uefau17.com

Ini Bocoran Program Susu Gratis Prabowo-Gibran - Bisnis

, Jakarta Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Edi Prio Pambudi, mengatakan pihaknya siap untuk mengurus perjanjian kerjasama dengan Australia terkait program susu gratis yang rencananya bakal dijalankan oleh Pemerintahan Prabowo Subianto mendatang.

Namun, hingga kini belum ada informasi terbaru mengenai keberlanjutan program susu gratis. Edi memastikan, pihaknya akan menginformasikan kembali kepada publik jika sudah ada Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) antara Indonesia dengan Australia terkait program tersebut.

Baca Juga

  • VIDEO: Kementan akan Penuhi Kebutuhan Program Susu Gratis Prabowo-Gibran, Uji Coba Dilakukan

  • Putusan MA Soal Batas Usia Calon Kepala Daerah, Program Susu Gratis Prabowo

"Sebenarnya ini bukan di saya yang menangani, tapi kalau nanti berkaitan dengan kerjasamanya tentu akan masuk, jika dengan Australia sudah ada perjanjian CEPA nya, nanti kalau ada update akan kami informasikan," kata Edi saat ditemui usai konferensi pers Update Kerjasama Ekonomi Internasional, di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (31/5/2024).

Sebelumnya, Presiden terpilih Prabowo Subianto, mengubah nama program 'Makan Siang Gratis' menjadi 'Makan Bergizi Gratis'. Ia pun mempertimbangkan membuat kementerian atau lembaga khusus untuk menangani program ini. Sebab ia ingin agar program unggulannya ini efisien tanpa kebocoran.

Sementara, terkait pembagian susu gratis untuk anak-anak di seluruh Indonesia juga akan dijalankan sesuai tipologi masing-masing daerah.

Prabowo mencontohkan pada salah satu daerah di Maluku Barat Daya, yakni Pulau Moa kerap memproduksi air susu dari kerbau. Sehingga, tidak cukup sulit untuk mendapat produksi susu yang dapat dijangkau anak-anak di wilayah Moa.

Sedangkan, di daerah lain sulit mendapatkan sumber susu, bisa difokuskan dengan pemerataan pembagian bahan pangan bergizi seperti ikan dan telur.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bulog Tunggu Arahan Prabowo-Gibran soal Program Makan Siang Gratis

Direktur Utama Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi mengakui belum ada komunikasi terkait program makan siang gratis yang diusung oleh Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, mengingat tinggal menghitung bulan menjelang pelantikan pada Oktober 2024 mendatang.

Menurut Bayu, mekanisme program ini tentunya pemerintah baru yang akan memberikan panduan bagaimana nanti pelaksanaannya.

"Belum ada komunikasi menunggu saja arahan dari pemerintah tentunya pemerintahan yang baru memberikan guidance bagaimana itu dilaksanakan," kata Bayu kepada media, di Sentra Penggilingan Padi (SPP) Karawang, Jawa Barat, Senin (20/5/2024).

Stok Beras untuk Makan Siang Gratis

Bayu menyatakan sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan arahan penugasan untuk menyiapkan stok beras program makan siang gratis.

"Sampai dengan saat ini belum ada arahan untuk menyiapkan stok atau apa pun kepada kami," tutur Dirut Perum Bulog itu.

Perlu diketahui, Prabowo Subianto mengungkap cara merealisasikan janji kampanye utamanya yakni makan siang gratis dan susu gratis.

 

3 dari 3 halaman

Efisiensi APBN

Menurut dia, cara utama adalah dengan melakukan efisiensi terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN dengan memangkas anggran lain yang tak tepat guna.

"Jadi ini soal efisiensi (APBN), tata pemerintahan yang baik, administrasi yang baik, manajemen yang baik," kata Prabowo saat menghadiri undangan Qatar Economic Forum di Doha, Kamis (16/5).

Prabowo melanjutkan, saat melakukan efisiensi harus juga diperhatikan soal defisit yang tidak lebih dari 3 persen. Dia optimis, dengan hitungan yang matang maka janji kampanyenya tersebut bisa diwujudkan.

“Kami telah mempelajari ini. Kami telah menghitung angka-angkanya, dan kami percaya diri akan dapat mewujudkan itu,” jelas dia.

 

 

Reporter: Siti Ayu Rachma

Sumber: Merdeka.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat