uefau17.com

Taipan Vietnam Ini Jadi Orang Terkaya ke-5 Asia Usai Perusahaan Kendaraan Listrik Melantai di Nasdaq - Bisnis

, Jakarta Salah satu orang terkaya Vietnam Pham Nhat Vuong resmi bergabung dengan jajaran teratas orang terkaya Asia. Saham perusahaan kendaraan listrik miliknya VinFast Auto melonjak 255 persen sejak debut perusahaan di Nasdaq. Alhasil kekayaan bersih miliarder ini melonjak hingga USD 39 miliar atau sekitar Rp 597 triliun.

Melansir Forbes, Jumat (18/8/2023), saham perusahaannya melonjak lebih dari tiga kali lipat ditutup dengan USD 37,06 pada hari perdagangan pertama di bursa, dari intraday tertinggi USD 38,77. Debut pasar yang kuat meningkatkan kekayaan bersih Vuong, pemegang saham pengendali VinFast, menjadi USD 44,5 miliar.

Vuong, yang juga pemilik dari Vingroup, kini menjadi orang terkaya kelima di Asia, menurut data Forbes. Minat Vuong lainnya meliputi real estat, ritel, elektronik konsumen, dan perawatan kesehatan melalui Vingroup, konglomerat terbesar Vietnam berdasarkan nilai pasar.

Di samping itu, VinFast mulai berdagang di New York pada hari Selasa melalui backdoor listing dengan bergabung dengan Black Spade Acquisition Co., sebuah perusahaan akuisisi tujuan khusus atau SPAC yang didirikan oleh taipan kasino Lawrence Ho. Kesepakatan itu awalnya menghargai VinFast sebesar USD 23 miliar.

“Dengan daftar ini kami sekarang memiliki lebih banyak akses ke modal untuk mempercepat misi kami saat melakukan ekspansi internasional dan terus memperkenalkan produk baru untuk membuat EV lebih mudah diakses oleh semua orang,” kata CEO global VinFast Thuy Le setelah membunyikan bel pembukaan pada Nasdaq.

Nilai pasar perusahaan naik empat kali lipat menjadi USD 85 miliar, melampaui kapitalisasi pasar General Motors USD 46 miliar dan Ford USD 48 miliar, sementara tertinggal di belakang kapitalisasi pasar raksasa EV AS Tesla sebesar USD 739 miliar dan rival China BYD USD 93 miliar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membangun Pabrik di North Carolina

Terlepas dari debutnya yang spektakuler, masih harus dilihat apakah reli di VinFast dapat dipertahankan mengingat free float kecil perusahaan. Vuong mengendalikan 99 persen perusahaan melalui kepemilikan saham langsung dan tidak langsung, terutama melalui Vingroup andalannya yang diperdagangkan secara publik dan perusahaan kepemilikan swasta lainnya, menurut pengajuan peraturan.

Dari basis produksinya di kota pelabuhan Hai Phong, sekitar 120 kilometer sebelah timur Hanoi, VinFast dapat memproduksi sebanyak 300.000 mobil setiap tahunnya. Perusahaan mulai mengirimkan kendaraannya ke AS pada bulan November untuk secara langsung menantang Tesla di pasar dalam negerinya. Pengiriman ke Kanada dan Eropa diharapkan akhir tahun ini.

VinFast sedang membangun pabrik di North Carolina yang dapat memproduksi sekitar 150.000 mobil setiap tahunnya pada tahun 2025. Perusahaan tersebut tetap merugi bahkan saat mempercepat ekspansi internasionalnya, membukukan kerugian bersih yang lebih besar sebesar USD 588 juta pada kuartal pertama tahun ini, dibandingkan dengan kerugian 9,7 triliun dong setahun lalu, menurut prospektus listingnya. Pada bulan Mei, mereka menarik kembali beberapa kendaraan karena kesalahan perangkat lunak yang menurut otoritas AS dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat