uefau17.com

Siku Suka Kesetrum Saat Tabrak Benda Keras? Ini Penyebabnya - Global

, Jakarta - Saat siku terbentur sesuatu benda, sebut kursi, lemari hingga meja, maka akan muncul rasa tak nyaman, seperti tersengat listrik.

Gelombang rasa sakit yang sering digambarkan orang sebagai "kesentrum listrik" ini dengan segera menjalar ke lengan Anda, demikian dikutip dari laman scienceabc.com, Selasa (11/1/2022).

Dari siku yang kuat hingga kelingking kecil Anda akan merasakan hal ini.

Tapi pertanyaannya, mengapa itu sangat menyakitkan dan bagaimana itu bisa terjadi?

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tulang yang Unik

Lokasi siku ini memang memiliki jenis tulang yang cukup unik. Pasalnya, tulang ini berada di area yang berada masih belum jelas namanya.

Tulang ini berada di sulur panjang dari saraf yang disebut ulnaris yang berasal dari leher, menjalar di sepanjang bahu, bisep, dan lengan bawah, memasuki pergelangan tangan, dan akhirnya berpuncak pada setengah jalan ke jari manis dan ujung jari Anda.

Tulang yang terkunci dengan ulnaris adalah humerus, yang merupakan tulang di atas siku Anda.

Setiap saraf di tubuh kita ditutupi dan dilindungi oleh otot-otot yang dipersarafinya. Hal yang sama berlaku untuk saraf ulnaris: ia dilindungi oleh daging dan otot yang membentuk bisep, lengan bawah, jari manis, dan kelingking.

Namun, ada celah antara lengan atas dan lengan bawah, yang disebut terowongan cubiti, di mana saraf paling rentan: kulit dan beberapa lemak hanya melindunginya saat melewati cubital tunnel.

Ketika Anda membenturkan tulang unik ini ke sesuatu, saraf yang tidak terlindungi menekan tulang itu. Saraf ulnaris yang terjepit atau teriritasi menyemburkan gelombang rasa sakit, memancarkan "kesentrum listrik". Gelombang meneror daerah lain secara otomatis.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Tips Pakai Masker Cegah COVID-19 untuk Anak

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat