uefau17.com

Bukan AI, Inilah Alasan Terbesar Suatu Pekerjaan Hilang Dikalahkan Teknologi - Bisnis

, Jakarta Kekhawatiran tentang teknologi dan alat bertenaga kecerdasan buatan mengambil alih pekerjaan yang saat ini dilakukan oleh manusia telah meningkat sejak ChatGPT menjadi viral akhir tahun lalu.

Seiring popularitasnya yang melonjak, kemampuan dan potensi AI menjadi semakin jelas dan dikenal di kalangan masyarakat. Bersamaan dengan ini, perdebatan telah meletus tentang cara teknologi dapat memengaruhi karier orang.

Sementara itu, para ahli mengatakan bahwa AI pasti akan berdampak pada pekerjaan dan setidaknya sebagian mengotomatiskannya. Mereka juga menunjukkan bahwa kemajuan teknologi sering menciptakan peran baru.

Oleh karena itu, seberapa peduli pekerja seharusnya masih belum jelas. Dan perkembangan teknologi seperti pertumbuhan AI bahkan mungkin bukan faktor terbesar di balik hilangnya pekerjaan di masa depan, menurut laporan HSBC yang baru.

Menggunakan data dari “Laporan Pekerjaan 2023” Forum Ekonomi Dunia, HSBC mencatat bahwa hanya empat tren ekonomi makro yang diperkirakan akan menyebabkan perpindahan pekerjaan. Faktor paling umum yang diharapkan perusahaan untuk menyebabkan hilangnya pekerjaan adalah pertumbuhan ekonomi yang lebih lambat.

Memang, baru bulan lalu Bank Dunia mengatakan pihaknya memperkirakan ekonomi global tumbuh pada tingkat yang jauh lebih lambat dari tahun lalu dengan perkiraan 2,1 persen untuk 2023 dibandingkan dengan 3,1 persen tahun lalu.

“Tantangannya jelas – pertumbuhan ekonomi yang lebih lemah dan kekurangan pasokan atau permintaan secara umum berarti banyak perusahaan berharap untuk beroperasi dengan lebih sedikit pekerja,” kata analis di HSBC dalam laporan tersebut seperti melansri CNBC Make It, Selasa (1/8/2023).

“Tapi penting untuk diingat bahwa tidak semua perubahan ekonomi diharapkan berarti lebih sedikit pekerja,” tambahnya. Perusahaan mengharapkan, misalnya, transisi hijau dan penggunaan standar Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG) untuk menghasilkan lebih banyak pekerjaan.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dampak Teknologi Pada Pekerjaan

“Peningkatan adopsi teknologi baru” adalah pola lain yang diharapkan perusahaan mengarah pada penciptaan lapangan kerja — dan AI adalah bagian dari ini. Bagian bersih lebih dari 20 persen perusahaan mengharapkan AI untuk menambah pekerjaan daripada menggantinya, menurut data Forum Ekonomi Dunia.

Hanya dua faktor terkait teknologi yang diperkirakan akan menyebabkan peran menjadi mubazir, yaitu munculnya robot humanoid dan non-humanoid.

“Sementara AI mendapatkan sebagian besar perhatian saat ini, ada baiknya mempertimbangkan sepenuhnya dampak dari berbagai teknologi di pasar tenaga kerja,” kata HSBC.

Terutama jika menyangkut teknologi, pengaruh perkembangan baru mungkin juga lebih luas daripada sekadar pekerjaan yang digantikan.

“Pertanyaannya adalah apakah kita dapat memiliki pekerja yang cukup dan keterampilan pekerja yang tepat untuk memenuhi kebutuhan baru ini,” tambah HSBC.

Bersamaan dengan pertumbuhan ekonomi yang lebih lambat yang menyebabkan hilangnya pekerjaan, HSBC mengidentifikasi kekurangan pasokan dan kenaikan biaya untuk bisnis, meningkatnya biaya hidup konsumen dan dampak berkelanjutan dari pandemi virus corona.

Temuan itu muncul karena inflasi pada tingkat konsumen dan grosir tetap tinggi di banyak negara di seluruh dunia, meskipun ada indikasi bahwa tekanan dari kenaikan harga mungkin berkurang. Laporan indeks harga konsumen dan produsen AS terbaru datang lebih rendah dari yang diharapkan, dengan indeks harga konsumen mencapai level terendah sejak Maret 2021 secara tahunan di bulan Juni — tetapi masalah tetap ada.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat