uefau17.com

WSBK Bikin Sirkuit Mandalika Rugi Rp 100 Miliar, Erick Thohir Tak Ambil Pusing - Bisnis

, Jakarta Staf Khusus Menteri sekaligus Juru Bicara Menteri BUMN, Arya Sinulingga, tak ambil pusing soal penyelenggaraan World Superbike (WSBK) yang diklaim merugikan Sirkuit Mandalika.

Pasalnya, pemerintah telah menugasi Holding BUMN Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) alias InJourney untuk mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Sementara gelaran WSBK jadi salah satu milestone pembangunannya.

BACA JUGA: VIDEO: Menjajal Mobil Hemat Energi di Shell Eco-Marathon 2024
BACA JUGA: VIDEO: Keselamatan Pengendara Jadi Perhatian Khusus Shell Eco-Marathon 2024
BACA JUGA: VIDEO: Persiapan Tim Peserta Shell Eco-Marathon di Hari Terakhir Techincal Inspection

Baca Juga

  • VIDEO: MGPA Tanggapi Komentar Jokowi Soal Urus Izin MotoGP Susah

  • VIDEO: Puji Shell Eco-Marathon 2024: MGPA: Safety-nya Bagus!

  • VIDEO: Tim Indonesia Sapu Bersih Urban Concept Shell Eco-Marathon 2024

"Saya terangkan mengenai Mandalika. Harus tahu kondisinya. Itu bukanlah pembangunan sirkuitnya. Tapi pembangunan fasilitas, infrastrukturnya," ujar Arya di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (22/6/2023).

Pengembangan KEK dan Sirkuit Mandalika

Arya menceritakan, pengembangan KEK dan Sirkuit Mandalika dilakukan pada saat pandemi Covid-19. Menurut dia, investor kala itu banyak terpukul. Sehingga pemerintah melalui Kementerian BUMN ambil alih untuk masuk ke sana.

"Bayangin, kita baru corona, tiba-tiba kita bikin yang bamanya WSBK. Artinya, BUMN itu masuk ke area orang belum berani masuk, supaya menggerakkan ekonomi," ungkap dia.

"Ada fasilitas yang mustinya investor masuk. Tapi karena corona, mereka enggak siap. Maka BUMN masuk, membangun infrastruktur yang mustinya dibangun investor," kata Arya.

Menurut dia, kehadiran ajang balap internasional tersebut jadi momentum untuk mendorong pariwisata. Sehingga dunia internasional melirik Indonesia bahwa infrastruktur pariwisata Tanah Air siap untuk menyambut kunjungan turis mancanegara. "Jadi ada yg namanya rugi, wajar itu. Promosi pertama pasti rugi. Kalau semua untung, semua pasti bahagia. Itu bukan soal kerugian, ini soal penugasan," tegas Arya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

WSBK Timbukna Kerugian Rp 100 Miliar

Sebelumnya, Direktur Utama InJourney Dony Oskaria mengungkapkan, gelaran balap WSBK itu menimbulkan kerugian Rp 100 miliar. Pasalnya, ajang tersebut tidak menarik bagi investor untuk menjadi sponsor.

"WSBK ini menunjukkan kerugian, sehingga apa yang kami lakukan adalah kami akan bernegosiasi untuk menghilangkan WSBK ini," ujar Doni dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI beberapa waktu lalu.

Dony menyebut, bila penyelenggaraan WSBK dihilangkan, maka bisa membantu menurunkan beban perusahaan. Pasalnya, kerugian yang ditimbulkan tidak akan membengkak tiap tahunnya dibandingkan bila event tersebut dipertahankan.

"Nanti WSBK ini akan turun, akan kita hilangkan, sehingga tidak muncul biaya di dalam penyelenggaraan WSBK yang itu sebetulnya event-nya tidak menarik secara sponsorship," jelasnya.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Sandiaga Uno Minta InJourney Pikir Ulang Rencana Hapus WSBK di Mandalika

Sebelumnya, Holding BUMN pariwisata InJourney berencana untuk mundur dari tuan rumah World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika pada tahun depan. Langkah ini untuk menyehatkan keuangan perusahaan.

Namun, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meminta InJourney melakukan kajian menyeluruh terkait rencana penghapusan ajang balap motor World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika tersebut.

“Jadi ini perlu dikaji lebih menyeluruh karena dengan event yang lebih banyak di Mandalika kita harapkan justru Mandalika tumbuh dan berkembang,” ujar Sandiaga dikutip dari Antara, Senin (19/6/2023).

Terkait kerugian yang diderita penyelenggara, Sandiaga menyebut hal ini dapat diminimalisir dengan penghitungan secara tepat.

“Terkait penyelenggaraan, itu business to business (b to b), dan apabila penyelenggaraan itu dilakukan dengan penuh profesionalisme dan perhitungan yang tepat, karena di WSBK, MotoGP pada 2022 itu kami pemerintah yang membayar, Kemenparekraf yang membayar saat itu,” tambahnya.

Sandiaga Uno pun mendorong Indonesia tak hanya bergantung pada ajang balap internasional, namun juga mampu melahirkan ajang balap lokal yang dapat digelar di sirkuit Mandalika yang diresmikan pada November 2021.

4 dari 4 halaman

Rugi Bandar, InJourney Bakal Hapus Event WSBK dari Sirkuit Mandalika

Holding BUMN pariwisata InJourney tengah putar strategi untuk menyehatkan perusahaan yang mengelola Sirkuit Mandalika, yaitu Mandalika Grand Prix Association (MGPA). MGPA saat ini disebut-sebut tengah menelan kerugian dari pegelolaan Sirkuit Mandalika.

Sirkuit Mandalika sendiri tahun ini kembali menjadi tuan rumah ajang balapan internasional bergengsi, yaitu World Superbike dan MotoGP. Hanya saja, event besar itu ternyata tidak banyak membantu MGPA untuk mendapat keuntungan.

Direktur Utama (Dirut) InJourney Dony Oskaria menjelaskan, untuk meminimalisir kerugian, dirinya tengah mengusulkan untuk mundur dari tuan rumah WSBK tahun depan.

"Kerugian tebesar di Mandalika itu di WSBK. Kami akan negosiasi menghilangkan WSBK. Jadi nanti cost kita akan turun. Karena jujur itu eventnya tidak menarik," tegas Doni saat RDP dengan Komisi VI DPR RI, Rabu (14/6/2023).

Dengan menghapus WSBK dari event tahunan di Sirkuit Mandalika, Doni menyebut mampu mengurangi cost yang timbul mencapai Rp 100 miliar.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat