uefau17.com

Cek Fakta: Tidak Benar Bule dalam Video Ini Nyanyi Ojo Dibandingke - Cek Fakta

, Jakarta- Cek Fakta mendapati klaim video warga negara asing (WNA) atau bule menyanyikan lagu Ojo Dibandingke. Informasi tersebut diberedar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Klaim video bule menyanyikan lagu Ojo Dibandingke menampilkan seorang WNA yang mengikuti audisi, memainkan gitar dan bernyanyi lagu Ojo Dibandingke di depan para juri yang juga WNA.

Dalam video tersebut terdapat pada tulisan sebagai berikut.

"BULE SORAK2 GEMBIRAKAMI TERHARU

LAGU

OJO DIBANDINGKE

MENDUNIA"

"BULE SORAK2 GEMBIRA KAMI TERHARU"

Benarkah video bule menyanyikan lagu Ojo Dibandingke? Simak hasil penelusuran Cek Fakta .

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta menelusuri klaim video bule menyanyikan lagu Ojo Dibandingke, dengan menggunakan Google Image.

<p>Cek Fakta  menelusuri klaim video bule menyanyikan lagu Ojo Dibandingke</p>

Penelusuran mengarah pada sejumlah situs, salah satunya video berjudul "Jørgen Dahl Moe | Dancing In the Dark (Bruce Springsteen) | Blind auditions | The Voice Norway" yang dimuat akun YouTube  The Voice Norway yang telah terverifikasi.

Video tersebut identik dengan klaim video bule menyanyikan lagu Ojo Dibandingke, dengan menggunakan Google Image, namun lagu yang dinyanyikan bukanlah Ojo Dibandingke. 

Dari keterangan akun Youtube tersebut menyebutkan seorang yang bernyanyi dalam video tersebut adalah Jørgen Dahl Moe yang sedang  menyanyikan lagu berjudul Dancing In the Dark.

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Tar av globalt: – The Voice-Jørgen og hans unike Springsteen-cover «Dancing In The Dark» med over 1,3 millioner visninger på YouTube" yang dimuat situs rockman.no, pada 5 Februari 2022.

Situs tersebut memuat foto yang identik dengan klaim diberi keterangan dalam bahasa Norwegia yang diterjemahlan dalam bahasa Indonesia seperti berikut "Tangkapan layar video "Jørgen Dahl Moe | Dancing In the Dark (Bruce Springsteen) | Blind auditions | The Voice Norway" di Youtube ".

 

Sumber:

https://www.youtube.com/watch?v=X3ruKFDmChY

https://rockman.no/tar-av-globalt-the-voice-jorgen-og-hans-unike-springsteen-cover-dancing-in-the-dark-med-over-13-millioner-visninger-pa-youtube/

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta , klaim video bule menyanyikan lagu Ojo Dibandingke tidak benar.

Dalam seorang dalam video tersebut tidak menyanyikan lagu Ojo Dibandingke, tetapi  Dancing In the Dark, video tersebut telah mengalami editan.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat