uefau17.com

Indonesia Gelar Turnamen Biliar Internasional, Diikuti Atlet dari Berbagai Negara dan Berhadiah Rp 1,5 Miliar - Bola

, Jakarta- Dunia olahraga Indonesia sedang bergairah. Tak mau kalah dengan cabang olahraga lain, biliar juga akan menggelar event internasional. Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) bakal mengadakan Indonesia International Open 2024 pada awal tahun depan.

Turnamen biliar ini mengundang atlet terbaik dari berbagai negara di dunia. Mulai benua Afrika, Amerika, Eropa, Asia hingga Australia. Mereka akan memperebutkan hadiah total 100.000 USD atau sekitar Rp 1,5 miliar.

Indonesia International Open 2024 akan terbagi dalam dua tahap. Yang pertama kualifikasi pada 16-19 Januari 2023. Gelaran utama Indonesia International Open 2024 baru berlangsung 21 sampai 20 Januari 2024.

Yang luar biasa, lokasi pertandingan turnamen biliar ini akan dilangsungkan di hotel bintang enam, Park Hyatt Jakarta. Indonesia International Open 2024 akan menjadi turnamen biliar international pertama di Indonesia yang akan menjadi sorotan dunia.

Di kualifikasi Indonesia International Open 2024 secara terbuka memberi kesempatan atlet potensial dapat ikut serta. Untuk itu POBSI memberikan 16 spots kepada atlet potensial nasional dan international melalui kualifikasi yang akan dilaksanakan sebelum main event di venue pertandingan Park Tower.

Setiap pertandingannya akan dipimpin oleh wasit internasional. Turnamen ini akan mempertandingkan bola 10 untuk kategori dewasa dan bola 9 untuk atlet berusia 17 tahun kebawah (U-17). POBSI berencana mengundang 128 atlet dalam kategori dewasa dan 24 atlet dalam kategori usia 17, memastikan persaingan yang sengit dan beragam.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Membangkitkan Biliar Indonesia

”Untuk pertama kalinya Indonesia menyelenggarakan turnamen Biliar berkelas Internasional, ada 152 atlet dari berbagai dunia seperti dari Asia, Eropa, dan Afrika. Harapan kami turnamen ini berjalan lancar dan sukses karena Biliar perlu kita angkat dan semakin berkembang, apalagi mendapat dukungan banyak pihak seperti dari Kemenpora," kata Ketua Umum PB POBSI, Hary Tanoesoedibjo.

Turnamen biliar internasional ini diadakan dengan harapan bisa menjadi kesempatan atlet Indonesia unjuk gigi dan semakin mempopulerkan cabang olahraga ini.

"Agar Biliar banyak peminatnya dan juga berprestasi, harus banyak kompetisi, karena dengan itu atlet akan banyak latihan. Kemudian perlu ada bantuan media supaya masyarakat bisa menonton dan juga minat semakin meningkat terhadap Biliar. Perlunya banyak kompetisi lokal dan juga level Internasional baik persahabatan maupun profesional agar atlet terbiasa berkompetisi dan semakin percaya diri, harapannya nanti bisa membawa nama baik Indonesia di mata internasional," lanjut Hary.

3 dari 3 halaman

Raffi Ahmad Ikut Mempromosikan Turnamen Biliar Bergengsi 2024

Menteri Pemuda & Olahraga Republik Indonesia, Dito Ariotedjo, juga menyambut acara turnamen biliar kelas dunia ini dengan semangat dan mengatakan, "Kemenpora mengapresiasi dan berterima kasih pada POBSI karena ini pertama kali turnamen Biliar berskala internasional. Indonesia sudah biasa selenggarakan turnamen kelas dunia, dengan adanya turnamen ini menambah list event olahraga internasional di Indonesia. Momentum juga tepat karena baru saja Derin atlet Indonesia berusia 14 tahun bisa menjadi juara dunia junior 10 Ball di Austria. Kemenpora sangat senang dengan adanya turnamen ini dan sangat support.”

Raffi Ahmad akan turut meramaikan turnamen biliar ini. Raffi didapuk menjadi Brand Ambasador Biliar Indonesia dan Ketua Bidang Pembinaan Artis PB POBSI.

"Saya berharap bisa mengajak artis yang mempunyai follower banyak supaya Biliar semakin berkembang dan dikenal. Kita harap bisa mengajak masyarakat bermain Biliar, kita ajak mereka happy dulu, jika serius bisa lanjut ke profesional, Saya berharap tahun 2024 Biliar lebih semarak," ucap Raffi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat