uefau17.com

Gen-Z, Simak Cara Agar Terhindar Informasi Hoaks Seputar Pemilu 2024 - Cek Fakta

, Jakarta - Generasi muda akan memegang peranan penting dalam Pemilu 2024. Itu sebabnya edukasi dan literasi menjadi penting agar mereka tidak terjebak hoaks dan ujaran kebencian di media sosial.

Slah satu upaya dilakukan oleh Bijak Memilih, sebuah platform yang bertujuan agar masyarakat muda bisa memilih berdasarkan informasi yang berkualitas. Mereka menjelaskan sedang melakukan beberapa kampanye untuk melawan hoaks selama tahun politik.

"Salah satu kampanye yang sedang kita support adalah hashtag 'pause dulu'. Saat kita menerima informasi seputar pemilu, kita pause atau diam dulu untuk berpikir apakah informasi itu benar atau tidak," ujar Yosifebi Ramadhani, Communications Lead Bijak Memilih dalam Virtual Class "Pahami Aturan Main Pemilu Agar Gen-Z Kebal Hoaks, Jumat (16/10/2023).

"Ada 5 unsur yang harus kita periksa saat terima informasi. Pertama kita lihat kredibilitas sumbernya, kedua apakah otoritasnya palsu atau tidak, ketiga apakah informasinya lengkap atau tidak, keempat kita lihat apakah penggunaan bahasanya emosional apa tidak dan terakhir apakah statistik atau faktanya menyesatkan atau tidak," kata Yosi menambahkan.

Ia juga menjelaskan bahwa para pemilih muda untuk tidak gampang tersulut emosinya akibat banyaknya informasi yang beredar seputar pemilu di media sosial.

"Kami berharap mereka lebih fokus dengan visi-misi yang ditawarkan sehingga para pemilih muda ini lebih bijak dalam memilih. Selain itu tujuan pemilu adalah menggunakan hak kita dalam berdemokrasi demi masa depan, jadi jangan mengedepankan ujaran kebencian. Lebih baik bicara yang lebih produktif," ujar Yosi mengakhiri.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta  pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta  bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat