uefau17.com

Menpora Dito Ariotedjo Gelar Pertemuan dengan PSSI: Bahas Anggaran dan Persiapan Piala Dunia U-17 - Bola

, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menggelar pertemuan dengan PSSI terkait persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023.

Agenda tersebut dilaksanakan di Gedung Kemenpora, Jakarta, Jumat (7/7/2023) siang WIB, dengan dihadiri oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir serta Wakil Ketua Umum II Ratu Tisha Destria.

Terdapat sejumlah poin yang dibahas oleh PSSI bersama Menpora Dito Ariotedjo dalam pertemuan di Kemenpora. Adapun salah satu yang menjaadi fokus perhatian ialah terkait anggaran untuk menggelar ajang FIFA U-17 World Cup 2023.

Sebagai informasi, Indonesia memang sudah dipastikan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 pada akhir tahun ini. Kesempatan itu didapat setelah FIFA menunjuk Tanah Air sebagai lokasi pengganti, lantaran Peru dinyatakan tidak siap dari segi infrastruktur.

Keputusan FIFA tak pelak menjadi pelipur lara buat Indonesia yang sebelumnya gagal menggelar Piala Dunia U-20 2023. Seperti diketahui, Indonesia dicabut statusnya sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 menyusul adanya gelombang penolakan partisipasi Israel di dalam negeri.

Ketum PSSI Erick Thohir menyatakan pihaknya telah melakukan sinkronisasi anggaran dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk Piala Dunia U-17 2023.

Kabarnya, jumlah yang diajukan federasi sepak bola tidak jauh berbeda dari angka yang dipergunakan untuk menyiapkan Piala Dunia U-20 beberapa waktu lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar Erick Thohir Pasca Pertemuan dengan Menpora

"Tentu sesuai dengan undangan Pak Menteri, kami dari PSSI tadi hadir, menyampaikan rencana-rencana untuk persiapan (Piala Dunia) U-17. Tapi yang paling penting, tadi Pak Menteri sampaikan, proses administrasi menjadi hal-hal yang diprioritaskan karena dalam penggunaan anggaran negara pasti ada prosesnya," tutur Erick pada Jumat (7/7/2023).

"Karena itu Insyaallah Pak Menteri sudah mengusulkan kepada Pak Presiden agar ada ratas (rapat terbatas) untuk U-17 minggu depan. Di sana tentu akan ada turunannya setelah ratas, salah satunya alokasi anggaran.

"Tentu kami bersama Kementerian Olahraga, di atas tadi mensinkronisasi anggaran yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan anggaran (Piala Dunia) U-20," sambung Ketua Umum PSSI selepas pertemuannya dengan Menpora.

3 dari 3 halaman

Anggaran Berkisar Rp400 Miliar

Adapun secara spesifik, Dito mengeklaim anggaran untuk Piala Dunia U-17 2023 berada di kisaran Rp400-an miliar. Jumah itu sebagian bisa dipenuhi dari sisa anggaran persiapan Piala Dunia U-20 2023 sejumlah Rp254 miliar. Sementara itu sisanya bakal dibahas dalam ratas bersama Presiden.

"(Untuk anggaran Piala Dunia U-17 2023) range-nya itu sekitar 400, 400-an (miliar)," tutur Dito kepada awak media usai mengantar Erick Thohir keluar dari Gedung Kemenpora.

"Kemarin sudah saya jelaskan, kita memiliki sisa sekitar 254 miliar dari sisa yang kemarin persiapan U-20. Ini salah satu yang kita bahas di Ratas ini adalah untuk penambahan untuk cost anggaran tersebut," tambah dia pada Jumat (7/7/2023).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat