uefau17.com

Diabetes hingga Anemia, 5 Masalah Kesehatan Ini Sebabkan Kondisi Kaki Dingin - Citizen6

, Jakarta - Bukan hal yang aneh jika kaki Anda terasa dingin selama musim hujan. Akan tetapi jika Anda sering mengenakan kaus kaki tebal dan meringkuk di bawah selimut hangat untuk menjaga agar jari kaki Anda yang beku tetap hangat, mungkin ada penyebab lain selain cuaca dingin.

Kaki dingin kronis terhubung dengan beberapa masalah kesehatan yang berbeda — dan terutama jika Anda mengalami gejala tidak biasa lainnya bersamaan dengan itu, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui masalah yang mendasarinya.

Berikut ini 6 masalah kesehatan yang sebabkan kondisi kaki dingin. Dihimpun dari Bestlife, ini dia.

1. Hipotiroidisme

Kaki dingin Anda mungkin mencoba memberi tahu Anda bahwa tiroid Anda bermasalah. "Kelenjar tiroid adalah fungsi metabolisme reguler yang penting dalam tubuh kita," kata Kelly Johnson-Arbor, MD, seorang dokter pengobatan darurat dan direktur medis bersama di National Capital Poison Center.

Jika Anda mengalami kaki dingin yang terus-menerus, tiroid Anda mungkin tidak menghasilkan hormon yang cukup. Ini disebut hipotiroidisme, yang juga dikenal sebagai tiroid yang kurang aktif, menurut Johnson-Arbor.

"Orang yang memiliki tiroid yang kurang aktif mungkin mengalami kelelahan, penambahan berat badan, dan intoleransi terhadap suhu dingin. Efek pada metabolisme ini dapat menyebabkan rasa kaki dingin," jelasnya.

"Untungnya, penyakit tiroid dapat didiagnosis dengan tes darah sederhana. Perawatan, yang biasanya melibatkan pemberian hormon tiroid seumur hidup, dapat membantu mengurangi atau menghilangkan tanda dan gejala hipotiroidisme."

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Diabetes

Diabetes juga dapat menyebabkan perubahan pada kaki Anda — dan meskipun kondisinya sangat umum, penyakit ini dapat dengan mudah tidak diketahui untuk waktu yang lama. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), jutaan kasus diabetes saat ini tidak terdiagnosis.

David Beatty, MRCGP, seorang dokter umum yang berbasis di Inggris, mengatakan kaki dingin mungkin merupakan tanda bahwa Anda menderita diabetes. Penderita diabetes sangat mungkin mengembangkan penyakit pembuluh darah perifer (PVD), suatu kondisi di mana "pasokan darah arteri ke ekstremitas berkurang atau, dalam kasus ekstrim, tersumbat sepenuhnya," jelas Beatty.

"[Dengan ini] lemak, kolesterol, dan zat lain membentuk plak yang menyumbat arteri, mengurangi aliran darah ke kaki," jelasnya. "Akibatnya, sirkulasi ke ekstremitas dapat terganggu."

Dengan diabetes dan PVD, Anda mungkin melihat beberapa perubahan spesifik pada kaki Anda bersamaan dengan kedinginan. "Kaki yang terkena mungkin terasa sejuk saat disentuh. Mungkin terlihat warna biru keunguan atau tampak putih pucat," kata Beatty.

"Jika kulit ditekan, area tersebut mungkin tampak pucat lebih lama dari biasanya sebelum warna normal kembali. Denyut nadi kaki mungkin sulit atau tidak dapat dirasakan."

 

3 dari 5 halaman

3. Anemia

Merasa kedinginan terus-menerus juga umumnya berhubungan dengan anemia, demikian menurut Kellie K. Middleton, MD, seorang ahli bedah ortopedi yang berbasis di Atlanta. "Ini adalah kondisi yang berasal dari kekurangan zat besi atau vitamin B-12, mengakibatkan aliran darah yang buruk dan kaki dingin," kata Middleton.

Ia juga mencatat bahwa penderita anemia sering mengalami kelelahan, kulit pucat, dan jantung berdebar juga. Johnson-Arbor mengatakan anemia terjadi ketika jumlah sel darah merah dalam tubuh Anda menurun.

"Sel darah merah membawa oksigen ke jaringan di seluruh tubuh. Pada pasien anemia, sirkulasi yang buruk terjadi akibat kurangnya pengiriman oksigen ke jaringan," jelasnya.

"Perawatan yang harus dilakukan mungkin termasuk koreksi kekurangan nutrisi, suplemen zat besi, dan/atau transfusi darah."

 

4 dari 5 halaman

4. Masalah paru-paru

John Landry, seorang terapis pernapasan terdaftar dan pendiri Zona Terapi Pernafasan, memberi tahu bahwa kaki dingin bisa menjadi "gejala beberapa kondisi paru-paru". Menurut Landry, tiga masalah terkait paru-paru dapat dikaitkan dengan kaki dingin: penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), hipertensi pulmonal, dan emboli paru.

“PPOK adalah penyakit paru-paru yang membuat sulit bernafas. Bisa menyebabkan sirkulasi yang buruk, yang bisa menyebabkan kaki dingin,” jelasnya.

"Hipertensi paru adalah suatu kondisi di mana pembuluh darah di paru-paru menyempit, sehingga darah sulit mengalir melaluinya. Akibatnya, tubuh mungkin tidak menerima oksigen yang cukup, yang juga dapat menyebabkan sirkulasi yang buruk dan kaki dingin."

Dengan COPD dan hipertensi pulmonal, Landry mengatakan Anda cenderung mengalami gejala lain, seperti sesak napas, mengi, kelelahan, nyeri dada, dan dada sesak. Emboli paru juga dapat menyebabkan beberapa gejala yang sama, tetapi Anda juga harus berhati-hati terhadap detak jantung yang cepat dalam kasus ini.

"Ini adalah kondisi serius di mana gumpalan darah terbentuk di paru-paru, menghalangi aliran darah," kata Landry. Emboli paru dapat "dengan cepat menyebabkan masalah serius yang mengancam jiwa dan, bahkan kematian," menurut Johns Hopkins Medicine.

 

5 dari 5 halaman

5. Keracunan Ciguatera

Johnson-Arbor mengatakan orang juga harus sadar bahwa rasa dingin juga terkait dengan keracunan ciguatera. “Ini adalah penyakit umum yang disebabkan oleh racun laut yang terjadi setelah konsumsi ikan yang terkontaminasi,” jelasnya. "Ikan tropis besar, termasuk barakuda, amberjack, dan kakap, bisa membawa racun penyebab keracunan ciguatera."

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), sulit untuk mengetahui apakah ikan terkontaminasi racun yang menyebabkan keracunan ciguatera, karena tidak mengubah penampilan, rasa, atau baunya. Sayangnya, memasak tidak menghancurkan racun, jadi Anda mungkin baru mengetahuinya jika gejala seperti mual, sakit perut, dan kaki dingin muncul setelah Anda makan.

"Individu yang terkena ciguatera sering mengalami pembalikan sensasi panas dan dingin di ekstremitas mereka, dan mungkin merasakan sensasi 'es kering' yang menyakitkan saat menyentuh permukaan dingin atau dingin," kata Johnson-Arbor.

CDC mengatakan Anda harus mencari perawatan medis jika Anda baru saja makan ikan dan mengalami gejala. Ini biasanya berkembang tiga hingga enam jam setelah makan ikan yang terkontaminasi, tetapi mungkin mulai hingga 30 jam kemudian.

"Tidak ada obat khusus untuk keracunan ciguatera, dan sebagian besar tanda dan gejala umumnya hilang seiring waktu," tambah Johnson-Arbor. "Namun, beberapa individu yang terkena mengalami persistensi kronis dari gejala mereka."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat