uefau17.com

87 Ribu WNI dari Luar Negeri Terdampak Corona COVID-19 Telah Tiba di Indonesia - Global

, Jakarta Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebut sudah lebih dari 87 ribu WNI dari luar negeri telah tiba di Indonesia. Mayoritas berasal dari Malaysia yang sedang lockdown akibat Virus Corona (COVID-19). 

"Jumlah warga negara Indonesia yang telah kembali ke Tanah Air per 10 Mei 2020 kemarin, ketibaan WNI dari Malaysia berjumlah 72.966 orang," ujar Menlu Retno pada konferensi pers di BNPB, Senin (11/5/2020). 

Sebanyak 65 persen dari total itu kembali melalui jalur laut, 20 persen dari jalur darat, dan sisanya melalui jalur udara. 

Selanjutnya, jumlah besar WNI yang pulang berasal dari kategori pekerja kapal pesiar. Totalnya, ada 14.244 orang ABK yang sudah kembali dan jumlah itu masih akan bertambah. 

"Mereka kembali melalui jalur udara, yaitu melaui Bandara Soekarno-Hatta dan Ngurah Rai, serta jalur laut yaitu melalui pelabuhan Benoa dan Tanjung Priok," jelas Menlu. 

Selain WNI dari Malaysia dan pegawai kapal pesiar, ada juga WNI dari Arab Saudi berjumlah hampir seribu orang yang kembali ke Indonesia. Ada pula 391 pegawai dari Aljazair yang dipulangkan, termasuk yang dari perusahaan BUMN Wijaya Karya (Wika).

Terkait WNI jemaah tablig yang kini berada di India, Menlu mengaku masih berupaya memulangkan mereka. 

Bagi WNI lain yang masih di luar negeri. Menlu Retno berkata pemerintah sudah menyalurkan paket bantuan bagi mereka yang membutuhkan berupa paket sembako dan keperluan medis hingga 375.162 paket.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, berkata agar para WNI yang baru kembali dari luar negeri bisa diterima oleh masyarakat. 

"Kita tahu kepulangan mereka terkait pandemi COVID-19 di seluruh dunia. Apapun yang terjadi kita harus menerima karena mereka adalah saudara-saudara kita," ujarnya. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Update Corona di Indonesia

Jumlah pasien terkonfirmasi positif virus corona Covid-19 di Indonesia masih terus bertambah. Hal ini diungkapkan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto.

Yurianto menuturkan, per hari ini, Senin (11/5/2020), ada penambahan kasus positif corona Covid-19 sebanyak 233 orang. 

"Sehingga totalnya menjadi 14.265 orang," ujar Yurianto melalui konferensi pers di Gedung BNPB Jakarta, Senin (11/5/2020).

Yurianto menambahkan, jumlah pasien yang sembuh dari virus corona Covid-19 juga bertambah 183 orang. Dengan begitu, total kasus sembuh di Indonesia menjadi 2.881 orang.

Kasus meninggal dunia akibat virus corona Covid-19 pada hari ini juga bertambah 18 orang. Sehingga total akumulatif kasus meninggal dunia akibat corona menjadi 991 jiwa.

Data update pasien Corona Covid-19 ini tercatat sejak Minggu, 10 Mei 2020 pukul 12.00 WIB hingga hari ini pukul 12.00 WIB.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat