uefau17.com

Buntut Kasus Gemini Earn, Gemini Sepakat Bayar USD 50 Juta kepada Investor - Crypto

, Jakarta Pertukaran kripto, Gemini telah mencapai penyelesaian dengan Jaksa Agung New York (New York Attorney General/NYAG) dan setuju untuk membayar aset digital senilai USD 50 juta kepada investor program Gemini Earn. Penyelesaian tersebut menyusul tuduhan yang dibuat oleh NYAG Letitia James bahwa Gemini dinilai menyesatkan ribuan investor, termasuk penduduk New York mengenai risiko yang terkait dengan program tersebut.

Gemini Earn mengizinkan pelanggan meminjamkan mata uang kripto mereka ke Genesis Global Capital, LLC, dengan janji menghasilkan persentase hasil tahunan (annual percentage yield/APY) hingga 7,4 persen. Namun, menurut NYAG, Gemini secara keliru memasarkan program tersebut dan mengunci investor dari rekening mereka.

“Gemini memasarkan program Earn sebagai cara bagi investor untuk menumbuhkan uang mereka, namun sebenarnya berbohong dan mengunci investor dari rekening mereka,” kata Letitia James, dikutip dari Crypto News, Selasa (18/6/2024).

Sebagai bagian dari penyelesaian, semua investor yang tidak dapat menarik dananya ketika program investasi gagal akan menerima pengembalian penuh atas aset yang mereka investasikan.

Selain itu, Gemini dilarang melakukan program pinjaman kripto apa pun di negara bagian New York. NYAG awalnya mengajukan keluhan pada bulan Oktober terhadap Gemini, bersama dengan Genesis dan Digital Mata Uang Group (Digital Currency Group/DCG).

Keluhan tersebut menuduh Gemini menyesatkan investor dan memberikan jaminan palsu tentang rendahnya risiko yang terkait dengan investasi dalam program Earn melalui Genesis. NYAG juga menuduh DCG, Genesis, dan dua eksekutifnya menyembunyikan kerugian sebesar USD 1,1 miliar melalui kampanye salah saji dan kelalaian.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mata Uang Kripto

Gemini baru-baru ini mengumumkan bahwa pengguna Earn akan menerima mata uang kripto mereka senilai USD 2,18 miliar, yang berarti mereka akan mendapatkan pengembalian dana dengan aset digital sejumlah yang mereka investasikan pada awalnya.

Menurut Gemini, distribusi ini mewakili pemulihan sebesar 232% sejak penarikan dihentikan pada November 2022. Gemini meyakinkan pelanggan bahwa distribusi Earn final akan tersedia di akun mereka dalam waktu tujuh hari.

Pada akhir Mei, Gemini mengumumkan pemulihan penuh aset digital untuk pengguna program Earn. Rencana pemulihan mencakup penyelesaian USD 1,1 miliar. Hal ini memastikan bahwa pengguna akan menerima keseluruhan aset mereka, yang berpotensi melebihi nilai awal karena apresiasi aset selama periode kepemilikan.

 

3 dari 3 halaman

Pengembalian Deposito

Distribusi tersebut juga menunjukkan pemulihan sebesar 232% sejak penarikan dihentikan pada November 2022. Gemini menawarkan program opsional yang disebut Earn, di mana pelanggan dapat meminjamkan kepemilikan kripto mereka kepada perusahaan untuk mendapatkan bunga.

Diluncurkan pada awal tahun 2021 bersama Genesis, program ini menjanjikan pengembalian deposito sebesar 7,4%. Namun, Gemini terpaksa menutup Earn pada Januari 2023 setelah Genesis gagal membayar kembali lebih dari USD 900 juta aset yang terutang kepada Gemini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat