uefau17.com

Warga Jakarta Mudik, PT KAI Commuter Prediksi Penumpang KRL Capai 16,4 Juta Orang - Bisnis

, Jakarta - Warga Jakarta dan sekitarnya sudah mulai berbondong-bondong mudik Lebaran pada hari ini. Biasanya dengan budaya mudik Lebaran ini Jakarta bakal lengang. Namun, PT KAI Commuter yakin jumlah penumpang KRL bakal tetap naik pada periode angkutan Lebaran.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menjelaskan, PT KAI Commuter memprediksi jumlah pengguna Kereta Rel Listrik/commuter line(KRL) Jabodetabek mencapai 16,4 juta pada periode angkutan Lebaran yang jatuh pada 5 April sampai 16 April 2024.

Jika dilihat, angka ini naik sebesar 4 persen dari tahun 2023 yakni sebanyak 15,7 juta orang.

"Dengan prediksi 5 stasiun yang akan dipadati oleh pengguna antara lain Stasiun Bogor, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Jakartakota, Stasiun Citayam dan Stasiun Bekasi," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam Press Conference KAI Commuter Angkutan Lebaran 2024, di kawasan Pecenongan, Jakarta, Jumat (5/4).

Selain itu, penumpang Commuter Line Bandara Soekarno-Hatta (Basoetta) juga diperkirakan mencapai 131.000 pada periode lebaran Idulfitri 2204. Angka ini naik sebesar 12 persen dibandingkan periode lebaran 2023 yang mencapai 117.000 penumpang.

"Kenaikan 12 persen ini juga sejalan dengan yang memang kita prediksikan bersama dengan angkasa pura," bebernya.

Selama Angkutan Lebaran ini, KAI Commuter akan mengoperasikan KRL sesuai dengan hari kerja mulai pukul 04.00 Wib hingga 24.00 WIB. Selain itu, KAI Commuter akan mengoperasikan perjalanan Commuter line Jabodetabek sebanyak 1.061 perjalanan per hari untuk seluruh lintas Jabodetabek.

"Untuk puncak pengguna pada masa libur Lebaran kali ini jatuh pada tanggal 14 April, di angka 791.246 orang," imbuh Anne.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Petugas Tetap Siaga

Dari sisi keamanan dan keselamatan, KAI Commuter akan menyiagakan 4.500 orang lebih petugas yang terdiri dari petugas keamanan 3.603 orang (Pegawai Keselamatan & Keamanan, PAM Stasiun, PAM WALKA, BKO Marinir) ditambah 24 personil dari Kepolisian Metrojaya, Lebak dan Bogor.

Selain itu, terdapat fasilitas tambahan pada masa angkutan lebaran Idulfitri 2024. Diantaranya fasilitas air minum gratis, pemasangan tenda di Stasiun Ancol, Stasiun Bekasi, Stasiun Bogor, Stasiun Tangerang, Stasiun Rangkasbitung, Stasiun Serang.

"Terdapat pula pemasangan mihrab dan parket di musholla di sejumlah stasiun dan penambahan toilet portable serta tematik Idulfitri 1445 H," imbuhnya.

KAI Commuter mengimbau kepada pengguna untuk menyiapkan saldo minimum untuk setiap perjalanan menggunakan KRL Jabodetabek.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat