uefau17.com

10 Hal Ini Harus Kamu Pelajari Supaya Melek Finansial - Bisnis

, Jakarta - Beberapa orang cukup beruntung untuk tumbuh dengan orang tua atau guru yang dapat membantu mereka memahami konsep-konsep seperti menabung dan berinvestasi sejak usia muda.

Namun, mengingat lebih dari 1 dari 3 orang dewasa tidak dianggap "melek finansial", menurut jajak pendapat Ipsos tahun 2022, jelas banyak orang tidak mendapatkan pelajaran tersebut sejak dini, bahkan tidak pernah mendapatkannya.

Itulah alasan mengapa Kamaron McNair, seorang reporter, baru-baru ini bergabung dengan reporter ekonomi senior CNBC Steve Liesman, dan wakil editor keuangan pribadi Kelli Grant, untuk berbicara dengan lebih dari 1.000 siswa sekolah menengah di Queens, New York.

Mereka banyak berbagi pengalaman dan keahlian untuk membantu para siswa untuk mendapatkan pemahaman dasar tentang cara kerja uang.

Berikut ini adalah 10 pelajaran keuangan terpenting yang menurut kami perlu diketahui oleh para siswa sekolah menengah atas sebelum mereka lulus:

1. Kenali Tujuan, Nilai, dan Keinginan Anda

Keuangan itu pribadi bersifat pribadi. Bahkan sebelum Anda dapat mulai membuat anggaran dan bekerja untuk mencapai tujuan Anda, Anda perlu menetapkan apa tujuan tersebut. Tujuan tersebut harus penting bagi Anda.

Membeli rumah, misalnya, adalah tujuan keuangan yang sangat umum karena kepraktisan dan potensinya sebagai investasi yang menguntungkan. Namun, jika Anda lebih suka menghabiskan banyak waktu untuk bepergian atau tinggal di tempat yang berbeda, menjadi pemilik rumah mungkin bukan impian Anda.

Jangan merasa tertekan untuk bekerja mencapai pencapaian tertentu yang Anda inginkan dalam hidup, meski itu tidak sesuai dengan pencapaian orang-orang.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Mulai Investasi Sekarang

Dalam hal investasi, waktu yang Anda gunakan untuk berinvestasi di pasar sama pentingnya dengan jumlah uang yang Anda investasikan.

Itu karena bunga majemuk: Uang tunai yang Anda investasikan menghasilkan bunga, yang akan ditambahkan ke investasi awal Anda dan Anda mulai mendapatkan bunga dari bunga tersebut.

Pakar investasi seperti Warren Buffett pun setuju, bahwa Bunga majemuk adalah salah satu cara termudah untuk membangun kekayaan, dan cara memaksimalkannya adalah dengan mempertahankan uang Anda diinvestasikan selama mungkin. Itulah mengapa sebaiknya Anda mulai berinvestasi sesegera mungkin.

3. Bersungguh-sungguh dengan Uang Anda

Hampir semua orang harus mencari cara untuk hidup dengan sejumlah uang. Meskipun Anda memiliki banyak pekerjaan, akan tetap sangat mudah untuk bangkrut atau berakhir dengan kerugian.

Pembelian impulsif memang dirancang untuk menggoda. Luangkan waktu Anda saat berbelanja untuk mempertimbangkan apakah tujuan Anda menggunakan kartu kredit benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Memahami keinginan dan kebutuhan berarti mampu mengidentifikasi hal-hal yang harus Anda belanjakan, seperti tempat tinggal, makanan, dan tagihan, dibandingkan dengan hal-hal yang ingin Anda belanjakan, seperti pariwisata atau konser.

Menuliskan semua hal yang Anda keluarkan dalam sebulan adalah awal yang baik untuk mengidentifikasi ke mana saja uang Anda pergi.

Dari sana Anda bisa melihat dengan tepat berapa banyak yang tersisa setelah kebutuhan Anda terpenuhi. Kemudian Anda bisa memutuskan apa yang harus dilakukan dengan sisanya, atau mencari area di mana Anda bisa mengurangi pengeluaran untuk memenuhi tujuan tertentu.

3 dari 5 halaman

4. Perbanyak Diskusi Tentang Uang

Di masa lalu, sering kali membicarakan tentang uang adalah hal yang tidak disukai. Namun, sikap tersebut membuat masalah keuangan seperti ketidaksetaraan upah dan kurangnya pengetahuan terus berlanjut.

Membicarakan uang dengan orang yang Anda percayai atau teman yang lebih berpengalaman dapat membantu Anda mempelajari konsep-konsep seperti cara menggunakan kartu kredit dengan bijak atau risiko berinvestasi.

Semakin nyaman Anda berbicara tentang uang, semakin mudah bagi Anda untuk membicarakannya ketika ada masalah, seperti saat Anda menegosiasikan gaji atau mengajukan penawaran untuk membeli rumah.

5. Pelajari Cara Bernegoisasi

Semakin cepat Anda menguasai cara bernegosiasi, semakin baik keadaan Anda. Ketika menyangkut uang yang masuk, seperti gaji Anda, dan uang yang keluar, seperti uang sewa rumah, Anda bisa menempatkan diri Anda pada posisi yang lebih baik hanya dengan meminta kesepakatan yang lebih baik.

Negosiasi tawaran pekerjaan pertama bisa jadi mengintimidasi, tetapi Anda tidak akan tahu apa yang bisa Anda dapatkan kecuali Anda bertanya. Jika atasan Anda tidak menawarkan gaji yang lebih tinggi, mintalah tunjangan lain seperti cuti atau bonus penandatanganan.

Demikian pula, saat Anda menyewa apartemen, Anda selalu dapat meminta harga bulanan yang lebih rendah atau agar biaya utilitas sudah termasuk dalam biaya sewa. Seringkali, hal terburuk yang bisa terjadi adalah Anda akan diberi tahu "tidak."

4 dari 5 halaman

6. Jika Tidak Mengerti Sesuatu, Tanyalah

Anda akan menjadi lebih baik dalam mengelola uang jika Anda merasa nyaman untuk bertanya.

Jika gaji Anda tampak lebih rendah dari yang Anda kira, sebaiknya konsultasikan dengan bagian sumber daya manusia Anda untuk memastikan bahwa pemotongan pajak Anda sudah benar.

Mungkin bank atau dokter Anda menagih biaya yang tidak Anda pahami hubungi dan tanyakan apa yang terjadi.

Anda tidak dapat memperbaiki situasi Anda saat ini jika Anda tidak mengerti mengapa Anda berada di dalamnya sejak awal.

7. Belajar dari Kesalahan Anda

Semua orang membuat kesalahan. Itu semua adalah bagian dari proses pembelajaran, selama Anda benar-benar belajar dari kesalahan tersebut.

Tanyakan pada diri Anda mengapa kesalahan itu terjadi dan apakah mungkin Anda bisa mencegahnya. Kemudian, bawa pengetahuan tersebut ke masa depan agar Anda tidak melakukan kesalahan yang sama dua kali.

8. Kelilingi Diri Anda dengan Orang-Orang yang Mendukung Tujuan Keuangan Anda

Jika Anda mencoba menabung untuk perjalanan liburan, namun teman-teman Anda ingin Anda pergi makan malam dan nongkrong setiap akhir pekan dan berbelanja pakaian baru setiap bulan, mungkin Anda akan kesulitan untuk tetap berpegang teguh pada tujuan Anda.

Anda tidak harus berada dalam situasi keuangan yang sama, tetapi teman-teman yang menekan Anda untuk membelanjakan uang yang tidak Anda miliki atau ingin Anda belanjakan bisa jadi akan sangat merugikan Anda.

Sebaliknya, jika Anda memiliki orang-orang dalam hidup Anda yang akan mendorong Anda untuk tetap berpegang teguh pada tujuan Anda dan meminta pertanggungjawaban Anda, maka akan terasa lebih mudah untuk berhasil.

5 dari 5 halaman

9. Temukan Hobi Gratis yang Anda Sukai

Terutama saat Anda belajar mengelola uang dan mulai membangun kekayaan, ada baiknya Anda mencari kegiatan gratis atau berbiaya rendah yang Anda sukai, seperti menghabiskan waktu di alam terbuka, menjadi sukarelawan di lembaga nirlaba lokal, menulis, olahraga, atau membuat karya seni.

Dengan begitu, Anda bisa bersenang-senang dan tetap bergaul dengan orang-orang yang berpikiran sama, saat uang sedang terbatas, atau Anda sedang berusaha menabung untuk masa depan.

10. Kekayaan Sejati Lebih dari Sekadar Uang

Orang yang merasa paling kaya belum tentu orang yang memiliki gaji terbesar.

Pakar keuangan dan orang kaya cenderung setuju: Jika Anda bisa menempatkan diri Anda pada posisi di mana Anda tidak khawatir tentang uang karena Anda memiliki ruang gerak untuk melakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia, Anda cenderung bahagia dan merasa puas.

Hal ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, terutama ketika biaya hidup terus meningkat. Namun, intinya adalah bahwa hal itu mungkin terjadi pada berbagai tingkat pendapatan jika Anda memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk mengelola uang Anda secara efektif.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat