uefau17.com

Skotlandia Coret Pemain Veteran Craig Gordon dari Skuad Euro 2024 - Bola

, Jakarta- Kejutan besar terjadi di kubu Skotlandia ketika manajer Steve Clarke memutuskan untuk tidak memasukkan Craig Gordon dalam skuad final untuk Euro 2024. Pengumuman ini datang setelah Skotlandia bermain imbang 2-2 dengan Finlandia dalam pertandingan pemanasan terakhir mereka di Hampden Park, di mana Gordon mencatat sejarah sebagai pemain internasional tertua di negaranya.

Pada usia 41 tahun, Craig Gordon menggantikan Angus Gunn di babak kedua dalam laga melawan Finlandia. Dengan penampilannya itu, ia memecahkan rekor David Weir yang sebelumnya menjadi pemain tertua yang bermain untuk Skotlandia pada usia 40 tahun dan 116 hari. Momen tersebut menjadi sorotan, terutama mengingat perjalanan panjang Gordon kembali ke lapangan setelah cedera kaki serius yang dialaminya pada akhir tahun 2022.

Manajer Steve Clarke mengakui bahwa keputusan untuk tidak membawa Gordon ke Euro 2024 adalah salah satu yang paling sulit dalam kariernya. "Saya tidak akan mengambil empat penjaga gawang. Itu adalah keputusan yang sangat sulit untuk meninggalkan Craig, ketika Anda memikirkan cedera yang dia alami," kata Clarke.

Gordon baru kembali beraksi pada Januari tahun ini dan hanya tampil dalam tujuh pertandingan sejak Desember 2022. Clarke merasa bahwa kurangnya waktu bermain reguler menjadi faktor utama dalam keputusan ini.

Meskipun Gordon diberitahu tentang keputusan tersebut pada Kamis (6/6/2024) malam, ia tetap duduk di bangku cadangan pada pertandingan hari Jumat dan mencatat penampilan ke-75 untuk Skotlandia, dua dekade setelah debutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Momen Emosional Hingga Perubahan Skuad

Dalam percakapan emosional dengan Gordon, Clarke menawarkan kesempatan bagi sang penjaga gawang untuk meraih caps ke-75 di Hampden Park. "Itu adalah percakapan yang sangat sulit dengan Craig, sejujurnya itu cukup emosional bagi kami berdua," ungkap Clarke.

Selain Gordon, bek Rangers John Souttar juga tidak masuk dalam skuad final. Cedera yang dialami Ben Doak dan Lyndon Dykes memaksa Clarke untuk memanggil Tommy Conway dan Lewis Morgan sebagai pengganti. Keduanya masuk dari bangku cadangan melawan Finlandia dan berhasil mempertahankan tempat mereka dalam skuad yang akan berangkat ke Jerman.

Skotlandia akan menghadapi tuan rumah Jerman pada pertandingan pembukaan Euro 2024 pada 14 Juni. Di Grup A, mereka juga akan bertemu dengan Swiss dan Hongaria. Tim ini berharap dapat mencapai babak sistem gugur untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka di turnamen besar.

3 dari 3 halaman

Skuad Skotlandia untuk Euro 2024

Kiper: Zander Clark (Hearts), Angus Gunn (Norwich City), Liam Kelly (Motherwell)

Bek: Liam Cooper (Leeds United), Grant Hanley (Norwich), Jack Hendry (Al-Ettifaq), Ross McCrorie (Bristol City), Scott McKenna (Copenhagen), Ryan Porteous (Watford), Anthony Ralston (Celtic), Andy Robertson (Liverpool), Greg Taylor (Celtic), Kieran Tierney (Real Sociedad)

Gelandang: Stuart Armstrong (Southampton), Ryan Christie (Bournemouth), Billy Gilmour (Brighton & Hove Albion), Ryan Jack (Rangers), Kenny McLean (Norwich), John McGinn (Aston Villa), Callum McGregor (Celtic), Scott McTominay (Manchester United)

Penyerang Che Adams (Southampton), Tommy Conway (Bristol City), James Forrest (Celtic), Lewis Morgan (New York Red Bulls), Lawrence Shankland (Hearts).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat