uefau17.com

Mengenal Interland, Permainan yang Disediakan Google untuk Bantu Anak Belajar Keamanan Digital - Cek Fakta

, Jakarta - Google punya sebuah program yang dapat membantu anak-anak membuat keputusan cerdas dalam dunia digital. Program “Be Internet Awesome” diluncurkan Google pada tahun 2017 bertujuan untuk terus meningkatkan kesadaran keamanan digital, mencakup alat untuk anak-anak, orang tua, dan guru.

Bekerja sama dengan berbagai ahli keamanan digital, Google merilis kurikulum yang membantu pendidik dalam mengajarkan cara agar tetap aman saat menjelajahi ruang digital kepada anak-anak. Selain itu, ditambah pula dengan sebuah video series yang dirilis di Youtube untuk membantu orang tua dalam memulai percakapan tentang topik ini. Terdapat pula, sebuah “sumpah” bertemakan “Be Internet Awesome” yang dapat disetujui oleh anak dan dijadikan pedoman dalam mendidik.

Meskipun ditujukan untuk anak-anak, tetapi program “Be Internet Awesome” membahas topik-topik yang masih relevan untuk segala usia. Topik-topik tersebut meliputi cara membatasi pembagian informasi pribadi dengan orang lain di ruang digital, menghindari penipuan online, membuat kata sandi yang kuat, dan menghindari perilaku negatif saat berselancar di platform digital.

Program lainnya yang juga menarik adalah Interland. Interland merupakan sebuah permainan online interaktif untuk anak-anak yang tersedia secara gratis.

“Di dunia imajiner yang terdiri dari empat negeri ini, anak-anak akan memerangi hackers, phisers, orang-orang yang terlalu membagikan segala hal di internet, dan pembully. Di sana mereka akan berlatih berbagai kemampuan yang diperlukan untuk menjadi warganet yang baik,” tulis Pavni Diwanji, Vice President of Engineering for Kids and Families di Google dalam blog perusahaan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Akses Interland

Interland adalah sebuah alat yang dirancang oleh Google dan memiliki 4 permainan menantang yang ditujukan bukan hanya untuk anak-anak, tetapi bisa juga untuk orang tua. Tujuan dari permainan ini adalah untuk mendorong kesadaran tentang keamanan digital (digital safety).

Google merasa penting untuk anak-anak siap mengambil keputusan yang tepat saat berinteraksi di internet dan memanfaatkan internet dengan bijak. Ini sebabnya Interland menawarkan cara yang menyenangkan namun tetap mendidik untuk mempelajari topik-topik yang berhubungan dengan digital safety.

Dilansir dari gearrice.com, untuk mengakses internet yang harus dilakukan pertama kali adalah mengetikkan “Interland” pada mesin pencarian Google. Setelah itu, klik pada link pertama yang muncul dari hasil penelusuran. Begitu masuk ke dalam platform Interland, pengguna akan disambut oleh burung hantu biru yang akan menjadi avatar mereka di dalam game.

Permainan berlangsung di empat pulau, yaitu “Kind Kingdom”, “River of Reality”, “Sensible Mountain”, dan “Treasure Tower”. Di masing-masing pulau, pengguna akan mendapatkan misi untuk diselesaikan. Untuk memindahkan avatar, pengguna hanya perlu menekan tombol panah dan spasi dalam keyboard

Interland merupakan permainan yang menantang, namun menyenangkan dan mendidik. Permainan ini cocok menjadi pilihan untuk seluruh keluarga.

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta  pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta  bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat