uefau17.com

Lolos Kartu Prakerja 58, Ini Tips Pilih Pelatihan Biar Tak Bingung - Bisnis

, Jakarta Hasil seleksi Kartu Prakerja Gelombang 58 telah diumumkan melalui akun Instagram @prakerja.go.id, Rabu (2/8/2023). Setelah diumumkan, para peserta kartu prakerja gelombang 58 diharapkan segera membeli paket pelatihan.

"Mana nih yang lolos gelombang? Coba absen di kolom komentar! Buat yang belum lolos seleksi jangan khawatir. Kamu bisa bergabung lagi di gelombang seleksi selanjutnya ya Sob pastinya dengan ragam pelatihan yang terus bertambah kedepannya!," tulis keterangan dalam postingan tersebut.

Selain itu, peserta yang lolos kartu prakerja gelombang 58 dihimbau untuk segera membeli pelatihan pertama, karena batas waktu pembelian pelatihan di tahun ini untuk semua gelombang hanya 15 hari.

"Kamu hanya punya waktu 15 hari untuk beli pelatihan pertama," tulis @prakerja.go.id.

Namun banyak peserta kartu prakerja yang telah lolos masih bingung dalam menentukan pelatihan, manajemen kartu Prakerja membagikan tips supaya tidak ngeblank ketika beli pelatihan, dikutip melalui Instagram @prakerja.go.id, Senin (25/7/2022).

  1. Tentukan tujuan kamu (mau jadi apa atau mau tambah kompetensi di bidang apa).
  2. Cari pelatihan yang mendukung tujuan kamu
  3. Buat list pelatihan yang kira-kira ingin kamu ambil
  4. Langsung beli pas lolos gelombang

Poin yang ke-5 ini bisa nguntungin kamu: Atur strategi harga pelatihan. Usahakan gunakan saldo pelatihan 1 juta kamu secara maksimal.\

Kepesertaan Kartu Prakerja Dicabut

Jika peserta yang lolos tidak membeli pelatihan sampai 15 hari sejak hari pertama diumumkan. Maka, Kartu Prakerjanya akan dinonaktifkan dan kepesertaan dicabut. Alhasil, peserta tidak akan bisa lagi mengikuti program Kartu Prakerja di gelombang selanjutnya.

Jika kepesertaan dicabut, maka saldo pelatihan akan hangus dan dikembalikan ke rekening Kas Umum Negara (KUN) yang dipegang oleh Bendahara Umum Negara.

Sangat disayangkan apabila insentif Kartu Prakerja sebesar Rp 4,2 juta harus hangus dan dikembalikan ke Rekening Negara. Adapun rincian dari total insentif tersebut peserta akan mendapatkan saldo pelatihan sebesar Rp 3,5 juta yang tidak bisa dicairkan secara tunai, Rp 600 ribu untuk insentif uang tunai, dan Rp 100 ribu untuk insentif pengisian survei.

Cara Beli Pelatihan PrakerjaLantas, bagaimana cara beli pelatihan Prakerja?

Peserta dapat membeli pelatihan Kartu Prakerja di beberapa platform yang sudah bekerja sama, seperti Pintaria, Bukalapak, karier.mu, Pijar Mahir, Siap Kerja, atau Tokopedia. Berikut ini langkah-langkahnya.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beli dan Selesaikan Pelatihan Kartu Prakerja Dapat Voucher Gopay, Begini Caranya

Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja bekerjasama dengan Gopay, sehingga peserta program Kartu Prakerja yang telah lolos kemudian mengikuti dan menyelesaikan pelatihan bisa mendapatkan hadiah voucher senilai Rp 60 ribu dan Rp 310 ribu.

"Buat kamu yang suka dan siap belajar, ada 'hadiah' nih! Prakerja dan Gopay menyediakan voucher senilai 60 ribu dan 310 ribu untuk kamu yang mengikuti dan menyelesaikan pelatihan," tulis @prakerja.go.id, dikutip Sabtu (22/7/2023).

Adapun syarat dan ketentuannya yakni untuk peserta yang mengikuti pelatihan luring atau offline hari pertama bisa mendapatkan voucher Rp 310 ribu. Voucher tersebut bisa digunakan untuk GoCar, GoRide, dan GoFood.

Namun, untuk voucher ini hanya berlaku bagi pengguna baru Gojek, dan voucher berlaku selama 30 hari saja. Peserta dihimbau jangan lupa untuk meredeem vouchernya.

Selanjutnya, peserta yang mengikuti pelatihan luring sampai akhir juga berkesempatan mendapatkan voucher senilai Rp 310 ribu. Voucher ini terbatas untuk 2.000 orang pertama yang sudah menyelesaikan pelatihan, voucher dapat digunakan oleh pengguna setia Gojek atau pengguna baru Gojek, dan voucher juga berlaku selama 30 hari.

Sementara bagi peserta Kartu Prakerja yang mengikuti pelatihan daring akan mendapatkan voucher senilai Rp 60 ribu (khusus untuk pengguna setia Gojek).

 

3 dari 3 halaman

Sambungkan Akun Gopay

Peserta wajib menyambungkan akun Gopay ke akun Kartu Prakerja dan melakukan redeem (ikut pelatihan hari pertama). Voucher ini hanya bisa digunakan untuk GoCar dan GoRide saja.

Lalu, untuk peserta Kartu Prakerja yang mengikuti pelatihan daring dan merupakan pengguna baru Gojek bisa mendapatkan voucher senilai Rp 310 ribu yang bisa digunakan untuk GoCar, GoRide, dan GoFood.

Sebagai informasi, batas waktu pembelian pelatihan pertama Kartu Prakerja adalah 15 hari setelah peserta dinyatakan lolos.

Saldo pelatihan Kartu Prakerja juga memiliki periode kadaluarsa jika peserta tidak membeli pelatihan lainnya dalam 15 hari setelah penyelesaian (hingga pemberian penilaian dan ulasan) pelatihan pertama.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat