uefau17.com

Terakhir Malam Ini, Simak Cara Beli Pelatihan Kartu Prakerja Gelombang 53 - Bisnis

, Jakarta Kartu Prakerja mengingatkan para peserta gelombang 53 untuk membeli pelatihan pertama yang akan jatuh tempo pada Rabu malam, 7 Juni 2023.

"Besok malam pukul 23.59 WIB adalah BATAS AKHIR pembelian pelatihan pertama untuk peserta Gelombang 53!," demikian unggahan Kartu Prakerja di akun Instagram resminya @prakerja.go.id, dikutip Rabu (7/6/2023).

"Beli pelatihan sekarang juga supaya saldo pelatihan kamu tidak hangus dan kepesertaanmu tidak dicabut. Sayang kan, udah dapet kesempatan tapi terbuang sia-sia?," jelasnya.

Sebagai informasi, batas waktu pembelian pelatihan pertama Kartu Prakerja adalah 15 hari setelah peserta dinyatakan lolos.

Saldo pelatihan juga memiliki periode kedaluwarsa jika peserta tidak membeli pelatihan lainnya dalam 15 hari setelah penyelesaian (hingga pemberian penilaian dan ulasan) pelatihan pertama.

Maka dari itu, jika dilihat daritanggal pengumuman kelolosan peserta Kartu Prakerja gelombang 53, maka masih tersisa waktu untuk membeli pelatihan hingga 7 Juni 2023 pukul 23.59 WIB.

Cara membeli pelatihan Kartu Prakerja di Tokopedia

diansir dari laman prakerja.go.id, berikut cara membeli pelatihan Kartu Prakerja melalui platform ecommerce Tokopedia :

  1. Buka aplikasi Tokopedia dan pastikan nomor handphones Anda udah terverifikasi.
  2. Ketik "Kartu Prakerja" di kolom pencarian.
  3. Pilih kategori pelatihan dan pilih lembaga pelatihan yang dinginkan atau diminati.
  4. Selanjutnya, kik "lihat detail" pada kelas yang diminati untuk mencari tahu informasi terkait, termasuk cara menukarkan kode voucher.
  5. Klik beli, jangan lupa masukkan kode promo bila tersedia.
  6. Setelah itu, pilih "Lihat Semua" pada metode pembayaran.
  7. Kemudian pilih "Kartu Prakerja" pada bagian Program Pemerintah.
  8. Masukkan 16 digit nomor Kartu Prakerja dan lakukan verifikasi melalui SMS.
  9. Setelah transaksi berhasil, cek kode voucher padaH istori Transaksi Top Up dan Tagihan atau pada email yang terdaftar di Tokopedia.
  10. Lakukan penukaran kode voucher dengan mengikuti langkah di halaman kelas/lembaga Kartu Prakerja yang sudah dibeli vouchernya. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membeli Pelatihan Kartu Prakerja di Bukalapak

Berikut cara membeli pelatihan Kartu Prakerja melalui platform Bukalapak, dilansir dari laman resmi Bukalapak :

1. Pertama, buka aplikasi Bukalapak lalu ketik "Prakerja" di tab pencarian.

2. Pilih jenis kursus sesuai minat dan bakat Anda. Kursus bisa diurutkancberdasarkan harga termurah,ctermahal, atau kelas terbaru.

3. Cek detail kurikulum kursus dan ulasan.

4. Kalau sudah OK klik "Ya" pada Syarat dan Ketentuan.

5. Masukkan nomor Kartu Prakerja yang sesuai, untuk kemudian diverifikasi oleh sistem.

6. Selanjutnya, lakukan pembayaran. Jika sukses, kode OT akan dikirim ke nomor HP yang terdaftar di Kartu Prakerja Anda.

7. Masukkan 5 huruf sandi yang dikirim ke nomor HP terdaftar. Kemudian klik tombol "Verifikasi". 

8. Kemudian, Anda akan mendapatkan kodecuntuk dipakai di situs penyedia kursus.

9. Untuk melihat kode kupon, cek "Detail Tagihan" atau e-mail Anda. 

10. Gunakan voucher Anda dengan mengikuti langkah berikut : 

- Masuk ke website/aplikasi penyedia kursus.

- Daftar atau login dan masukan kode voucher Kartu Prakerja.

- Klik kelas yang sudah dibeli.

- Ikuti kelasnya

- Sertifikat kursus akan ditampilkan di dashboard Prakerja setelah Anda menyelesaikan kursus.

3 dari 4 halaman

24 Persen Peserta Kartu Prakerja yang Menganggur Sudah Kerja atau Jadi Wirausaha

Sebanyak 24 persen peserta Program Kartu Prakerja skema normal di 2023 mengalami peningkatan kebekerjaan setelah mengikuti pelatihan.

“Ini (terhitung) satu bulan setelah peserta mendapat insentif. Jadi ketika ditanya kepada mereka yang masih berstatus menganggur, apakah peserta sekarang sudah bekerja atau berwirausaha, yang menjawab sebanyak 24 persen,” ungkap Direktur Eksekutif Prakerja Denni Puspa Purbasari dalam konferensi pers Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja di Jakarta, Rabu, 31 Mei 2023.

“Ini merupakan angka yang menggembirakan karena menandai bahwa Kartu Prakerja dalam waktu yang relatif cukup singkat mampu mendorong kebekerjaan dari para peserta Program Kartu Prakerja,” sambung.

Dalam kesempatan itu, Denny juga mengungkapkan bahwa kualitas pelatihan Kartu Prakerja semakin meningkat. Hal itu ditandai dengan kepuasan peserta yang semakin meningkat.

Kartu Prakerja mencatat, Net Promotor Score (NPS) pelatihan Prakerja semi bansos pada tahun 2020-2022 mencapai 33 NPS. Ini menandai kemajuan yang signifikan karena memasuki kategori NPS yang tinggi.

Sebagai informasi, Net Promotor Score (NPS) merupakan skor yang hasilnya mencerminkan loyalitas konsumen. Skala angka NPS adalah dari 10 - 100.

Kemudian pada skema normal tahun 2023, NPS Pelatihan Prakerja berlanjut naik ke angka 33.

“Dari data ini, persepsi dari penerima Kartu Prakerja mengungkapkan puas terhadap pelatihan di Program Kartu Prakerja yang ditandai dengan Net Promotor Score (NPS),” jelas Denni. 

4 dari 4 halaman

Gelombang Kartu Prakerja 2023 Kini Dibuka Reguler Tiap 2 Pekan

Program Kartu Prakerja menjadi yang paling ditunggu masyarakat. Kabar terbaru, pembukaan gelombang kartu prakerja 2023 akan dibuka secara reguler setiap dua pekan.

Pembukaan gelombang Kartu Prakerja secara reguler pun akan dimulai mulai Jumat besok, 2 Juni 2023.

"Setelah kita melihat skema normal dalam pelaksanaan Kartu Prakerja selama tiga bulan ini, kita confident akan membuka gelombang Program Kartu Prakerja secara reguler per dua minggu,” kata Direktur Eksekutif Prakerja Denni Puspa Purbasari dalam konferensi pers Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja di Jakarta, Rabu, 31 Mei 2023.

Gelombang reguler Kartu Prakerja ini nantinya akan dibuka setiap hari Jumat siang pukul 12.00 WIB hingga Senin malam pukul 23.59.

“Ini untuk pembukaan gelombang, tapi untuk pendaftaran akun bisa dilakukan kapanpun dalam tujuh hari 24 jam,” ujarnya.

Dikatakan bahwa pembukaan gelombang Kartu Prakerja akan terus diumumkan di platform media sosial dan website resminya Prakerja.go.id.

Denni pun mengajak masyarakat yang berminat mendaftar Kartu Prakerja untuk segera membuat akun agar dapat mengikuti pendaftaran di akhir pekan ini.

“Dengan dibuka gelombang (kartu prakerja) dan ditetapkan peserta setiap dua mingguan, para peserta yang belum lolos jadi tidak lupa untuk terus ikut gabung secara reguler. Hanya satu klik saja, sudah memastikan agar mereka ikut diperhitungkan dalam penetapan peserta di gelombang berikutnya,” kata Denni.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat