uefau17.com

Klasemen Akhir Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia: Timnas Indonesia Ukir Sejarah Baru - Bola

, Jakarta- Timnas Indonesia memastikan satu tiket ke putaran tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pasukan Shin Tae-yong lolos usai menang 2-0 saat menjamu Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (11/6/2024) malam WIB.

Kemenangan atas Filipina ini membuat Indonesia mendampingi Irak dari Grup F ke putaran tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Indonesia mengoleksi 10 poin dari enam pertandingan yang dilakoni sehingga berhak menjadi runner-up klasemen Grup F.

Hasil memuaskan saat menjamu Filipina ini membuat Indonesia tak perlu menggantungkan nasib pada laga lainnya yang mempertemukan Irak dengan Vietnam. Apapun hasil laga yang berlangsung pukul 01.00 nanti malam itu tidak akan mempengaruhi posisi Indonesia.

Biarpun Vietnam menang di kandang Irak, mereka tidak akan bisa mengejar perolehan poin Indonesia di urutan dua Grup F.

Sukses melaju ke putaran tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia menjadi sejarah baru bagi timnas Indonesia. Sebelumnya tak pernah Indonesia bisa melaju sejauh ini.

Indonesia memang sempat sekali berlaga di Piala Dunia 1938, tapi itu masih bernama Hindia Belanda. Sedangkan saat sudah merdeka, Indonesia belum pernah bisa lolos. Bahkan pada 2018 sempat didiskualifikasi pada kualifikasi karena sanksi FIFA.

Lolosnya Indonesia dari Grup F juga sungguh luar biasa. Pasukan STY sempat cuma meraih satu angka saja dari dua laga awal. Saat itu Indonesia kalah dari Irak dan imbang dengan Filipina. Titik balik terjadi saat berhasil menang dua kali atas Vietnam di kandang maupun saat tandang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Klasemen Grup F

 Posisi  Nama Tim Main Menang Seri  Kalah  Poin
 1   Irak  5  5  0  0  15
 2  Indonesia  6  3  1  2  10
 3  Vietnam   5  2  0  3  6
 4  Filipina  6  1  0  5  1
3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Indonesia vs Filipina

Indonesia: Ernando Ari, Jay Idzes, Justin Hubner, Rizky Ridho, Asnawi Mangkualam (Sandy Walsh 84'), Calvin Verdonk (Pratama Arhan 67'), Nathan Tjoe A On (Ivan Jenner 63'), Thom Haye, Marselino, Ragnar Oratmangoen (Dimas Drajad 84'), Rafael Struick (Yakub Sayuri 63')

Filipina: Kevin Mendoza, Scott Woods, Adrian Ugelvik, Jesper Nyholm, Santiago Rublico, Michael Baldisimo, Dylan Demuynck, Kevin Ingreso, Patrick Reichelt, Zico Bailey, Alex Monis

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat