uefau17.com

Mudah dan Murah, Ini 5 Cara Atasi Wastafel yang Tersumbat - Citizen6

, Jakarta Wastafel tentu menjadi salah satu hal terpenting yang ada di dapur semua orang. Wastafel tak hanya digunakan untuk mencuci tangan, tapi juga umumnya digunakan untuk membersihkan peralatan dapur atau mencuci piring. 

Sayangnya permasalahan wastafel mampet bisa menghambat aktivitas memasak. Umumnya wastafel mampet bisa dikarenakan berbagai hal mulai dari kotoran, minyak dan lainnya. 

Namun memanggil seorang profesional untuk melihat wastafel pencuci piring Anda selama liburan bisa jadi sulit untuk dijadwalkan, apalagi harganya juga mahal. 

Untungnya ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan sendiri untuk mengatasi penyumbatan pada wastafel. Berikut ini ulasannya dilansir dari Germany Brilliant, Sabtu (14/1/2023).

Gunakan Air Mendidih

Cara pertama yang bisa dilakukan dan paling mudah serta murah ialah dengan menggunakan air panas atau mendidih. Anda bisa merebus air hingga mendidih lalu tuangkan ke wastafel. 

Air panas atau mendidih berguna untuk melumerkan kotoran-kotoran yang mengendap di dalam pipa wastafel seperti minyak dan lainnya. Anda bisa melakukan prosedur ini beberapa kali.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Garam dan Air Panas

Jika air panas saja tidak bisa mengatasi masalah wastafel mampet, cobalah untuk menambahkan garam. Siapa sangka jika garam dan air panas nyatanya adalah perpaduan yang tepat untuk mengatasi wastafel yang mampet.

Caranya buang sisa air yang ada di wastafel kemudian masukkan sekitar setengah gelas garam dapur ke dalam wastafel dan diamkan selama beberapa menit. Lalu siram dengan air panas untuk menghilangkan sumbatan yang ada. Ulangi lagi bila wastafel masih mampet.

Baking Soda dan Garam

Selanjutnya ada baking soda dan garam. Cukup campurkan sekitar satu sendok makan baking soda dengan setengah sendok makan garam, kemudian tuangkan ke wastafel yang tersumbat lalu tunggu sekitar 3-4 jam. Setelah itu, siram dengan air mendidih. Ulangi cara ini sampai sumbatan hilang semua.

3 dari 4 halaman

Air mengalir

Selanjutnya Anda bisa menuangkan air ke dalam wastafel. Volume air yang besar akan memberi tekanan pada wastafel sehingga masalah tersumbat dapat teratasi.

Anda bisa menggunakan air galon namun jika tidak punya galon, Anda bisa menggunakan ember berukuran besar untuk menampung air dan tuang ke atas wastafel sampai meluber lalu tunggu air diserap dan dibuang lewat drainase. Cara satu ini cukup efisien untuk mengatasi drainase wastafel yang mampet. 

 

4 dari 4 halaman

Pluger

Nah, jika sudah melakukan semua cara di atas tapi tak berhasil, Anda bisa menggunakan plunger atau alat penyedot WC. Cara melakukannya ialah dengan cara tutup lubang pembuangan sampai rapat dengan penyedot, dorong sampai hampir tak ada udara lagi, lalu tarik atau cabut alat penyedot. 

Kalau sudah terdengar atau melihat saluran bebas dari mampet, siram dengan air panas sampai bersih. Ulangi cara yang sama sampai saluran sudah lancar.

Tips selanjutnya ialah usahakan untuk memeriksa dan membersihkan wastafel secara berkala agar tidak tersumbat. Selain itu pilihlah wastafel berkualitas yang mudah dibersihkan bila salurannya tersumbat. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat