uefau17.com

Real Madrid Berpotensi Hadapi Pemotongan Gaji Tahap Kedua - Bola

, Madrid - Efek pandemi virus Corona Covid-19 sangat memukul klub-klub sepak bola profesional, termasuk Real Madrid. Tanpa pertandingan, keuangan tim berjuluk Los Galactivos itu terus memburuk dan kini tengah bersiap menghadapi pemotongan gaji tahap kedua bila pandemi tak juga mereda.

Seperti dilansir AS, Real Madrid sebenarnya telah melakukan pemotongan gaji para pemain dan pelatih sebesar 10 persen akibat pandemi virus Corona Covid-19. Namun dewan direksi menilai pemotongan sebesar 30 persen perlu diterapkan pada musim depan bila pandemi tidak kunjung mereda.

Aturan ini berlaku bagi seluruh tim, staf dan pejabat eksekutif klub, tapi di luar sekitar 800 karyawan tambahan yang bekerja di Santiago Bernabeu atau fasilitas-fasilitas klub yang lainnya.

Seluruh klub La Liga dan klub sepak bola lainnya di Eropa terpaksa harus menyunat gaji para pemainnya selama pandemi virus Covid-19 berjalan. Langkah ini tidak bisa dihindari menyusul hilangnya pendapatan klub akibat dihentikannya kompetisi di sejumlah negara, termasuk Spanyol. 

Krisis tidak hanya dirasakan klub-klub kecil saja. Real Madrid yang merupakan salah satu raksasa La Liga juga mengalami nasib yang sama. Beban yang dirasakan bahkan semakin berat mengingat Los Blancos memiliki anggaran pengeluaran mencapai 822 juta euro, seperti dilansir dari AS. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pendapatan Menurun

Selama ini, pengeluaran tersebut ditutupi lewat berbagai pemasukan, seperti tiket terusan yang mencapai 161 juta euro untuk pertandingan reguler dan 109 juta euro dari tiket laga persahabatan. Sementara dari hak siar, Real Madrid mengantongi 180 juta euro dan dari marketing 37 juta euro. 

Dalam situasi seperti ini, mendapatkan 20 persen saja dari total pemasukan itu sudah sangat baik di mana rata-rata klub merugi hingga 165 juta euro dari total pengeluaran tahunan, 741 juta euro. 

 

 

 

 

3 dari 3 halaman

Hemat 100 Juta Euro

Gaji tim utama Real Madrid rata-rata mencapai 283 juta euro. Ini menjadi salah satu pos pengeluaran terbesar Los Blancos. Artinya potongan 30 persen dari seluruh dewan direksi, dan tim utama hingga tim reserve bakal menghemat pengeluaran klub hingga 100 juta euro setahun. 

Dengan aturan ini, Sergio Ramos dan Gareth Bale yang menjadi pemain bergaji tertinggi, yakni € 14,5 juta hanya akan menerima sekitar € 10 juta setahun. Nasib yang sama juga akan dialami oleh para pemain lain, dan langkah ini baik untuk meringankan masalah keuangan yang dihadapi Madrid karena menurunnya pendapatan dari laga dan penutupan museum klub serta tur serta gerai merchandise. 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat