uefau17.com

Cek Fakta: Tidak Benar Video Ini Peristiwa Perampokan Supermarket di Medan - Cek Fakta

, Jakarta - Beredar di media sosial postingan video yang diklaim sebagai perampokan di supermarket Kasimura Medan. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 11 Juli 2023.

Dalam postingannya terdapat video berdurasi 2 menit 47 detik. Video itu menggambarkan situasi perampokan di dalam supermarket.

Video itu dilengkapi narasi:

"Perampokan di supermarket kasimura Medan. MEDAN SUDAH TIDAK AMAN!!!"

Lalu benarkah postingan video yang diklaim sebagai perampokan di supermarket Kasimura Medan?

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta menelusuri dengan menggunakan Google Reverse Images. Ada salah satu video yang identik yang diunggah stasiun televisi dari Honduras, Telemas Pagina Oficial.

Video yang diunggah di akun Facebook pada 30 Juni 2023 itu dilengkapi narasi bahwa peristiwa itu terjadi di Santo Domingo, Ibukota Republik Dominika.

Penelusuran dilanjutkan dan Cek Fakta menemukan artikel dari Ecuavisa.com berjudul "Some criminals tried to rob a supermarket in Santo Domingo and received a beating" yang tayang pada 30 Juni 2023.

Di dalam artikel itu dijelaskan bahwa peristiwa terjadi di Santo Domingo dan terjadi pada akhir Juni 2023. Peristiwa itu menjadi viral di media sosial karena reaksi dari korban perampokan itu.

Selain diklaim terjadi di Medan, postingan video itu juga diklaim terjadi di Bali. Dalam pesan berantai yang beredar di Whatsapp disebut peristiwa itu terjadi di supermarket Grand Lucky, Sunset Road Bali.

Namun Kapolres Denpasar Kombepol Bambang Yugo Pamungkas, memastikan video berdurasi 2 menit 47 detik dengan narasi aksi perampokan tersebut adalah kabar bohong alias hoaks.

"Anggota sudah melakukan pengecekan di lapangan dan dapat kami pastikan tidak benar terkait peristiwa kriminal tersebut," kata Bambang Yugo di Denpasar, Bali, Rabu (12/7/2023).

"Dari hasil monitoring di lokasi kegiatan operasional Supermarket berjalan normal dan sudah buka seperti biasa. Pembeli berdatangan dan tidak ada hal-hal yang menonjol," kata Bambang.

Sumber:

https://www.facebook.com/telemaspaginaoficial/videos/255939397060455?locale=ms_MY

https://www.ecuavisa.com/noticias/seguridad/unos-delincuentes-intentaron-asaltar-un-supermercado-en-santo-domingo-y-recibieron-una-paliza-AM5493626

https://uefau17.com/regional/read/5342644/hoaks-video-perampokan-pria-berpistol-di-supermarket-kuta-bali-begini-faktanya

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan video yang diklaim sebagai perampokan di supermarket Kasimura Medan adalah tidak benar. Faktanya peristiwa tersebut terjadi di Santa Domingo, Republik Dominika.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta  pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta  bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat