uefau17.com

PB Djarum Juara Umum Superliga Junior 2023 - Bola

, Jakarta - PB Djarum memastikan diri menyandang status juara umum dalam Polytron Superliga Junior 2023. Ini setelah klub asal Kudus, Jawa Tengah, tersebut menjadi kampium di tiga kategori.

Pada laga final beregu U-19 Putra dan U-19 di GOR Djarum, Magelang, Minggu (14/5/2023), PB Djarum mengalahkan PB Jaya Raya. Sehari sebelumnya, PB Djarum menjadi kampiun di sektor U-17 putra.

Hasil tersebut membuat PB Djarum berhak mengangkat tiga piala di Superliga Junior 2023, yakni Piala Hariyanto Arbi (U-17 putra), Piala Susy Susanti (U-19 putri), dan Piala Liem Swie King (U-19 putra).

Satu-satunya gelar yang gagal diraih oleh PB Djarum adalah Piala Yuni Kartika untuk sektor U-17 Putri. Piala ini direbut klub asal Thailand, Banthongyord.

Ini adalah kali pertama PB Djarum menjadi juara umum semenjak keikutsertaan pada Superliga Junior. "Kemenangan ini, selain membanggakan tentunya juga memberikan kami keyakinan bahwa untuk meraih prestasi itu harus dibentuk melalui proses pembibitan dan pembinaan yang menyeluruh," kata Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation yang juga Ketua PB Djarum, Yoppy Rosimin.

Yoppy menambahkan tim PB Djarum datang ke Magelang dengan kepercayaan yang cukup tinggi untuk merebut titel juara. Berbekal persiapan yang matang dan materi pemain yang mumpuni, PB Djarum turun dengan formasi terbaik di setiap kategori yang dipertandingkan.

"Hasilnya, anak-anak mampu menjawab kepercayaan pelatih dengan tampil maksimal di lapangan dan membawa pulang gelar juara," ucap Yoppy.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kalahkan PB Jaya Raya Final di Final

Pada laga final beregu U-19 Putra, PB Djarum mengalahkan PB Jaya Raya 3-1 untuk meraih Piala Liem Swie King. Moh Zaki Ubaidillah alias Ubed membuka keunggulan PB Djarum setelah menang 21-17 dan 21-11 atas tunggal putra pertama PB Jaya Raya Ryan Putra Widyanto.

Tak hanya menyumbang poin, Ubed juga tidak terkalahkan dalam lima pertandingan Polystron Superliga JUnior 2023 dan tanpa kehilangan satu game pun. Alhasil, Ubed juga diganjar predikat sebagai The Best Athlete U-19 Boys Team.

Ganda putra Anselmus Breagit Fredy Prasetya/Pulung Ramadhan menyumbang poin kedua untuk PB Djarum. Pasangan ini menang straight game 22-20 dan 21-18 atas Adrian Pratama/Jonathan Farrel Gosal.

Devin Artha Wahyudi menyempurnakan kemenangan PB Djarum menjadi 3-0 setelah menghentikan perlawanan alot Muhammad Falen Ammar Rizki. Ia menang melalui drama tiga gim 19-21, 21-15, dan 21-17 selama 92 menit.

"Kami tidak memiliki strategi apapun ketika bertanding di final ini. Saya bilang ke anak-anak untuk jangan lengah, tenang, dan tampilkan yang terbaik dan ternyata mereka bisa bermain optimal sehingga menang tiga partai langsung," kata pelatih PB Djarum, Imam Tohari.

 

3 dari 4 halaman

Piala Susy Susanti

Pada final beregu U-19 Putri Superliga Junior 2023, PB Djarum menang 3-0 atas PB Jaya Raya. Sukses ini sangat istimewa lantaran untuk kali pertama PB Djarum menapaki podium tertinggi sejak kejuaraan ini bergulir 2016 lalu.

Sebagai kampiun, skuad putri PB Djarum berhak mengangkat Piala Susy Susanti dan membawa pulang hadiah utama sebesar Rp150 juta.

Duel PB Djarum melawan Jaya Raya di final merupakan pertemuan kedua pada Superliga Junior 2023. Sebelumnya, di babak penyisihan PB Djarum menang 5-0.

Bermodalkan kemenangan sempurna itu, PB Djarum turun dengan formasi yang sama. Tapi, Aura Ihza Aulia, yang kembali turun sebagai tunggal pertama PB Djarum, menyerah dari Azzahra Melani Arjisetya 18-21 dan 19-21.

PB Djarum menyamakan skor lewat ganda putri Bernadine Anindya Wardana/Velisha Christina. Mereka menang 21-18 dan 21-13 atas pasangan PB Jaya Raya Ariella Naqiyyah/Rachel Agnesia Sabatini..

Sausan Dwi Ramadhani membawa PB Djarum berbalik unggul setelah mengalahkan tunggal putri kedua PB Jaya Raya Natiqotul Wardah Filkaromah. Dia menang lewat drama tiga gim 12-21, 21-17, dan 21-14.

Pasangan Isyana Syahira Meida/Rinjani Kwinnara Nastine memastikan kemenangan PB Djarum setelah menghentikan Nabila Cahya Permata Ayu/Reva Olivia Damayani. Hira/Janie menang 21-18 dan 21-18.

Pelatih PB Djarum, Maria Elfira Christina menuturkan, pergantian formasi PB Jaya Raya tidak membuat permainan di babak final lebih imbang dibanding saat fase grup. "Yang menentukan adalah hasil dan kesiapan pemain saat berlaga. Kami bersyukur anak-anak bisa bermain maksimal dan berhasil meraih Piala Susy Susanti untuk pertama kalinya," ujar Maria.

Selain gelar juara, gelar The Best Athlete U-19 Girls juga diraih pemain PB Djarum yakni Sausan Dwi Ramadhani. "Saya bersyukur bisa menjadi pemain terbaik di kejuaraan ini walau tadi memang sempat tegang sebelum akhirnya bisa bermain lebih tenang dan memenangi pertandingan," ucapnya.

"Semoga di kejuaraan berikutnya saya bisa bermain lebih bagus lagi dan meraih gelar juara yang lebih tinggi lagi."

 

4 dari 4 halaman

Daftar juara Polytron Superliga Junior 2023

U-17 Putri:

Juara I : Banthognyord Thailand

Juara II : PB Jaya Raya

Juara III : PB Djarum dan Badminton Association Malaysia (BAM)

Atlet Terbaik : Anyapat Phicitpreechasak (Banthongyord Thailand)

 

U-17 Putra:

Juara I : PB Djarum

Juara II : PB Jaya Raya

Juara III : Hong Kong China dan PB Mutiara Cardinal Bandung

Atlet Terbaik : Richie Duta Ricardo (PB Djarum)

 

U-19 Putri:

Juara I : PB Djarum

Juara II : PB Jaya Raya

Juara III : Vietnam Team dan PB Mutiara Cardinal Bandung

Atlet Terbaik : Sausan Dwi Ramadhani (PB Djarum)

 

U-19 Putra:

Juara I : PB Djarum

Juara II : PB Jaya Raya

Juara III : Vietnam Team dan PB Mutiara Cardinal Bandung

Atlet Terbaik : Moh Zaki Ubaidillah (PB Djarum)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat