uefau17.com

Kenalkan Rafaela Aponte, Wanita Terkaya di Dunia Berharta Rp 464 Triliun - Bisnis

, Jakarta Jika Bernard Arnault jadi miliarder terkaya di dunia, dari kalangan wanita ada Rafaela Aponte yang memperoleh gelar wanita terkaya di dunia buatan sendiri. Kekayaan maestro perkapalan satu ini bersama dengan suaminya Gianluigi telah meroket menembus angka USD 46 miliar atau sekitar Rp 686 triliun.

Pada Januari 2022, saat peti kemas menumpuk di pelabuhan padat Long Beach dan Los Angeles di California—dua pelabuhan tersibuk di AS—perubahan penting sedang terjadi di industri perkapalan. Mediterranean Shipping Company (MSC) yang berbasis di Swiss telah mengambil alih perusahaan raksasa Denmark Maersk yang diperdagangkan secara publik sebagai jalur pelayaran terbesar di dunia berdasarkan kapasitas peti kemas.

Dari kantor pusatnya di Jenewa, MSC mengendalikan 730 armada kapal yang dapat membawa lebih dari 4,8 juta kontainer, menurut database pengiriman Alphaliner. Perusahaan tidak mempublikasikan keuangan, tetapi pakar pengiriman John McCown memperkirakan bahwa MSC menghasilkan pendapatan lebih dari USD 28 miliar pada 2022, menempatkannya di posisi depan Maersk. Tidak seperti pesaing Denmarknya, MSC merupakan perusahaan swasta yang dimiliki bersama oleh pasangan suami-istri Gianluigi dan Rafaela Aponte.

Sejak 2019, Apontes telah menuai hasil dari ledakan yang didorong oleh pandemi karena telah menambahkan miliaran dolar ke kekayaan dinasti perkapalan di seluruh dunia. Kekayaan mereka hampir seluruhnya terikat pada MSC, yang selain operasi pelayaran peti kemasnya juga memiliki jalur pelayaran liburan MSC Cruises, bisnis kargo darat Medlog dan operator terminal peti kemas Terminal Investment Limited.

Forbes sekarang memperkirakan bahwa Gianluigi dan Rafaela masing-masing bernilai USD 31,2 miliar atau sekitar Rp 464,9 triliun, naik dari USD 8,4 miliar pada 2022. Kekayaan itulah yang berhasil membuat Rafaela menjadi wanita mandiri terkaya di dunia berkat 50 persen sahamnya di MSC.

Dia berada di peringkat ke-43 dalam Daftar Miliarder Dunia 2023 Forbes. Dia juga tampaknya menjadi pendiri wanita dengan peringkat tertinggi sepanjang masa.

Secara keseluruhan hanya 96 miliarder wanita yang memperoleh kekayaannya sendiri, meskipun beberapa orang seperti Aponte membangun bisnis bersama suami atau saudara laki-laki. Ada 241 wanita lainnya di barisan itu mewarisi setidaknya sebagian. Wanita mandiri menghasilkan hanya 3,6 persen dari miliarder dunia. Namun, itu lebih dari dua kali lipat persentase belasan pada tahun yang lalu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kisah Apontes Bersama Gianluigi Dirikan Perusahaan

Apontes pertama kali bertemu suaminya dalam perjalanan perahu ke pulau Capri Italia pada 1960-an. Gianluigi menjadi seorang kapten kapal yang mengangkut turis dari kota pelabuhan Naples—dekat tempat kelahirannya, kota kecil Sant'Agnello—ke resor pulau di dekatnya. Sementara Rafaela merupakan putri seorang bankir Israel yang berbasis di Swiss.

Pada 1970, Gianluigi telah berhenti dari pekerjaannya di bank dan pasangan itu memperoleh pinjaman USD 200.000 untuk membeli kapal pertama, sebuah kapal kargo kecil bernama Patricia. Mereka kemudian meluncurkan MSC di Jenewa pada tahun yang sama dan berkembang dengan membeli kapal bekas dan menargetkan rute yang lebih sedikit diperdagangkan, seperti dari Eropa ke Afrika. Kapal kedua mereka diberi nama Rafaela. Alhasil pada 1979 mereka telah mengumpulkan 17 kapal.

Selama bertahun-tahun, MSC tumbuh menjadi salah satu perusahaan pelayaran terbesar di dunia. Pada 1988, mereka berkembang menjadi kapal pesiar dengan mengakuisisi kapal Monterey. MSC Cruises sekarang menjadi salah satu perusahaan pelayaran terbesar di dunia, bersaing dengan tiga perusahaan lain yang diperdagangkan secara public yaitu Karnaval, Royal Caribbean, dan Norwegia.

Pada tahun yang sama, mereka juga meluncurkan Medlog, sebuah perusahaan logistik darat. Pada 2000, MSC memasuki terminal peti kemas, mendirikan Terminal Investment Limited. Pada 2010-an, barulah mereka berkembang menjadi feri penumpang di Mediterania.

 

 

3 dari 3 halaman

Manfaatkan Peluang

Ketika tarif pengiriman peti kemas melonjak dari 2020 hingga 2022, hal itu membengkakkan pundi-pundi MSC. Kemudian Apontes mulai menggunakan sebagian dari uang ekstra itu untuk melakukan beberapa akuisisi. Pada Juni 2021, mereka akhirnya membeli kembali 10 persen saham Terminal Investments Limited seharga USD 1,6 miliar, dua tahun setelah menjual saham minoritas ke dana kekayaan negara Singapura.

Selanjutnya tiga bulan kemudian mereka mengakuisisi 74 persen saham di perusahaan logistik publik Brasil Log-In Logistica seharga USD 314 juta. Tiga bulan setelah itu datanglah kesepakatan terbesar mereka dalam beberapa tahun dengan tawaran USD 6,4 miliar untuk mengambil alih operasi transportasi dan logistik Afrika dari konglomerat Prancis Bolloré Group, yang dipimpin oleh sesama miliarder Vincent Bolloré . Kesepakatan itu akhirnya ditutup setahun kemudian pada Desember 2022, dengan MSC menghabiskan USD 6 miliar untuk merebut Bolloré Africa Logistics.

Lebih dari lima dekade sejak berdirinya MSC, keluarga masih memegang kendali ketat atas perusahaan. Gianluigi dan Rafaela adalah satu-satunya pemegang saham dengan masing-masing bernilai 50 persen saham. Gianluigi menjadi ketua eksekutif perusahaan dan putra mereka yaitu Diego menjadi presiden. Sementara Rafaela bertugas di dewan MSC Foundation dan bertanggung jawab untuk mendekorasi kapal pesiar.

Meskipun tidak memiliki posisi formal di kerajaan MSC, Rafaela telah berperan penting dalam pertumbuhan perusahaan, menurut Dominique Denat, yang meminjamkan uang kepada Apontes untuk membeli kapal pertama mereka pada 1970. “Perannya sangat menentukan,” katanya

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat