uefau17.com

Piala Dunia 2022: Aturan Adu Penalti yang Begitu Menantang - Bola

, Jakarta FIFA mempresentasikan aturan yang akan digunakan di Piala Dunia 2022 Qatar dalam hal adu penalti.

Aturan itu dinilai cukup fair.Untuk pertama kalinya dalam sejarah sepak bola dunia, Piala Dunia 2022 akan digelar pada musim gugur ketimbang musim panas.

Alasannya, FIFA bersama Qatar selaku tuan rumah menghindari suhu terik gurun Arab, serta memberi sedikit waktu tambahan setelah pandemi COVID-19 yang mempengaruhi kalender olahraga dunia pada 2020 dan sebagian 2021.

Aturan kompetisi Piala Dunia di Qatar

Beberapa bulan lalu, FIFA memaparkan regulasi yang akan diterapkan di Qatar dan serupa dengan kompetisi lainnya: di babak penyisihan grup, tiga poin akan diberikan jika menang dan satu poin jika seri.

Di babak sistem gugur, dalam hal hasil imbang di akhir waktu reguler, akan ada tambahan 30 menit yang dibagi menjadi dua bagian masing-masing 15 menit. Jika hasil imbang berlanjut, akan ada adu penalti untuk menentukan pemenang.

Sejauh ini terlihat biasa saja. Peraturan ini juga diterapkan FIFA ketika berlangsungnya pertandingan sistem gugur. Tapi, perubahan akan terjadi ketika permainan dilanjutkan lewat drama adu penalti.  

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berikut Perbedaannya tentang Peraturan Penalti

Bagaimana penalti akan diambil di Qatar?

Aturan kompetisi menyatakan bahwa hanya pemain yang berada di lapangan permainan sebelum akhir pertandingan yang akan diizinkan untuk mengambil penalti, yaitu tidak akan ada perubahan pada akhir waktu tambahan, dengan pengecualian penjaga gawang, asalkan tim yang ingin membuat perubahan masih memiliki perubahan yang tersedia.

Jika tidak, penjaga gawang harus pemain outfield, memenuhi syarat sebagai penjaga gawang.

Kedua tim harus menembak dengan jumlah pemain yang tersedia sama, yaitu jika salah satu tim menyelesaikan pertandingan dengan kurang dari 11 pemain, baik karena cedera atau dikeluarkan, tim lain harus mengeliminasi pemain sebanyak yang diperlukan untuk menyamai jumlah pemain yang ada dengan jumlah pemain yang tersedia di tim lawan.

Dalam hal setelah 10 tembakan (lima per tim) pertandingan masih seri, akan ada adu penalti sudden death, di mana setiap tim akan memiliki satu tembakan dan tim pertama yang finis di belakang pada akhir ronde akan keluar alias tereliminasi.

Tidak ada pemain yang diizinkan untuk menembak dua kali sampai rekan satu timnya yang lain, termasuk penjaga gawang, telah melakukan tembakan.Jika mereka mengindahkan itu, FIFA menjelaskan bahwa tembakan-tembakan ini tidak akan dihitung dalam statistik pencetak gol.

3 dari 3 halaman

Menanti Petualangan Sergino Dest Bersama AS di Qatar

Situasi ini tentu menjadi tantangan bagi Sergino Dest, pesepak bola yang memiliki dua kebangsaan. Namun, Dest lebih memilih Amerika Serikat daripada Belanda, dan kini selangkah lagi meraih mimpi bermain di Piala Dunia di Qatar.

Pada akhirnya, keputusan Sergino Dest untuk mewakili AS bermuara pada dua hal: kepercayaan dan loyalitas. Bek kanan Ajax yang brilian mengisolasi dirinya dari kebisingan saat dia mempertimbangkan apakah akan bermain untuk Amerika Serikat, yang telah dia wakili di berbagai level pemuda, atau untuk Belanda, negara kelahirannya. Di tengah hiruk-pikuk media sosial, Dest tahu dia telah membuat keputusan yang tepat.

"Banyak orang hanya mencintaimu ketika semuanya berjalan baik," kata Dest kepada ESPN saat dia duduk di jantung markas latihan De Toekomst Ajax.

“USMNT membantu saya ketika segalanya tidak berjalan dengan baik, dan saya bersyukur untuk itu. Mereka membantu saya melewati masa-masa sulit, dan jika mereka tidak memberi saya kesempatan, mungkin saya tidak akan berada di sini sekarang bersama Ajax. Mungkin saya tidak akan pernah mencapai level ini."

Dest adalah pemain kunci bagi AS

Tapi, ini baru permulaan. Pemain berusia 22 tahun itu ingin membuat sejarah dengan generasi pemain Amerika yang menjanjikan ini, termasuk Christian Pulisic, dan mencapai tingkat kehebatan kolektif yang belum pernah terlihat di sepak bola AS.

Meskipun dia masih tinggal bersama orang tuanya (ibunya orang Belanda, ayahnya orang Suriname-Amerika) tidak ada tanda-tanda ketenarannya yang mengubahnya. "Saya tetap fokus. Saya bukan orang yang berbicara omong kosong kepada orang lain," kata Dest. "Saya tidak melihat orang lain. Saya hanya fokus untuk menjadi lebih baik."

Dest dan mimpi menjadi pesepak bola

"Ada seorang pria yang bermain sepak bola jalanan dengan saya, dan dia pernah mengatakan kepada saya, 'Anda tidak perlu stres karena jika Anda stres, Anda akan melakukan hal-hal aneh dalam sepak bola.' Dan itulah yang selalu saya pikirkan," katanya. "Bahkan sekarang, jika seseorang mencoba mendorong saya atau mengejar saya, saya hanya memikirkannya dan memikirkannya."

"Itulah mengapa saya sangat berterima kasih kepada Amerika," katanya. "Mereka membantu saya melewati masa-masa sulit."Dest mewakili AS di Piala Dunia U17 dan kemudian memainkan peran kunci di Piala Dunia U20. Itu adalah perkenalan awalnya untuk tampil di depan banyak orang.Sejak itu dia bermain untuk beberapa klub terbesar Eropa di Ajax, Barcelona dan, sekarang bersama AC Milan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat