uefau17.com

Cek Fakta: Hoaks Presiden Jokowi Bagikan Puluhan Juta Rupiah dengan Daftar Melalui Whatsapp - Cek Fakta

, Jakarta - Beredar kembali postingan di media sosial Presiden Jokowi membagikan uang hingga puluhan juta rupiah tanpa diundi dengan cara mendaftar melalui Whatsapp. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 28 Juli 2023.

Dalam postingannya terdapat narasi sebagai berikut:

"Khusus untuk rakyatku yang benar-benar membutuhkan. Kalian mau apa dari bapak?

13jt Biaya Sekolah

15jt Bayar Hutang

18jt Modal Usaha

20jt Renovasi Rumah

Pilih sesuai kebutuhan bapak transfer sekarang tanpa diundi"

Akun itu menambahkan narasi:

"Caranya Kelik link dibawah ini 👇🏻https://wa.me/+6282373756589"

Hingga saat ini postingan tersebut telah dilihat lebih dari 682 ribu kali mendapat 10,5 ribu likes dan 13,8 ribu komentar.

Lalu benarkah postingan di media sosial Presiden Jokowi membagikan uang hingga puluhan juta rupiah tanpa diundi dengan cara mendaftar melalui Whatsapp?

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta menelusuri dengan membuka akun resmi Presiden Jokowi di Instagram, @jokowi yang sudah bercentang biru atau terverifikasi. Hasilnya tidak ditemukan klaim seperti yang terdapat dalam postingan.

Selain itu Cek Fakta menelusuri gambar yang diunggah dalam postingan tidak ada kaitan dengan pembagian uang oleh Presiden Jokowi.

Gambar itu pernah diunggah oleh akun @sekretariat.kabinet yang juga sudah bercentang biru atau terverifikasi pada 17 Februari 2022. Kesamaan terdapat pada pakaian yang dikenakan Presiden Jokowi dan juga latar di belakangnya.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Sekretariat Kabinet (@sekretariat.kabinet)

Berikut isi postingannya:

"Presiden Joko Widodo membuka Pertemuan Pertama Para Menteri dan Gubernur Bank Sentral G20 atau the 1st Finance Ministers and Central Bank Governors Meeting – G20, secara virtual, dari Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (17/02/2022).

“Indonesia sangat antusias menjalankan peran presidensi G20 untuk berkontribusi kepada dunia. Indonesia akan mendorong sinergi dan kolaborasi termasuk sinergi dan kolaborasi antar menteri keuangan dan gubernur bank sentral G20 dalam merumuskan kebijakan fiskal dan moneter yang tepat untuk mengatasi permasalahan dunia,” ucap Presiden @jokowi dalam sambutannya.

(Foto: BPMI)#PotretKabinet"

Di dalam kolom komentar juga terdapat perintah untuk menghubungi nomor Whatsapp yang diklaim untuk proses pencairan. Namun ini merupakan modus penipuan agar pengguna mengirimkan data pribadinya ataupun mengarahkan pengguna pada pinjaman online ilegal.

Sumber:

https://www.instagram.com/p/CaExteBPKgm/

https://www.youtube.com/watch?v=yq_gw80NgTs

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan di media sosial Presiden Jokowi membagikan uang hingga puluhan juta rupiah tanpa diundi dengan cara mendaftar melalui Whatsapp adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta  pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta  bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat