahli forensik di Swiss. Duta Besar RI untuk Swiss menyampaikan informasi tersebut.

"Sesuai dengan prosedur yang berlaku, tim forensik segera melakukan identifikasi dan penyelusuran DNA untuk memastikan bahwa jenazah yang ditemukan tersebut adalah benar ananda Eril," ujar Dubes Muliaman Hadad dalam press briefing dari Bern, Kamis (9/6/2022) malam waktu Indonesia.

"Pada kamis 9 Juni 2022 siang waktu Swiss, pihak kepolisian Swiss menyampaikan konfirmasi hasil tes DNA bahwa jasad yang ditemukan kemarin adalah Emmeril Khan Mumtadz."

"Sesuai prosedur yang berlaku, tim forensik kepolisian segera melakukan identifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan jasad yang ditemukan. Itu betul ananda Eril," sambung Dubes Muliaman Hadad.

Kemudian pada Kamis siang ini waktu Swiss, lanjut dia, pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi tes DNA, bahwa jasad yang ditemukan adalah Eril.

Hal itu pun turut disampaikan secara resmi oleh kepolisian Swiss lewat pemberitaan resmi.

3 dari 4 halaman

Jenazah Eril Diserahkan ke Pihak Keluarga yang Ada di Bern

Dubes Muliaman Hadad dalam press briefing dari Bern, Kamis (9/6/2022) malam waktu Indonesia juga mengatakan, berkas untuk serah terima jenazah Eril telah selesai.

"Sesuai prosedur hukum yang berlaku di Swiss, pihak kepolisian menyampaikan berbagai berkas yang diperlukan ke pengadilan Bern, sebagai pihak yang berwenang untuk memutuskan serah terima jasad Eril dari pihak kepolisian kepada pihak keluarga," ujar Duta Besar Indonesia untuk Swiss Muliaman Hadad.

"Sekitar 2 jam yang lalu, pihak pengadilan telah memberikan kewenangan bagi keluarga yang saat ini berada di Bern untuk menerima jasad ananda Eril," imbuh Dubes Muliaman Hadad.

Setelah itu, "KBRI Bern memastikan penghormatan hak-hak ananda Eril sebagai muslim dipenuhi sesuai syariat Islam."

Jasad Eril ditemukan spesialis dari polisi maritim dari polisi cantonal Bern di cekungan wilayah sungai yang kemudian mengevakuasinya. Namun dipastikan bahwa Eril anak Ridwan Kamil ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Pada hari Rabu, 8 Juni 2022, sesaat sebelum pukul 06.50, polisi wilayah Bern melaporkan bahwa seorang pria tak bernyawa tergeletak di air di bendungan Engehalde di Bern.

"Orang hilang diselamatkan tak bernyawa dari Aare Pada Rabu (8/6) pagi, seorang pria tak bernyawa diselamatkan dari Aare di bendungan Engehalde di Bern," demikian dikutip dari laman police.be.ch, Kamis 9 Juni.

"Almarhum merupakan WNI yang mengalami kecelakaan di kawasan Aare pada 26 Mei 2022."

4 dari 4 halaman

Kronologi Ditemukannya Eril

Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad menyampaikan detik-detik Eril ditemukan. Awalnya pihak KBRI dan keluarga Ridwan Kamil menerima informasi dari kepolisian Swiss pada Rabu, 8 Juni 2022 bahwa ada temuan jasad yang diduga Eril sekitar pukul 06.50 waktu Swiss atau 11.50 WIB.

"Sesuai prosedur yang berlaku, tim forensik kepolisian segera melakukan identifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan jasad yang ditemukan. Itu betul ananda Eril," tutur Muliaman dalam konferensi pers virtual, Kamis (9/6/2022).

Kemudian pada Kamis siang ini waktu Swiss, lanjut dia, pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi tes DNA, bahwa jasad yang ditemukan adalah Eril.

Hal itu pun turut disampaikan secara resmi oleh kepolisian Swiss lewat pemberitaan resmi.

"Selanjutnya sesuai prosedur hukum kepolisian Swiss, kepolisian menyiapkan berkas ke Pengadilan Bern untuk serah terima kepada keluarga," jelas dia.

Kemudian sekitar dua jam sebelum konferensi pers yang dilakukan pada 19.30 WIB, pihak Pengadilan Swiss telah memberikan kewenangan kepada keluarga Ridwan Kamil yang ada di Bern untuk menerima jasad Eril.

"KBRI Bern memastikan penghormatan hak-hak ananda Eril sebagai muslim terpenuhi sesuai syariat Islam," kata Muliaman.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat