uefau17.com

Hoaks Seputar Tenggelamnya Alat Transportasi, Simak Faktanya - Cek Fakta

, Jakarta - Hoaks seputar peristiwa tenggelamnya alat transportasi beredar di media sosial, kabar bohong tersebut disajikan dengan beragam kemasan agar dipercaya.

Cek Fakta pun telah mendapati sejumlah tenggelamnya alat transportasi, mulai dari kapal laut hingga pesawat terbang.

Berikut kumpulan hoaks seputar peristiwa tenggelamnya alat transportasi.

Video Peristiwa Kapal Penyeberangan Banyuwangi-Bali Tenggelam

Cek Fakta mendapati klaim video peristiwa kapal penyeberangan Banyuwangi-Bali tenggelam, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 10 Juli 2023.

Klaim video peristiwa kapal penyeberangan Banyuwangi-Bali tenggelam menampilkan sejumlah orang sedang mengenakan pelapung berada di anjungan kapal yang terihat miring di tengah deburan ombak, dalam video tersebut terlihat ibu yang sedang menggendong anaknya sedang bertahan agar tidak jatuh dan mobil.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Entah kapan iniKejadian hari ini Penyebrangan Banyuwangi-Bali😭"

Benarkah klaim video peristiwa kapal penyeberangan Banyuwangi-Bali tenggelam? Simak hasil penelusuran Cek Fakta dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

The Simpsons Prediksi Tenggelamnya Kapal Selam Titan

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim kartun The Simpsons telah memprediksi tenggelamnya kapal selam Titan. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 23 Juni 2023.

Dalam postingan itu terdapat potongan gambar akun The Simpson yang menampilkan Homer Simpsons sedang menuju ke bangkai kapal laut lalu terjebak dan oksigennya habis. Postingan itu disertai narasi:

"The Simpsons benar-benar meramalkan insiden kapal selam titanic

Wow... Prediksi The Simpson memukul lagi

Sebuah benang pendek"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim kartun The Simpsons telah memprediksi tenggelamnya kapal selam Titan? Simak hasil penelusurannya di sini...

3 dari 4 halaman

Foto Pesawat Malaysia MH370 yang Hilang 9 Tahun Tenggelam di Laut

Penelusuran klaim foto pesawat Malaysia MH370 yang menghilang 9 tahun tenggelam di laut

Cek Fakta mendapati klaim foto penampakan pesawat Malaysia MH370 yang menghilang 9 tahun tenggelam di laut. Kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 1 Mei 2023.

Klaim foto pesawat Malaysia MH370 yang menghilang 9 tahun tenggelam di laut. menampilkan wajah pesawat telihat berlapis sesuatu berwarna hijau dengan latar belakang gelap.

Foto tersebut diberikan keterangan sebagai berikut.

"Pesawat Malaysia MH370 yang menghilang 9 tahun lalu telah ditemukan di bawah lautan tanpa kerangka manusia. Pesawat itu memiliki 239 penumpang di dalamnya. Pada 08/03/2014 Boeing 777 pesawat Malaysia MH 370 dengan 239 penumpang yang ditakdirkan ke Beijing dari Kuala Lumpur menghilang dari radar sipil, setelah bergabung dengan ruang udara Vietnam.

.. .. untung radar militer yang kuat mendeteksinya berputar kembali di seluruh Malaysia dan terbang selama 6 jam lagi menuju Summatra...

.. .. Pencarian dilakukan dengan bantuan ahli militer dan satelit Inmarsat...ditemukan juga bahwa ia terbang sejauh 3000 mil menuju Australia setelah menghilang dari radar militer seperti yang ditemukan oleh para ahli...

... Pencarian berlanjut di wilayah yang diidentifikasi Samudra Hindia tanpa keberhasilan.

.... Pada bulan Juli 2015 seorang anggota dewan di pulau reuni, 3000 mil dari area pencarian menemukan puing-puing fabaron bagian yang nomor seri kemudian dikonfirmasi menjadi bagian dari MH 370... terdampar di pantai. Tidak ada yang ditemukan di daerah dan sekitarnya...

... beberapa hari kemudian bagian segitiga lainnya dari mh370 ditemukan di pantai Mozambik yang sekitar 4300 mil dari area pencarian..."

Benarkah klaim foto pesawat Malaysia MH370 yang menghilang 9 tahun tenggelam di laut? Simak penelusuran Cek Fakta dalam halaman berikut ini....

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta  pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta  bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat