uefau17.com

Kisah Bintang Alumnus Piala Dunia U-17 2019: Apa Kabar Mereka Sekarang? - Bola

, Jakarta Piala Dunia U-17 cukup dikenal sebagai ajang yang mampu melahirkan talenta-talenta muda berbakat. Hal ini terbukti dari banyaknya pemain juara dunia yang merupakan jebolan FIFA U-17 World Cup.

Beberapa di antaranya meliputi Xavi Hernandez, Iker Casillas, Mario Gotze, hingga Gianluigi Buffon. Ada pula Cesc Fabregas, Benjamin Mendy, serta trio penggawa Argentina yang baru menjuarai Piala Dunia 2022 Qatar, yakni Emiliano Martinez, Nicolas Tagliafico, dan Exequiel Palacios.

Tahun ini giliran Indonesia yang kebagian menyaksikan lahirnya calon juara dunia baru lewat ajang Piala Dunia U-17 2023. Tanah Air telah dipercaya menjadi tuan rumah, dengan pertandingan FIFA U-17 World Cup selanjutnya bakal digelar di empat stadion di empat kota berbeda.

Piala Dunia U-17 2023 sekaligus menandai comeback-nya kompetisi sepak bola muda bergengsi setelah empat tahun absen. Sebagaimana diketahui, FIFA terakhir kali menggelar ajang serupa pada 2019 menyusul adanya penundaan akibat pandemi.

Adapun Brasil yang berstatus sebagai tuan rumah sukses mengemas gelar juara di ajang Piala Dunia U-17 2019. Sejumlah nama pemain papan atas yang kini mulai memanaskan persaingan dunia juga sempat bermunculan dalam edisi teranyar FIFA U-17 World Cup di Negeri Samba?

Siapa saja bintang jebolan Piala DUnia U-17 2019 Brasil dan bagaimana progres karier mereka saat ini? Simak ulasan lengkapnya pada halaman berikut!

FIFA World Cup U-17 Indonesia bisa disaksikan di Indosiar dan SCTV. Bisa nonton Live 52 pertandingan lengkap hanya di Vidio. Best match di Moji dan Mentari, serta melalui Nex Parabola.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Bart Verbruggen

Bart Verbruggen merupakan penjaga gawang kelahiran 18 Agustus 2002. Ia mendapat kepercayaan membela Belanda kala tampil dalam ajang Piala Dunia U-17 2019 di Brasil.

Melansir situs resmi FIFA, Verbruggen sejatinya bukanlah starter utama buat Timnas Belanda U-17 dalam perhelatan empat tahun silam. Kendati demikian, ia sukses menikmati momen-momen gemilang pasca kelulusannya dari FIFA U-17 World Cup.

Verbruggen tercatat sempat mencatatkan musim cemerlang bersama Anderlecht. Ia lantas hijrah ke klub papan atas Liga Premier Brighton & Hove Albion pada musim panas ini dan tengah bersaing mendapatkan tempat sebagai starter bersama Jason Steele.

Di level internasional, Verbruggen juga sudah dipandang sebagai salah satu pemain masa depan. Pesepak bola berusia 21 tahun itu telah dipanggil oleh Ronald Koeman ke timnas senior saat jeda internasional September.

3 dari 5 halaman

2. Piero Hincapie

Piero Hincapie merupakan salah satu pemain bertahan yang tampil menonjol di Piala Dunia U-17 2023. Ia kala itu ditugaskan membela Timnas Ekuador U-17, meski hanya mampu membawa negaranya mencapai babak 16 besar lantaran kalah dari Italia.

Hincapie pun langsung bertransformasi menjadi salah satu pemain senior Ekuador dalam ajang Piala Dunia 2022 Qatar. Ia turut memainkan peran krusial bagi skuad La Tri, terlepas dari kegagalan mereka melaju ke fase knock-out usai kalah saing dari rival grup A Belanda dan Senegal.

Sementara itu di level klub, Piero Hincapie jug berhasil mengukuhkan posisinya sebagai pemain pilhan pertama Bayer Leverkusen. Ia sejauh ini telah tampil dalam 81 laga di semua kompetisi, serta ikut membantu klubnya menduduki puncak klasemen sementara Bundesliga 2023/2024.

4 dari 5 halaman

3. Pedri

Pedri merupakan salah satu nama jebolan Piala Dunia U-17 2019 yang paling bersinar saat ini. Ia bahkan digadang-gadang sebagai salah satu gelandang muda terbaik dunia berkat performanya yang gemilang bersama Barcelona.

Adapun Pedri yang memperkuat Timnas Spanyol U-17 sejatinya tak berhasil melangkah terlalu jauh di gelaran FIFA U-17 World Cup Brasil. Dia dan rekan-rekannya terhenti di babak perempat final usai dihajar 1-6 oleh Prancis.

Kendati demikian, kualitas yang ditunjukkannya mampu membuat Barcelona memberi kepercayaan lebih padanya. Pedri didaulat sebagai salah satu pilar andalan di lini tengah sejak kembali dari masa pinjaman pada musim 2020/2021. Ia telah tampil dalam 111 laga bersama Blaugrana, sekaligus membukukan 17 gol dan 8 assists di bawah namanya.

Adapun di level klub, nama Pedri pun cukup penting bagi Timnas Spanyol. Ia tercatat mampu mengoleksi 18 caps untuk La Furia Roja di berbagai ajang internasional, sekaligus menyumbangkan 1 assist bagi rekan-rekannya.

5 dari 5 halaman

4. Wilfried Gnonto

Wilfried Gnonto merupakan salah satu pemain bintang yang memperkuat Italia di Piala Dunia U-17 2019. Pesepak bola kelahiran 5 November 2003 itu turut memberi kontribusi di balik perjalanan pasukan muda Gli Azzurri ke babak 8 besar.

Sayangnya, Gnonto dan kawan-kawan kala itu belum berhasil tembus hingga partai semifinal dan final. Langkah mereka dihentikan lewat dua gol tanpa balas saat menghadapi tuan rumah Brasil di perempat final.

Kendati demikian, pengalaman tanding di Piala Dunia U-17 2019 turut menempa Gnonto menjadi sosok pemain menjanjikan saat ini. Ia bergabung dengan tim Championship Leeds United pada 2022 silam dan telah menyumbangkan 1 gol serta 1 assist dari total 6 penampilan di kompetisi kasta kedua Inggris musim ini.

Gnonto pun turut menjadi bagian dari timnas senior Italia dan hanya melewatkan satu laga dari 14 pertandingan terakhir Gli Azzurri serta telah mencetak gol internasional pertamanya saat kalah 2-5 dari Jerman di Nations League pada Juni 2022.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat