uefau17.com

SEA Games 2021: Marques Bolden Jadi Tumpuan Timnas Basket Indonesia - Bola

, Jakarta - Pemain NBA G-League Marques Bolden akan menjadi tumpuan timnas basket Indonesia pada berbagai ajang di depan mata. Mulai yang terdekat SEA Games ke-31, FIBA Asia Cup 2022, hingga FIBA World Cup 2023. 

Hal ini disampaikan PP Perbasi setelah memastikan tidak tergiur memakai regulasi slot pemain naturalisasi di SEA Games Hanoi, Vietnam. 

“Kita tidak boleh berpikir SEA Games tidak penting tapi kita harus jelas, fokus kita ke Piala Dunia. Jadi kita harus fokus pada tim yang dipersiapkan untuk kejuaraan dunia,” jelas Ketum PP Perbasi Danny Kosasih dilansir dari laman resmi federasi.

“Kalau kita hanya juara (di SEA Games), kita terpaksa pakai pemain asing 10 dan mungkin kita bisa bawa medali emas ke Indonesia. Tapi di FIBA World Cup, kita diacak-acak orang. Saya kira itu poinnya,” jelas Danny. 

Pada acara Multievent antarnegara ASEAN, penyelenggara membebaskan setiap peserta di cabang olahraga untuk memakai pemain naturalisasi. Sementara di kejuaraan FIBA, hanya boleh memakai satu pemain naturalisasi dalam tim. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Marques Bolden

Marques Bolden yang mengisi posisi center timnas sudah datang ke indonesia sejak 11 April dan menyantap menu latihan dari Milos Pejic. 

Dia memerlukan istirahat terlebih dahulu untuk menyesuaikan situasi karena masih jetlag setelah perjalanan panjang. Di lapangan, Marques mengasah akurasi tembakan dan kelincahan dalam dribbling bola yang diikuti dengan tembakan di bawah ring. 

“Untungnya Marques ini kan dari Texas. Sudah terbiasa dengan cuaca yang lumayan panas. Jadi secara badannya ya sudah normal juga dan nggak perlu lama untuk adjust,” ungkap manajer timnas basket Jeremy Imanuel Santoso. 

Jeremy juga mejelaskan bahwa dalam persiapan menuju SEA Games akan terus melakukan pengerucutan pemain. Dari komposisi 23 nama saat ini, kemudian akan dikurangi menjadi 16 pemain. 

Selanjutnya mereka akan dipantau terus perkembangannya dalam sparing dengan tim yang diisi pemain impor dari IBL. “Ada enam pertandingan melawan impor IBL kemudian ditentukan 12 pemain untuk SEA Games," katanya.

3 dari 3 halaman

Jadwal Uji Coba Timnas vs Impor IBL

22 April 2022 Pukul 15:00 WIB

26 April 2022 Pukul 15:00 WIB

28 April 2012 Pukul 15:00 WIB

29 April 2022 Pukul 15:00 WIB

05 Mei 2022 Pukul 15:00 WIB

06 Mei 2012 Pukul 15:00 WIB

VENUE: Hall Basket Senayan

 

Pada SEA Games 2019, Timnas Basket 5x5 Indonesia harus menelan kekalahan dari Thailand dengan skor 76-98. Dalam pertandingan tersebut, Tim asuhan Rajko Toroman membuat banyak turn over yang bisa dimanfaatkan oleh Thailand. 

Setelah kekalahan itu, Indonesia berhasil mengembalikan tren positif dan membungkam Malaysia dengan skor 101-92. Kemenangan itu merupakan kemenangan pertama yang diraih Indonesia setelah laga perdana yang dikalahkan oleh Thailand. 

Namun, Timnas Bola Basket 5x5 Indonesia masih tidak berhasil meraih pada ajang olahraga yang dilaksanakan selama dua tahun itu. 

 

Penulis: Jesslyn Koesman

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat