uefau17.com

Miliarder Ini Bangun Rumah Doa dan Pusat Islam di Tengah Kompleks Hiburan Inggris - Bisnis

, Jakarta Asif Aziz, seorang taipan properti yang dikenal sebagai 'Mr West End', tengah membangun rumah doa dan pusat Islam dengan tiga lantai di dalam Trocadero, yang terletak di antara Piccadilly Circus dan Soho.

Rumah doa tiga lantai, yang akan memiliki kapasitas 390 jemaah, akan mengisi ruang kosong bekas bioskop Metro yang sudah tutup sejak 2006.

Proposal sebelumnya untuk masjid berkapasitas 1.000 di situs itu ditarik pada 2020 menyusul reaksi keras dari warga serta kelompok sayap kanan. Namun, aplikasi perencanaan untuk pembangunan yang lebih kecil telah disetujui pada akhir Mei oleh Dewan Westminster.

Seorang juru bicara dewan mengonfirmasi kepada The Mail pada hari Minggu bahwa ‘aplikasi perencanaan oleh Aziz Foundation untuk mengubah sebagian London Trocadero telah disetujui oleh komite perencanaan dewan pada Mei 2023'.

Diperkirakan masjid - yang mungkin disebut 'Ruang Sholat Piccadilly' - akan dibuka dalam beberapa bulan. Akan tetapi, para kritikus mempertanyakan apakah itu harus dibangun di daerah yang dipenuhi dengan bar yang menyajikan alkohol, klub malam dan tempat gay Soho dan tempat hiburan telanjang – yang semuanya dijauhi oleh Islam sebagai dosa.

Melansir dailymail.co.uk, Senin (24/7/2023), pria kelahiran Malawi, Aziz, yang memiliki portofolio properti lebih dari £2 miliar dan membeli Trocadero itu sendiri dengan harga lebih dari £220 juta pada 2005, mendirikan masjid melalui cabang amalnya, Yayasan Aziz.

Dibangun pada 1896, Trocadero adalah salah satu kompleks hiburan paling terkenal di pusat kota London dan juga memiliki hotel 11 lantai dengan 490 kamar yang disebut Zedwell. Bangunan itu ditutup pada 1965, mengakhiri hampir tujuh dekade hidupnya sebagai restoran. Kemudian dibuka kembali sebagai ruang pameran pada 1984, mempertahankan fasad baroknya yang terkenal, sebelum atraksi bergaya arcade ditambahkan pada 1996.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ubah Ruang Bawah Tanah Jadi Masjid

Sementara itu, pensponsoran dari Pepsi dan Sega membantu pusat tumbuh secara substansial hingga akhir 1990-an. Pada 1997, Trocadero menjadi rumah bagi bioskop IMAX 3D pertama di Inggris.

Namun, jumlah pengunjung tidak bertambah sejalan dengan investasi, dan Sega mundur dari sponsor pada 1999. Segaworld diubah namanya menjadi Funland, nama yang dipertahankan hingga ditutup pada 2011.

Lima tahun setelah Pepsi mundur dari Trocadero, perusahaan properti Criterion Capital milik Asif Aziz membeli gedung tersebut dan berbagi rencana untuk membangunnya kembali. Dewan Westminster menyetujui keputusan tersebut pada 2012, tetapi Trocadero tidak pernah lagi mencapai ketinggian yang sama.

Pada 2020, rencana akhirnya diajukan untuk mengubah ruang bawah tanah menjadi masjid, yang ditarik pertama kali.

Kini, Aziz Foundation mengatakan masjid tersebut akan melayani umat Islam yang bekerja di daerah tersebut, serta mereka yang mengunjungi London sebagai turis.

Aziz digambarkan sebagai 'tuan tanah paling kejam' di puncak penguncian Covid setelah mengancam penyewa West End, termasuk rantai seperti Caffe Concerto, dengan petisi penutupan jika mereka tidak membayar sewa tepat waktu. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat