uefau17.com

Apa Itu Goblin Korea? Ketahui Asal Usul Goblin, Ciri-Ciri dan Jenisnya - Citizen6

, Jakarta - Berkat drama Korea yang dibintangi oleh Gong Yoo, goblin telah menjadi makhluk mitologi paling terkenal di Korea. Namun, legenda sebenarnya dari seorang goblin sangat berbeda dengan cerita drama.

Apa Itu Goblin Korea? Dookaebi adalah roh alam yang bermanifestasi sebagai makhluk seperti goblin. Dalam cerita rakyat Korea, mereka memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan manusia dan sering menggunakan kekuatan mereka untuk mengelabui manusia.

Dokkaebi biasanya digambarkan mengenakan hanbok, salah satu bentuk pakaian tradisional Korea yang dikenakan pada acara formal. Biasanya berwarna-warni dan dihiasi dengan garis-garis sederhana.

Asal Usul Goblin Korea

Melansir dari Mythology Planet, Jumat (7/7/2023), penyebutan goblin Korea pertama kali ditemukan dalam sebuah cerita dari kerajaan Silla di Korea tengah dan selatan, ditampilkan dalam Lady Dohwa dan Bachelor Bihyeong.

Sejak kemunculan pertama mereka dalam cerita rakyat, mereka telah menjadi ciri khas cerita rakyat dalam mitologi Korea, sering berinteraksi dengan protagonis manusia dalam berbagai cara.

Ciri-Ciri Goblin Korea

Goblin dikatakan memiliki sejumlah keterampilan yang berbeda, mulai dari kemampuan memberikan keberuntungan hingga menghukum manusia karena dosa-dosa mereka.

Mereka biasanya digambarkan sangat jelek dengan wajah merah, dan terkadang memiliki tanduk dan satu atau dua kaki. Mereka tercipta dari benda mati yang berlumuran darah, seringkali timbul dari benda biasa seperti sapu.

Goblin Korea dipandang sebagai jahat atau penipu (seperti satir dalam mitologi Yunani), tetapi beberapa cerita menggambarkan pengalaman positif dengan goblin.

Beberapa ritual dilakukan yang menggunakan kekuatan supernatural dari goblin. Seringkali, mereka terlibat dalam upacara untuk membawa hasil panen yang baik, mengusir entitas jahat, dan memberikan keberuntungan. Upacara lainnya dilakukan untuk mengusir goblin jahat yang diyakini sebagai penyebab kesialan, penyakit, dan kebakaran.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jenis Goblin Korea

Goblin hadir dalam berbagai bentuk, yang paling umum adalah Cham, Gae, Gaksin, Oenun dan Oedari.

  • Cham goblin adalah goblin nakal yang mempermainkan manusia dan sering bersembunyi di sekitar mereka menunggu untuk melaksanakan rencana jahat mereka.
  • Gae goblin adalah goblin jahat yang berkeliaran di alam liar dan mencari makan dari kesengsaraan manusia.
  • Gaksi dan Chonggak goblin adalah goblin laki-laki dan perempuan yang memiliki kemampuan untuk memikat dan merayu manusia.
  • Oenun Dokkaebi adalah goblin sikloptik yang memiliki reputasi makan dalam jumlah banyak dan sangat rakus.
  • Oedari Dokkaebi adalah goblin yang suka bermain gulat Korea (Ssireum).
3 dari 3 halaman

Spesies Menyerupai Janin Goblin dengan Cakar dan Ekor Ditemukan di Gudang Konstruksi

Golbin, elf, peri adalah makhluk-makhluk ajaib yang biasa Anda temukan di buku cerita.

Belum ada di sejarah yang menunjukkan secara pasti bahwa makhluk tersebut hidup. Sampai akhir April 2023, dilaporkan oleh media Mirror, ditemukan sebuah janin goblin di gudang saat pekerjaan konstruksi melakukan pekerjaannya di Meksiko, Kamis (4/5/2023).

Pihak berwenang telah mengkonfirmasi bahwa sampel saat ini sedang dianalisis oleh para ahli universitas setelah benda aneh itu ditemukan di kota bersejarah Santa María Regla, timur laut Mexico City.

Wali Kota Francisco Mayoral Flores percaya bahwa sisa-sisa mumi makhluk ini bisa berasal dari "goblin atau nagual."

Dalam mitologi Mesoamerika, nagual adalah manusia yang memiliki kemampuan untuk berubah bentuk menjadi hewan.

Kini, penemuan itu dipamerkan dalam Museo de los Duendes - diterjemahkan sebagai Museum Goblin - di kotamadya Huasca de Ocampo.

Spesies ini memiliki tubuh kecil, empat anggota badan, wajah yang seperti cacat dengan hidung menonjol, cakar, dan ekor.

Pihak berwenang berkata, “Setiap orang dapat menghargainya sendiri berdasarkan kepercayaan dan tradisi mereka.”

Huasca de Ocampo adalah wilayah yang terkenal dengan legenda yang berkaitan dengan goblin, nagual, dan entitas mitos Maya lainnya seperti alux.

“Jika itu ditemukan di kota lain, itu tidak akan relevan. Tapi karena tema goblin dan mistis yang ada di sini, ada permintaan budaya dan sosial untuk menganggapnya penting,” tambah walikota.

Selengkapnya...

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat