uefau17.com

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Penggusuran Hutan di Brebes - Cek Fakta

, Jakarta - Cek Fakta mendapati klaim video penggusuran hutan di Brebes, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 29 September 2023.

Klaim video penggusuran hutan di Brebes menampilkan sejumlah orang yang beredar di tengah lahan terbuka yang berada di antara bukit colkat dengan tanaman yang jarang, selain itu juga terlihat tanaman perkebunan dan sejumlah karung beserta bangunan.

Dalam video tersebut sejumlah orang berteriak sambil mengacungkan tangan dan sebagian ada yang beralari.

Dalam video tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"SEKARANG BREBES

SELAMATKAN HUTAN KAMI

#BREBES

NANTI WILAYAH MANA LAGI YANG AKAN MENYUSUL"

Vidoe tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"👆🏼👆🏼Mantab.., Brebes juga di gusur.. mau lihat Brebes sampe Tegal habis ... enak kan jadi pecinta Rezim...?! sama sama orang Jawa kan...?! basis mereka tergerus, PeDe1P tadinya Partai tercinta mereka ... 😱 🫣 😠"

Benarkah klaim video penggusuran hutan di Brebes? Simak penelusuran Cek Fakta .

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta menelusuri klaim video penggusuran hutan di Brebes dengan menangkap layar video tersebut untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Google Image. Namun tidak ditemukan situs dan artikel yang memuat gambar yang identik.

Penelusuran dilanjutkan menggunakan Google Search dengan kata kunci 'hutan Brebes', penelusuran mengarah pada sejumlah situs salah satunya artikel berjudul  "Aksi Relawan Peduli Hutan Lindung Dihadang Sejumlah Warga" yang dimuat situs panturanews.com, pada 22 September 2023.

Situs Panturanews.com menampilkan foto yang identik dengan tayangan video klaim video penggusuran hutan di Brebes. Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Sejumlah warga berkumpul di jalan saat kegiatan aksi peduli hutan lindung".

<p>Penelusuran klaim video penggusuran hutan di Brebes</p>

Situs Panturanews.com menyebutkan, peristiwa dalam video tersebut merupakan penyerangan terhadap relawan aksi peduli hutan lindung sisi barat Gunung Slamet wilayah Desa Dawuhan Kecamatan Sirampong, Kabupaten Brebes Jawa Tengah oleh para perambah hutan pada Kamis 21 September 2023.

Sejumlah peserta aksi peduli yang terdiri dari relawan ini, menjadi korban persekusi yang diduga dilakukan warga perambah hutan.

Sumber:

https://panturanews.com/index.php/panturanews/baca/261160/22/09/2023/aksi-relawan-peduli-hutan-lindung-dihadang-sejumlah-warga

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta , klaim video penggusuran hutan di Brebes tidak benar.

Peristiwa dalam video tersebut merupakan penyerangan terhadap relawan aksi peduli hutan lindung sisi barat Gunung Slamet wilayah Desa Dawuhan Kecamatan Sirampong, Kabupaten Brebes Jawa Tengah oleh para perambah hutan pada Kamis 21 September 2023.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta  pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta  bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat