uefau17.com

Puncak Arus Balik Lebaran 2023, 80 Ribu Mobil Lalui Gerbang Tol Kalikangkung pada Selasa 25 April 2023 Malam - Bisnis

, Jakarta - Sebanyak 80 ribu mobil melewati Gerbang Tol Kalikangkung Semarang pada Selasa 25 April 2023 malam. Trafik kendaraan yang keluar dari Gerbang Tol Kalikangkung ini merupakan puncak arus balik Lebaran Idul Fitri 2023.

"Kami mencatat kendaraan yang keluar dari GT Kalikangkung pada 25 April 2023 malam mencapai 80 ribu. Itu adalah puncak arus balik," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang Endro P Martanto dikutip dari Antara, Rabu (26/4/2023).

Ia memprediksi jumlah kendaraan yang keluar dari GT Kalikangkung pada Rabu ini akan semakin berkurang dan kembali normal karena puncak arus mudik telah terlewati.

"Dan hari ini prediksi kami tinggal sedikit saja dan kemungkinan nanti siang atau sore kembali normal," ujarnya.

Diakuinya, kenaikan jumlah pemudik ke Jawa Tengah pada Lebaran tahun ini memang lebih banyak dua kali lipat dibandingkan dengan Lebaran tahun-tahun, namun seluruh jajaran terkait mampu mengendalikan keramaian pemudik.

Keramaian Semarang

Untuk keramaian di jalan dalam Kota Semarang, kata dia, terjadi di pusat oleh-oleh dan tempat wisata, seperti Jalan Pandanaran, tetapi keramaian kendaraan masih terkendali dengan baik.

Terbukti, pada tahun ini tidak dilakukan pengalihan arus (contraflow), sebagaimana dilakukan pada Lebaran tahun lalu untuk mengurai kepadatan kendaraan pemudik.

"Itu artinya, tahun ini kepadatan pemudik lebih terkendali," katanya.

Endro menilai kunci keberhasilan dalam mengendalikan pemudik adalah ditutupnya akses keluar tol menuju ke pusat Kota Semarang dan diarahkan langsung ke arah barat atau keluar kota.

"Dengan rekayasa lalu-lintas tol yang tidak boleh mengarah masuk ke dalam kota yang membuat situasi kepadatan di dalam kota masih terkendali," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

One Way di Tol Japek Diperpanjang hingga Hari Ini 26 April 2023 Pukul 24.00 WIB

Pemberlakuan sistem lalu lintas one way atau satu arah pada arus balik alebaran 2023 diperpanjang hingga Rabu, 26 April 2023 pada pukul 24.00 WIB. Sistem one way ini diterapkan dari arah timur ke barat atau dari KM 414 Kalikangkung menuju KM 72 Cikampek untuk memecah kepadatan lalu lintas ke arah Jakarta.

"Kawan JM, atas diskresi Kepolisian One Way dari KM 414 GT Kalikangkung s.d KM 72 Jalan Tol Jakarta Cikampek arah Jakarta diperpanjang hingga Rabu, 26 April 2023 Pukul 24.00 WIB," dikutip dari instagram resmi @jasamarga, Rabu (26/4/2023).

Sebelumnya, Korlantas Polri menjelaskan, perpanjangan penerapan rekayasa lalu lintas one way ini disesuaikan dengan peningkatan jumlah volume kendaraan yang melintas di Tol Trans Jawa dari arah timur Semarang menuju Jakarta dan sekitarnya.

 

3 dari 3 halaman

Tetap Hati-Hati

Sebagai informasi, rekayasa lalu lintas one way ini telah diberlakukan sejak Senin (24/4/2023) pukul 14.00 WIB tadi dari Km 414 Gerbang Tol Kalikangkung sampai dengan Km 72 Tol Cikampek.

Lalu dilanjutkan dengan rekayasa contra flow dua lajur dari KM 72 sampai dengan KM 47 ruas Tol Jakarta Cikampek (Japek).

Lebih lanjut, Jasa Marga menyampaikan, sebelumnya rekayasa lalu lintas one way pada arus balik lebaran yang dijadwalkan selesai pada pukul 24.00 WIB hari ini (25 April 2023), namun masih akan terus dilanjutkan sampai Rabu (26 April 2023) pukul 24.00 WIB.

Namun, apabila pada periode tiga jam sebelum jadwal pengakhiran tersebut masih terdapat peningkatan volume lalu lintas yang signifikan ke arah Jaya, maka dapat dimungkinkan terjadi penyesuaian kembali jadwal pengakhiran rekayasa lalu lintas one way di tol.

"Tetap Berhati-hati dalam berkendara, utamakan keselamatan. Dan ikuti arahan petugas kami di lapangan," tulis Jasa Marga. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat