uefau17.com

Ekspor China Anjlok, Terbesar dalam 3 Tahun - Bisnis

, Jakarta Impor dan ekspor China menurun lebih tajam dari perkiraan bulan lalu karena melemahnya permintaan global mengancam prospek pemulihan ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Melansir BBC, Rabu (9/8/2023) angka resmi menunjukkan bahwa ekspor China turun 14,5 persen pada Juli 2023, dan impor ikut menurun 12,4 persen.

Juli merupakan bulan ketiga berturut-turut menurunnya pengiriman barang-barang China ke luar negeri, juga menandai penurunan paling tajam sejak Februari 2020 di puncak pandemi.

Ekspor ke AS, salah satu pembeli terbesar China, turun 23,1 persen YoY. Uni Eropa juga membeli 20,6 persen lebih sedikit dari negara itu.

Louise Loo dari Oxford Economics mengingatkan bahwa tekanan pada perdagangan luar negeri akan terus berlanjut, karena biaya pinjaman yang lebih tinggi dan biaya hidup yang meningkat membebani aktivitas ekonomi global, mengikis permintaan barang.

"Latar belakang permintaan eksternal China bisa menjadi jauh lebih menantang di kuartal mendatang," katanya.

Angka perdagangan yang suram memperkuat kekhawatiran bahwa pertumbuhan ekonomi negara itu dapat melambat lebih lanjut tahun ini.

Ekonomi China tumbuh 3 persen tahun lalu, terlepas dari perlambatan ketika pandemi melanda, menandai tingkat terlemah sejak tahun 1976. 

Meskipun para pejabat telah melonggarkan pembatasan sejak November 2023, pemulihan ekonomi masih lesu.

Tingkat pengangguran di antara generasi muda di China melebihi 20 persen pada Mei 2023 dan krisis di sektor perumahan telah merusak kepercayaan.

Pertumbuhan ekonomi yang lemah di luar negeri juga telah mengurangi permintaan untuk barang-barang di China, sementara ketegangan geopolitik antara China dan AS dan negara lainnya telah berdampak lebih jauh pada perdagangan, mendorong perusahaan internasional untuk mengalihkan investasi ke luar negeri.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bisa Berdampak ke Ekonomi Global

 

Kepala dana ekuitas untuk perusahaan investasi Hargreaves Lansdown, Steve Clayton melihat bahwa posisi China sebagai importir utama juga berarti kinerja perdagangan yang lamban kemungkinan akan berdampak pada ekonomi global.

"China yang lebih lemah berarti permintaan yang lebih rendah dalam ekonomi global yang lebih luas juga," kata Clayton.

Kesengsaraan China mungkin dirasakan di luar negeri sendiri, menggarisbawahi keterkaitan ekonomi terkemuka dunia," bebernya.

3 dari 4 halaman

Ekonom: Perlambatan Ekonomi China Bisa Berkepanjangan

Ekonom memprediki perekonomian China dapat menghadapi perlambatan yang berkepanjangan.

Mengutip CNBC International, Selasa (25/7/2023) produk domestik bruto China tumbuh sebesar 6,3 persen year-on-year pada kuartal kedua 2023. 

Angka tersebut di bawah ekspektasi pasar untuk ekspansi 7,3 persen setelah ekonomi terbesar kedua di dunia itu mencabut lockdown Covid-19.

Secara triwulanan, output ekonomi China tumbuh sebesar 0,8 persen, lebih lambat dari kenaikan triwulanan 2,2 persen yang tercatat dalam tiga bulan pertama tahun ini.

Sementara itu, angka pengangguran di antara anak muda mencapai rekor tertinggi hingga 21,3 persen di bulan Juni. 

Julian Evans-Pritchard, kepala ekonom China di Capital Economics, mengatakan dalam sebuah catatan bahwa China masih akan menghadapi sejumlah tantangan untuk memulihkan ekonominya.

Tantangan ini termasuk permintaan domestik, masalah keuangan di sektor properti, dan lingkungan eksternal.

"Secara keseluruhan, pertemuan Politbiro memberikan nada dovish dan memperjelas bahwa kepemimpinan merasa lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mendapatkan pemulihan di jalurnya. Ini menunjukkan bahwa beberapa dukungan kebijakan lebih lanjut akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang," kata Evans-Pritchard.

"Tetapi tidak adanya pengumuman besar atau spesifik kebijakan memang menunjukkan kurangnya urgensi atau pembuat kebijakan sedang berjuang untuk menghasilkan langkah-langkah yang sesuai untuk menopang pertumbuhan," sambungnya.

Senada, kepala penelitian China dan Asia di TS Lombard, Rory Green melihat bahwa ekonomi China masih belum pulih dari kejutan akibat  Covid-19 dan lockdown yang berkepanjangan.

"Ada kemungkinan bahwa jika Beijing tidak turun tangan, bagian siklus dari kerusakan siklus Covid-19 dapat sejalan dengan beberapa hambatan struktural yang dimiliki China – terutama di sekitar ukuran sektor properti, terlepas dari ekonomi global, demografi – dan mendorong China ke tingkat pertumbuhan yang jauh lebih lambat," jelasnya.

4 dari 4 halaman

Perlambatan Struktural Jangka Panjang

Kasus dasar TS Lombard adalah stabilisasi ekonomi China di akhir tahun 2023, tetapi ekonomi negara itu diprediksi memasuki pelambatan struktural jangka panjang, meskipun belum menjadi skenario "stagflasi", dan kemungkinan rata-rata mendekati 4 persen pertumbuhan PDB tahunan karena hambatan struktural ini.

Meskipun kebutuhan untuk eksposur ke China masih akan menjadi bagian penting bagi perusahaan internasional karena tetap menjadi pasar konsumen terbesar di dunia, Green mengatakan pelambatan dapat membuat China "sedikit kurang menarik" dan mempercepat "decoupling" dengan Barat dalam hal arus investasi dan manufaktur.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat