uefau17.com

One Way Jalan Tol Semarang-Jakarta Diperpanjang hingga 15 April 2024 Pukul 24.00 WIB - Bisnis

, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memperpanjang kebijakan satu arah atau one way dalam arus balik mudik Lebaran 2024. One way arah Jakarta diperpanjang hingga 15 April 2024 pukul 24.00 WIB malam.

Marketing & Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani menjelaskan, saat ini one way diberlakukan dari KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang sampai KM 70 GT Cikampek Utama.

Selain itu saat ini juga tengah diberlakukan one way lokal KM 428 Jatingaleh Jalan Tol Semarang Seksi ABC sampai KM 414 GT Kalikangkung. 

Selain one way, saat ini juga masih diberlakukan sejumlah rekayasa lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta yaitu contraflow dua lajur dari KM 70 sampai KM 66, contraflow tiga lajur KM 66 sampai KM 47 dan contraflow dua lajur KM 47 sampai KM 36. 

"Perpanjangan rekayasa lalu lintas one way dijadwalkan oleh Kepolisian akan berakhir pada Senin, 15 April 2024 pukul 24.00 WIB, namun apabila pada periode waktu tiga jam sebelum jadwal pengakhiran tersebut masih terdapat peningkatan volume lalu lintas yang signifikan dari arah Timur ke Jakarta, maka dapat dimungkinkan terjadi penyesuaian kembali jadwal pengakhiran rekayasa lalu lintas one way," jelas Faiza dalam keterangannya, Senin (15/4/2024).

Untuk pengguna jalan yang melewati Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari arah Jakarta menuju arah Timur (Trans Jawa) akan dialihkan keluar di GT Kalihurip KM 68 dan melanjutkan perjalanannya melalui jalan nasional Pantura. Sementara itu, untuk rute pengguna jalan dari arah Jakarta menuju Bandung melalui Jalan Tol Cipularang masih berlaku normal.

Jasa Marga juga kembali mengingatkan pengguna jalan untuk memastikan kecukupan saldo e-toll sebelum melakukan perjalanan. Besaran tarif tol yang harus disiapkan pengguna jalan dari Semarang menuju Jakarta setidaknya mencakup Rp 500.000.

Lantaran, nilai transaksi dari GT Kalikangkung ke GT Cikatama sebesar Rp 421.500. Sedangkan untuk pengguna jalan dari Surabaya menuju Jakarta, untuk kendaraan golongan 1 agar menyiapkan e-toll dengan saldo minimal sebesar Rp 1.000.000.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Imbauan kepada Pengguna Jalan

Rekayasa lalu lintas bersifat situasional sesuai diskresi Kepolisian. Bagi pengguna jalan diimbau untuk selalu berhati-hati di jalan dan mematuhi arahan petugas di lapangan. 

Saat memasuki GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk mematuhi rambu dan arahan petugas karena gangguan sekecil apapun yang terjadi akan berdampak pada arus lalu lintas yang ada dan mengakibatkan antrean.

"Jasa Marga juga memohon kerja sama pengguna jalan untuk tidak berlama-lama di rest area dan memanfaatkan waktu maksimal 30 menit agar bisa bergantian dengan pengguna jalan lainnya dan menyiapkan perbekalan maupun dapat melakukan take away makanan di rest area," pintanya.

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk terus memperbarui informasi perjalanan dengan mengunduh aplikasi Travoy untuk mendapatkan informasi lalu lintas terkini. Informasi lalu lintas terkini juga bisa didapatkan melalui One Call Center Jasa Marga di nomor 14080, Akun X @PTJASAMARGA dan media sosial resmi Jasa Marga.

 

3 dari 4 halaman

Cuma Boleh Istirahat Selama 30 Menit di Rest Area

PT Jasa Marga (Persero) Tbk meminta pemudik memperhatikan batas waktu penggunaan rest area di jalan tol Trans Jawa. Mengingat ada upaya mengurai kepadatan baik di jalanan maupun di kantung-kantung tempat istirahat.

Pemudik yang berkendara di arus balik Lebaran 2024 menuju Jakarta diminta untuk beristirahat maksimal 30 menit di rest area. Tujuannya, agar masih ada waktu untuk bergantian dengan pengendara lainnya yang juga ingin beristirahat di tempat yang sama.

"Saat ini, rest area yang terpantau padat pada arus balik adalah Rest Area KM 62B Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta karena melayani pengguna jalan dari arah Jalan Tol Trans Jawa dan Jalan Tol Cipularang sekaligus. Selain itu, Rest Area KM 97B Jalan Tol Cipularang arah Jakarta juga terpantau padat,” ujar Direktur Utama PT Jasa Marga Related Business (JMRB), Denny Abdurachman dalam keterangannya, Senin (15/4/2024).

Untuk dapat mengoptimalkan kapasitas parkir dan flow kendaraan, pihaknya mengerahkan petugas dan mengatur perambuan keluar masuk rest area. PT JMRB juga telah menambah sejumlah fasilitas, di antaranya menambah hingga 599 bilik toilet fungsional di Rest Area Jasa Marga Group sehingga dapat lebih digunakan optimal oleh masyarakat.

 

4 dari 4 halaman

Alasan Pembatasan Waktu

"Jasa Marga juga mengubah fungsi toilet permanen pria menjadi toilet wanita dan pengunjung pria dapat menggunakan toilet fungsional. Hal ini karena wanita cenderung menghabiskan waktu yang lebih lama di toilet,” ujar Denny.

Denny menegaskan, pembatasan waktu 30 menit dilakukan agar bisa bergantian dengan pengguna jalan lainnya. Ia meminta pengguna jalan untuk membawa perbekalan maupun dapat melakukan take away makanan di rest area.

Jasa Marga memastikan kesiagaan petugas di lapangan untuk melakukan berbagai upaya menjamin kenyamanan pengguna jalan selama arus balik. 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat