uefau17.com

Cek Fakta: Video Anies Baswedan Didaulat Membaca Khutbah di Depan Ka'bah - Cek Fakta

, Jakarta - Cek Fakta mendapati klaim video Anies Baswedan didaulat membaca khutbah di depan Ka'bah, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 28 Juni 2023.

Unggahan video Anies Baswedan didaulat membaca khutbah di depan Ka'bah menampilkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang sedang berbicara sebagai berikut.

"Kenegaraan yang pertama setelah setelah 29 tahun, jadi kunjungan yang terakhir adalah dilakukan oleh ayahnya oleh ayah beliau, jadi beliau sangat senang bisa kembali ke Indonesia dan ini juga merupakan selain dari sisi kenegaraan juga pertemuan antara dua sahabat dekat, memiliki hubungan yang sangat dekat dengan istilahnya klick verymuch jadi sudah ngeklik kalau kita bilang.

Dan ini juga salah satu pertemuan yang terpanjang yang pernah dilakukan tamu dari negara lain, mulai dari Airport di dalam mobil sekitar kurang lebih satu setengah jam kemudian dilanjutkan dengan pembahasan di teras di beranda selama lebih dari 1 jam."

Dalam video tersebut juga menampilkan cuplikan foto Anies sedang berjalan bersama Raja Salman di dekat ka'bah.

Dalam video tersebut juga terdapat tulisan sebagai berikut.

"SATU-SATUNYA CAPRES RI!! RAJA SALMAN MINTA ANIES PIMPIN KHUTBAH DIDEPAN KA'BAH"

Unggahan video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"ANIES DISAMBUT SEBAGAI TAMU KEHORMATAN OLEH RAJA SALMAN DAN DI DAULAT UNTUK MEMBACA KHOTBAH DIDEPAN KA'BAH SUBHANALLOH SEMOGA DIBERKAHI DAN DIRIDHOI MEMIMPIN BANGSA INDONESIA"

Benarkah mendapati kalim video Anies Baswedan didaulat membaca khutbah di depan Ka'bah? Simak penelusuran Cek Fakta .

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta menelusuri klaim video Anies Baswedan didaulat membaca khutbah di depan Ka'bah, dengang menangkap layar video yang menampilkan Retno Marsudi untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Yandex.

 

<p>Penelusuran video Anies Baswedan didaulat membaca khutbah di depan Ka'bah,</p>

 

 

Penelusuran mengarah pada sejumlah situs salah satunya artikel berjudul "Indonesia dan Persatuan Emirat Arab Sepakat Tingkatkan Kerja Sama di Bidang Ekonomi dan Keumatan" yang simuat situs resmi Presiden Indonesia presidenri.go.id yang dimuat pada 24 Juli 2019. 

Artikel situs presidenri.go.id memuat foto yang identik dengan tampilan video pada klaim.

 

 

<p>Penelusuran klaim video Anies Baswedan didaulat membaca khutbah di depan Ka'bah</p>

Situs presidenri.go.id mengulas tentang kunjungan kenegaraan Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan ke Indonesia pada Rabu, 24 Juli 2019.

Penelusuran dilanjutkan menggunakan Google Search dengan kata kunci 'retno marsudi yang pertama setelah setelah 29 tahun, jadi kunjungan yang terakhir adalah dilakukan oleh ayahnya oleh ayah beliau'.

Penelusuran mengarah pada sejumlah situs salah satunya adalah artikel berjudul "Menlu Sebut Kunjungan Putra Mahkota Abu Dhabi Bersejarah" yang dimuat situs Mediaindonesia.com, pada 24 Juli 2019. Dalam artikel tersebut pernyataan Retno merujuk pada kunjungan Putra Mahkota Abu Dhabi atau Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Persatuan Emirat Arab Pangeran Sheikh Mohamed bin Zayed al Nahyan ke Indonesia.

Terkait dengan foto Anies bersama Raja Salman di depan Ka'bah, Cek Fakta sebelumnya telah menelusurinya dalam artikel "Cek Fakta: Tidak Benar Foto Anies Baswedan Bersama Raja Salman Lakukan Tawaf Dikawal Aparat Kerajaan Arab Saudi".

Dari penelusuran terdapat fakta bahwa foto tersebut merupak hasil editan, dalam gambar aslinya adalah Presiden Joko Widodo sedang melakukan Tawaf dan tidak bersama Raja Salman.

Sumber:

https://www.presidenri.go.id/siaran-pers/indonesia-dan-persatuan-emirat-arab-sepakat-tingkatkan-kerja-sama-di-bidang-ekonomi-dan-keumatan/

https://mediaindonesia.com/internasional/248962/menlu-sebut-kunjungan-putra-mahkota-abu-dhabi-bersejarah

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta , klaim video Anies Baswedan didaulat membaca khutbah di depan Ka'bah tidak benar.

Dalam video tersebut tidak terkait dan memuat informasi Anies Baswedan didaulat membaca khutbah di depan Ka'bah, salah satu tampilan video pun hasil editan. 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta  pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta  bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat