uefau17.com

Gantikan Menantu Rafael Alun, Rony Gunawan Jadi Manajer Timnas Basket Putra - Bola

, Jakarta- Mengawali tahun 2024, timnas basket Indonesia mengalami pergantian di kursi manajer. Mantan pebasket nasional Rony Gunawan yang kini dipercaya memimpin tim basket putra Indonesia. Rogun menggantikan posisi menantu Rafael Alun, Jeremy Immanuel Santoso.

Pergantian kursi manajer ini diumumkan Ketua BTN PERBASI Syailendra Bakrie pada Kamis 4 Januari 2024. Rogun diharapkan bisa semakin meningkatkan prestasi timnas basket putra Indonesia ke depannya.

“Kami sudah melakukan komunikasi dengan Rony Gunawan. Perubahan di posisi manajer ini menjadi opsi yang kami ambil dengan harapan untuk meningkatkan prestasi timnas ke depan,” ungkap Ketua BTN PERBASI Syailendra Bakrie.

Rony dipercaya menjadi manajer baru timnas karena tidak berafiliasi dengan tim manapun. Rony sebelumnya identik dengan Satria Muda. Namun eks pemain CLS itu sudah resmi melepaskan diri setelah bersedia menerima tugas baru dari PP PERBASI melalui Badan Tim Nasional (BTN) ini.

“Tugas manajer baru adalah menyiapkan tim bersama pelatih untuk menghadapi beberapa event di tahun 2024. Ronny bersama BTN juga sudah koordinasi terkait tim yang akan dipersiapkan hadapi turnamen di 2024,” ujar Eda.

Ajang terdekat timnas basket Indonesia adalah Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025. Ajang ini akan dilakukan dalam tiga jendela dengan format home and away. Indonesia tergabung di Grup A bersama Australia, Korea Selatan, dan Thailand. Pertarungan di fase ini dimulai bulan Februari 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tugas Berat Rony Gunawan di Timnas Basket Indonesia

Kemudian jendela kedua akan digelar pada November 2024. Selanjutnya jendela ketiga dilaksanakan pada Februari 2025. Total ada 24 tim yang bersaing di fase ini. Mereka dibagi menjadi 6 grup dengan masing-masing grup diisi empat tim.

Juara dan runner up grup lolos ke fase final. Kemudian enam tim peringkat ketiga akan memainkan turnamen kualifikasi lainnya untuk perebutkan empat tempat terakhir.

Setelah Kualifikasi FIBA Asia 2024, Timnas Basket Indonesia akan bersiap untuk bertanding di SEA Games Thailand 2025. Ajang ini akan berlangsung pada 9-20 Desember 2025.

“Tak lupa kami juga ucapkan terima kasih kepada Jeremy (Imanuel Santoso) atas kontribusinya terhadap Timnas. Apresiasi diberikan atas berbagai capaian yang telah diraih termasuk membawa pulang medali emas untuk timnas putra pada 2021 yang lalu. Dengan semangat baru di 2024, semoga Timnas bisa memberikan prestasi lebih, demi kebanggaan Bolabasket Indonesia,” terang Eda.

3 dari 3 halaman

Rony Gunawan Siap Jalani Peran Baru

Sementara itu Rony Gunawan merespons dengan baik tugas baru dari BTN PERBASI ini. Menurutnya, sebuah kehormatan bisa menjadi bagian dari Timnas Basket Indonesia. Rogun akan berusaha memberikan yang terbaik karena ini adalah tugas negara.

“Kalau dulu saya membela Timnas sebagai atlet, sekarang di posisi sebagai manajemennya. Jadi, ini tentu merupakan suatu hal baru, tapi saya akan terus belajar tentunya. Semoga di posisi baru ini saya bisa memberikan sumbangsih dan membantu timnas basket menjadi lebih baik lagi,” jelas Rony.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat