uefau17.com

Jokowi Resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang ruas Bangkinang-Pangkalan - Bisnis

, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang ruas Bangkinang-Pangkalan, seksi Bangkinang-XIII Koto Kampar sepanjang 24,7 km, di Riau, hari ini.

Dalam sambutannya pada acara peresmian tersebut, yang dipantau melalui tayangan langsung YouTube Sekretariat Presiden, dari Jakarta, Jokowi bersyukur tol itu sudah bisa digunakan.

 

"Alhamdullilah hari ini Jalan Tol Pekanbaru-Padang seksi Bangkinang-Pangkalan Tahap 1 yaitu seksi Bangkinang-XIII Koto Kampar telah selesai dengan panjang 24,7 km, yang kita bangun sejak tahun 2019-2024, menghabiskan anggaran Rp4,8 triliun, telah selesai dan bisa digunakan," ujar Presiden dikutip dari Antara, Jumat (3/5/2024).

Kepala Negara mengatakan jalan tol tersebut merupakan sirip dari Tol Trans Sumatera, yang diharapkan setiap tahun akan terus tersambung dari Pekanbaru sampai ke Padang.

Presiden juga menyampaikan bahwa berkaitan dengan Inpres Jalan Daerah Provinsi Riau, telah selesai dibangun dan diperbaiki sebanyak 10 ruas jalan sepanjang 63 km dengan anggaran Rp369 miliar.

Presiden berpesan kepada gubernur, bupati dan wali kota agar jalan tol yang sudah selesai direncanakan dan didesain untuk disambungkan ke kawasan-kawasan produktif seperti pertanian, perkebunan, dan pariwisata.

"Sehingga betul-betul riil ada manfaatnya bagi rakyat, bagi pertumbuhan ekonomi daerah dan juga mobilitas orang dan barang betul-betul bisa lebih cepat, sehingga kita bisa bersaing dengan negara-negara lain di dunia," kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional di Jakarta, beberapa waktu lalu juga sudah menekankan bahwa sinkronisasi antara pusat dan daerah harus segera dilakukan, sebagai kunci dari setiap pembangunan yang dilakukan di tanah air.

Kepala Negara mencontohkan, ketika pemerintah membangun ruas jalan dan infrastruktur jalan tol, menurutnya Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) semestinya langsung melihat bagaimana menyambungkan seluruh pembangunan yang ada itu dengan sentra-sentra kawasan produktif seperti wilayah pariwisata, perkebunan dan pertanian termasuk juga sentra kerajinan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bertolak ke Riau, Jokowi akan Resmikan Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar

Sebelumnya, usai melakukan kunjungan kerja di Provinsi Sumatra Selatan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertolak menuju Provinsi Riau, Jumat (31/5/2024). Jokowi diagendakan meresmikan sejumlah infrastruktur di Riau, salah satunya Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar,

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi lepas landas sekitar pukul 07.45 WIB melalui Bandara Silampari, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Setelah mendarat di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Jokowi dan rombongan akan langsung menuju Gerbang Tol XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar.

Jokowi dijadwalkan untuk meresmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang ruas Bangkinang-Pangkalan, seksi Bangkinang-XIII Koto Kampar, serta meresmikan pelaksanaan Inpres Jalan Daerah di Provinsi Riau.

Siang harinya, Jokowi akan meresmikan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat (SPALDT) Bambu Kuning di Kota Pekanbaru.

Kemudian, Jokowi akan kembali menuju Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II untuk kemudian lepas landas menuju Kota Dumai.

Dalam kunjungan ini, Jokowi didampingi Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudy Saladin, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin, dan Plt. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden M. Yusuf Permana.

Sebelumnya, Manajer Cabang PT Hutama Karya Jarot Seno Wibawa mengatakan Jalan Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar sudah siap operasional karena semua infrastruktur pendukung sudah tersedia.

"Jalan Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar siap beroperasi karena infrastruktur pendukungnya sudah siap seperti lampu penerangan, rambu penerangan, rambu peringatan di sepanjang jalan bebas hambatan itu sudah ada," katanya kepada media di Pekanbaru, Riau, Selasa.

3 dari 3 halaman

Sudah Diuji Coba

Ia mengatakan tol sepanjang 24,7 kilometer itu sebelumnya diuji coba fungsional pada momen Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dan telah dilalui sebanyak 12.000 kendaraan.

Pada saat uji coba, jalan tol itu dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Pekanbaru menuju Koto Kampar atau sebaliknya dari semula tiga jam lebih menjadi satu jam hingga satu jam 30 menit.

Ruas itu merupakan lanjutan dari Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang yang sudah beroperasi terlebih dahulu sejak Desember 2022 dan telah diterapkan tarif pada 25 Desember 2022.

"Keberadaan jalan tol itu penting sebagai penghubung antara Provinsi Riau dan Provinsi Sumatera Barat, terutama mengangkut aneka kebutuhan pangan dari provinsi tetangga itu," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat