uefau17.com

3 Kata Bijak dari Pendiri Netflix Agar Perusahaan Semakin Jaya - Bisnis

, Jakarta Jika anda bekerja untuk Reed Hastings, anda sebaiknya menyiapkan kritikan.

Pemimpin yang baik akan umpan balik yang kritis, kata salah satu pendiri dan ketua Netflix, Reed Hastings, dalam podcast milik pengusaha Tim Ferriss, "The Tim Ferriss Show." Hastings bahkan memiliki istilah sederhana dengan tiga kata untuk praktik ini: "ladang perbedaan pendapat."

"Jika anda seorang pemimpin, penting untuk mencari perbedaan pendapat, karena tidak normal jika anda tidak setuju dengan atasan anda, bukan? [Biasanya] kita belajar untuk menghormati," kata Hastings sebagaimana yang dikutip dari CNBC, Rabu (1/5/2024).

Namun karena perusahaan seringkali membutuhkan ide-ide dan strategi baru untuk berkembang, karyawan harus "bersedia berdebat" dengan manajer mereka, tambahnya.

"Karena sulit, secara emosional, untuk tidak setuju dengan manajer anda, kami menyebutnya sebagai "ladang perbedaan pendapat"," tambahnya. "Kami memiliki manajer yang melakukan hal-hal seperti [bertanya]: 'Apa tiga hal yang akan anda lakukan secara berbeda jika anda berada di posisi saya?"

Hastings, yang menjabat sebagai CEO Netflix selama lebih dari dua dekade sebelum menjadi direktur utama tahun lalu, mengatakan bahwa ia meminta "50 petinggi perusahaan " setiap satu atau dua tahun sekali untuk "menuliskan apa yang akan berbeda" jika mereka yang memimpin perusahaan.

Ia menggunakan masukan dari mereka untuk bereksperimen dengan berbagai strategi bisnis yang berbeda, dan beberapa di antaranya berhasil. Strategi yang tidak berhasil menjadi peluang pembelajaran, tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Banyak Orang yang Meragukan Kami Pada Awalnya

Hastings terinspirasi untuk mencari umpan balik yang kritis setelah salah satu kegagalan terbesar Netflix, katanya: upaya yang gagal pada tahun 2011 untuk mengubah nama layanan DVD pos milik Netflix sebagai perusahaan terpisah bernama Qwickster.

Para pelanggan menentang gagasan untuk membubarkan perusahaan. Saham Netflix jatuh. Hastings secara terbuka meminta maaf dan membatalkan keputusan tersebut. Namun, ia mengatakan bahwa bencana Qwickster adalah "kegagalan favorit" dalam karirnya, karena hal itu mengajarkannya untuk meminta lebih banyak masukan, positif atau negatif, sebelum membuat keputusan besar.

"Kami tidak banyak mencari perbedaan pendapat pada masa itu," kata Hastings. "Saya sangat yakin bahwa ini adalah langkah yang tepat... dan ternyata banyak orang yang sangat meragukannya, namun mereka tidak tahu bahwa para eksekutif lainnya juga meragukannya."

Hastings melembagakan sebuah proses di mana dia meminta umpan balik yang jujur dari para eksekutif dan manajer Netflix tentang "keputusan besar" yang sedang dikerjakan perusahaan, katanya.

"Kami meminta semua orang [memberikan penilaian], 10 hingga -10, apakah mereka pikir itu ide yang cerdas," kata Hastings. "Jika kami melakukan hal itu pada saat itu [dengan Qwickster], kami akan melihat banyak sekali nilai -7, -6, -8, dan itu akan sangat mengejutkan."

Melakukan hal tersebut merupakan "langkah yang sangat positif" yang membantu Netflix membuat keputusan yang lebih kuat di masa mendatang, tambahnya. Saat ini, perusahaan ini memiliki kapitalisasi pasar sebesar $240,2 miliar.

3 dari 3 halaman

'Budaya Berstandar Tinggi'

Salah satu pendiri Netflix ini bukanlah satu-satunya pemimpin bisnis yang menerima masukan kritis dari karyawannya, sebuah strategi yang mengingatkan kita pada filosofi "keterbukaan yang kritis" dari mantan eksekutif Google dan Apple, Kim Scott.

Hastings mengutip pendiri Amazon, Jeff Bezos, sebagai contoh, mencatat kecenderungan Bezos untuk membaca ulasan dari pelanggan Amazon yang "tidak puas" untuk membantu membangun "budaya dengan standar yang tinggi" di perusahaan.

Bezos juga menyarankan untuk mendengarkan kritik dari sekitar anda dan dengan bijaksana memutuskan apakah kritik tersebut ada benarnya sebelum melakukan perubahan sesuai kebutuhan.

"Anda dengarkan lalu tanyakan: 'Apakah mereka benar? Atau, bahkan jika mereka tidak sepenuhnya benar, adakah bagian yang benar yang bisa dijadikan inspirasi [dan] kemudian anda harus berubah," kata Bezos dalam sebuah konferensi tahun 2018.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat