uefau17.com

Wow.. Garut Sumbang 45 Persen Produksi Kedelai Jabar - Citizen6

Citizen6, Garut Kabupaten Garut merupakan salah satu sentra kedelai di Provinsi Jawa Barat. Itu dilihat dari besaran luas pertanian kedelai serta besarnya jumlah produksi kedelai yang dihasilkan Kabupaten Garut.

Angka BPS 2012, produksi kedelai nasional hanya 783.158 Ton sementara produksi Jawa Barat hanya 47.043 Ton . Jawa Barat menjadi urutan ke 5 tingkat nasional penghasil kedelai nasional dari Jawa Timur , Jawa Tengah, Aceh, dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Kabupaten Garut menjadi tingkat pertama penghasil kedelai tingkat Jawa barat dengan menyumbang 21.610 Ton dari 47.043 Ton produksi Jawa Barat. Artinya Kabupaten Garut saat ini telah menyumbang 45% nya produksi kedelai tingkat Jawa Barat," ungkap Gubernur Jawa Barat A Ahmad Heryawan Lc saat menghadiri Komando percepatan tanam kedelai di Kampung Cimuncang, Desa Rancabango, Kabupaten Garut, Kamis 27 Maret 2014 kemarin.

Ahmad heryawan mengatakan konsumen kedelai saat ini terus meningkat. Keperluan konsumen Provinsi Jawa Barat saat ini mencapai 400.000 Ton setiap tahunnya. Dari 47.043 ton produksi yang di hasilkan Provinsi Jawa Barat saat ini sangat jauh untuk menyeimbanginya.

Dikatakan Ahmad Heryawan saat ini produksi kedelai tingkat provinsi sangat sedikit sementara kebutuhan terus meningkat. Cara untuk menyeimbangi keperluan konsumen kedelai salah satunya dengan cara memperluas lahan tanam kedelai serta meningkatkan jumlah produksi.

Kepala Dinas TPH Kabupaten Garut, Tatang Hidayat mengatakan seiring dengan prakiraan curah hujan yang di keluarkan BMKG , pada Mei dan Juni di Kabupaten Garut masih akan terjadi hujan. Tatang menghimbau kepada para petani untuk segera memanfaatkan lahannya, baik itu lahan sawah maupun lahan kering untuk menanam berbagai macam komoditi terutama kedelai dan jagung. (mar)

Penulis
Piat Supriatna
Garut, garutmedikomcomunxxx@gmail.com

Baca juga:
DJ Irene Guerrero Mengagumi Soe Hok Gie
Ludahi Polisi, Remaja Stres Diborgol
Kangen Masa Sekolah Ramaikan Linimasa Twitter

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@.

Mulai Rabu 19 Maret 2014 sampai dengan 3 April 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Apa Arti Pemilu Buatmu". Ada hadiah utama LinkSys Smart Wi-Fi Router untuk satu pemenang dan merchandise spesial untuk 5 tulisan terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat