uefau17.com

Dubes Jepang Ucapkan Terima Kasih Atas Bantuan Indonesia Saat Gempa Besar 10 Tahun Lalu - Global

, Jakarta 10 tahun lalu, bencana gempa bumi besar mengguncang Jepang Timur. Dalam peringatan 10 tahun bencana itu pada 11 Maret 2021, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji mengucapkan terima kasih kepada Indonesia atas bantuan yang telah diberikan.

"10 tahun yang lalu, di tengah-tengah kesulitan yang melanda Jepang, kami menerima banyak sekali pesan semangat, donasi, bantuan bahan makanan dan juga pakaian dari masayrakat Indonesia," katanya dalam unggahan facebook Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, dikutip Jumat (12/3/2021).

Kanasugi mengatakan, bantuan pada saat bencana tersebut sangat berarti untuk masyarakat Jepang saat itu.

Dia juga memberi tahu sejumlah bantuan yang diberikan oleh Indonesia, "selain bantuan donasi dan selimut darurat dari pemerintah Indonesia, kami juga menerima makanan darurat yang kala itu langsung dikirimkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana ke Prefektur Miyagi."

"Kemudian menerima bantuan pengiriman personel tim badan SAR Nasional yang diterjunkan ke Kesennuma dan Ishinomaki," tambahnya.

 

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Hanya Saat Bencana

Berkat dukungan hangat dan ucapan semangat yang di terima Jepang dari masyarakat dan pemerintah Indonesia, Jepang mampu bangkit dan berdiri kembali. Hingga saat ini rekonstruksi terus berlangsung maju, dan beberapa hasil pertanian yang sempat terdamak dari gempa juga telah kembali diekspor ke berbagai negara.

Selain bantuan Indonesia saat bencana, Jepang juga tidak melupakan momen di panggung internasional.

"Indonesia memimpin penyelenggaraan pertemuan khusus tingkat Menteri Luar Negeri antara Jepang dan ASEAN, serta ketika menerima pesan hangat bahwa ASEAN mempercayai dan mendukung Jepang," kata Kanasugi.

Mewakili Jepang, Kanasugi sangat berterima kasih kepada Indonesia. Dia mengatakan, "saya berterima kasih yang sebesar-besarnya dari lubuk hati terdalam."

Kanasugi juga berharap Jepang dan Indonesia tetap saling mendukung dan terus menjadi sahabat sejati yang akan saling membantu ketika menghadapi kesulitan.

 

Reporter: Veronica Gita

3 dari 3 halaman

Infografis Perbandingan Vaksin Covid-19 Sinovac dengan AstraZeneca

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat