uefau17.com

Populasi Jepang Susut, J Trust dan Kagawa Bank Incar Pasar Indonesia - Bisnis

, Jakarta - PT Bank J Trust Indonesia Tbk melakukan penandatanganan kerja sama bisnis dengan Kagawa Bank Co Ltd asal kota Takamatsu, Prefektur Kagawa, Jepang.

Melalui kerja sama ini, J Trust Bank dan Kagawa Bank berkomitmen menyatukan kekuatan dan pengetahuan perbankan berstandar Jepang untuk memenuhi kebutuhan para mitra kerja. Diantaranya kebutuhan ekspansi bisnis, business matching, dan pembiayaan atas kebutuhan tenaga kerja Indonesia ke luar negeri.

Direktur Utama J Trust Bank Ritsuo Fukadai menyampaikan, kedua bank menyadari potensi pertumbuhan ekonomi yang tinggi di Indonesia. Lantaran punya basis jumlah penduduk yang besar dan jumlah masyarakat berpendapatan menengah terus meningkat.

"Kerja sama ini akan membuka peluang bisnis yang lebih luas dan meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha yang pada akhirnya membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia dan Jepang," ujar Fukadai dalam keterangan tertulis, Rabu (12/6/2024).

Diketahui Jepang saat ini menghadapi penyusutan ekonomi akibat menurunnya populasi penduduk, disertai rendahnya angka kelahiran. Pergeseran demografis ini mempunyai implikasi sosial dan ekonomi yang besar, termasuk melambatnya pertumbuhan ekonomi.

Kondisi tersebut mendorong Kagawa Bank untuk memasuki pasar Indonesia melalui kerja sama dengan J Trust Bank. Agenda kerja business matching ini tentang membentuk hubungan yang saling menguntungkan di dalam ekosistem bisnis J Trust Bank dan Kagawa Bank.

"Kami percaya bahwa kerja sama ini akan berkontribusi dalam menyelesaikan isu-isu lokal seperti adanya kelebihan tenaga kerja di Indonesia, dimana di saat yang sama Jepang sangat membutuhkan tenaga kerja," imbuh Fukadai.

"Pascapandemi Covid-19, kami yakin tenaga kerja Indonesia yang ingin bekerja ke luar negeri (salah satunya untuk bekerja di Jepang) semakin tinggi. Kami percaya memanfaatkan sumber daya secara bijak dan bersama-sama ini akan merevitalisasi ekonomi Jepang dan berkontribusi pada pembangunan ekonomi Indonesia," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mitigasi Perubahan Iklim, J Trust Bank Ajak Nasabah Sisihkan 0,5% Bunga Tabungan

Sebelumnya, J Trust Bank mendorong program simpanan TORA Green Savings sebagai upaya kolaboratif untuk merespons isu perubahan iklim dan pelestarian lingkungan.

TORA Green Savings memfasilitasi nasabah yang ingin berkontribusi dalam pelestarian lingkungan dengan menyisihkan sebesar 0,5 persen per tahun dari bunga tabungan untuk penanaman mangrove.

Direktur Utama J Trust Bank Ritsuo Fukadai mengatakan, setiap Rp 25.000 dari dana yang terkumpul secara kolektif akan ditanam 1 pohon mangrove di wilayah kerja CarbonEthics di Pulau Harapan, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Tidak hanya berdampak pada lingkungan, ia menuturkan, program simpanan TORA Green Savings juga memberikan bunga tabungan yang menarik sebesar 3,5 persen pa (0,5 persen pa disisihkan untuk penanaman Mangrove) serta bebas biaya administrasi per bulan. 

"Kami yakin bahwa Nasabah akan mendapatkan nilai tambah dari program ini, tidak hanya untuk saat ini namun untuk masa yang akan datang. Sama halnya dengan menabung uang, menanam mangrove merupakan tabungan kita untuk bumi dan generasi yang akan datang," ujar Fukadai, Rabu (29/5/2024).

 

3 dari 3 halaman

Tanam 1.000 Bibit Mangrove

Dalam rangka merayakan hari Keanekaragaman Hayati Internasional yang jatuh pada 22 Mei, J Trust Bank memperkuat komitmennya pada mitigasi perubahan iklim dengan melaksanakan kegiatan penanaman 1.000 bibit mangrove di Pulau Harapan, Kepulauan Seribu.

Kegiatan ini dilakukan untuk mengambil langkah proaktif dalam mengimbangi dampak negatif pada lingkungan yang dihasilkan dari operasional perusahaan. Pohon mangrove dikenal sebagai penyimpan karbon alami yang efektif dan memiliki manfaaat ekosistem yang besar, termasuk melindungi pantai dari abrasi, menyediakan habitat bagi fauna laut, dan meningkatkan kualitas air.

"Kami menyadari bahwa memitigasi perubahan iklim dan melestarikan lingkungan perlu dilakukan bersama-sama. Oleh karenanya tidak hanya karyawan yang kami fasilitasi untuk berperan aktif dan penanaman Mangrove namun juga Nasabah melalui program tabungan TORA Green Savings," tutur Fukadai.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat