uefau17.com

Update Pencarian Eril, Penyisiran Dilakukan Mencakup 29 Km Sungai Aare - Global

, Bern - Pencarian Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss, telah dilanjutkan hingga mencakup 29 kilometer wilayah sungai tersebut.

“Hingga Sabtu sore (4/6), pencarian belum membuahkan hasil yang diharapkan,” demikian keterangan tertulis KBRI Bern, Minggu, dikutip dari Antara (5/6/2022).

Berdasarkan keterangan kepolisian setempat, dalam beberapa hari ke depan, cuaca Bern diperkirakan akan diliputi hujan dan badai terutama di daerah pegunungan, sehingga debit air Sungai Aare akan terus meningkat.

Metode pencarian yang terus dilakukan adalah dengan patroli perahu dan patroli darat. Sedangkan penggunaan metode lainnya akan sangat bergantung pada jumlah debit air, tingkat kekeruhan air, dan cuaca di sepanjang area pencarian yang dapat berubah sewaktu-waktu.​

“Saat ini Swiss telah memasuki musim panas. Pihak Kepolisian Bern optimis bahwa naiknya temperatur pada musim panas akan berimplikasi pada penambahan debit air dan intensitas aktivitas pengunjung di sepanjang Sungai Aare. Peningkatan dinamika di Sungai Aare ini diharapkan akan berkontribusi positif dalam proses pencarian,” kata KBRI.

KBRI Bern mendapat kabar hilangnya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss, pada 26 Mei 2022 pukul 11.24 waktu setempat.

Menurut penjelasan kepolisian Swiss, Eril mengalami situasi darurat ketika berenang di sungai tersebut. Sejak menerima laporan orang hilang, polisi terus berupaya keras untuk menemukan pemuda berusia 22 tahun itu.

Pihak keluarga menyatakan telah mengikhlaskan kepergian Eril yang disebut meninggal dunia karena tenggelam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ikut Berkabung, Bupati Hendy Ajak Warga Jember Salat Ghaib untuk Putra Ridwan Kamil

Simpati kepada keluarga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang baru saja kehilangan putra tercintanya, datang dari Bupati Jember Hendy Siswanto. Dia mengajak warga muslim di Jember salat gaib bagi Emmeril Khan Mumtadz atau Eril.

Ajakan tersebut juga telah disampaikan kepada seluruh takmir masjid dan musala di Jember, mengacu pada anjuran Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat. Sebagai sesama bapak, Hendy bisa memahami perasaan kehilangan yang kini sedang dilanda Ridwan Kamil dan Atalia.

“Doa terbaik untuk keluarga kang Emil yang saat ini tengah diuji Allah SWT, kehilangan putra tercintanya. Mari kita berdoa, semoga Allah mempermudah segala bentuk ikhtiar kita,” ujarnya, Minggu (5/6/2022).

Hendy meyakini, Eril yang diduga terseret arus deras Sungai Aaren, meninggal dalam keadaan khusnul khotimah atau mulia. “Insyaallah, ananda khusnul Khotimah. Amin,” pungkas Hendy. 

3 dari 3 halaman

Sepekan Hilang

Sebagaimana diketahui, status pencarian Eril yang sudah melewati masa sepakan, secara resmi dinyatakan berubah oleh otoritas Swiss. Keluarga besar Ridwan Kamil juga sudah menganggap, sang putra meninggal dunia. Hal itu diputuskan setelah mereka berkonsultasi dengan sejumlah ulama.

Ridwan Kamil juga sudah menggelar sholat ghoib di pinggiran Sungai Aaren bersama sejumlah orang, termasuk Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Muliaman D. Hadad. Salat gaib juga sudah digelar keluarga besar Ridwan Kamil sejak Jumat (03/06) kemarin. Meski demikian, proses pencarian terhadap Eril masih tetap dilanjutkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat