uefau17.com

Cuma 35 Menit ke Bandara Yogyakarta, 1.000 Tiket KA Bandara Ekspres Ludes Terjual - Bisnis

, Jakarta PT Railink sebagai pengelola kereta api bandara di Yogyakarta dan Medan terus menambah layanan bagi pengguna. Salah satunya dengan menghadirkan KA Bandara YIA Xpress.

Ini merupakan layanan terbaru yang menawarkan perjalanan yang lebih singkat dari kereta bandara reguler yang sudah beroperasi. Layanan baru, termasuk tambahan jadwal disebut untuk mewadahi permintaan masyarakat yang meningkat.

“KAI Bandara YIA memberikan tambahan layanan terbaiknya dalam bentuk menambahkan perjalanan KA Bandara sebanyak 12 Jadwal keberangkatan dengan fasilitas yang berbeda dari KA Bandara regular sebelumnya guna memenuhi kebutuhan masyarakat atas KA Bandara YIA”, ujar Direktur Utama Railink, Porwanto Handry dalam keterangannya, Jumat (7/4/2023).

Tak hanya memberikan tambahan jadwal perjalanan, YIA Xpress juga memberikan beberapa layanan termasuk kapasitas angkut 100 persen, waktu tempuh hanya 35 menit tanpa berhenti di Stasiun Wates.

Fasilitas lainnya adalah penumpang dapat menukar tempat duduk, dan dapat melakukan pengembalian dana dengan syarat dan ketentuan berlaku.

“Tiket YIA Xpress yang baru saja diinfokan kepada publik sejak 4 April 2023 saat ini sudah terjual sebanyak 1000 Tiket. YIA Xpress juga diprediksikan 45.600 tiket akan habis terjual selama angkutan lebaran 2023," tambah Porwanto.

Jadwal YIA Xpress

Berikut ini Jadwal pertama KA Bandara YIA Xpress dimulai keberangkatan pada Kamis, 6 April 2023. Dengan jadwal pertama keberangkatan dari Stasiun Yogya pukul 05.00 WIB menuju stasiun YIA dan pukul 6.15 WIB keberangkatan dari stasiun YIA menuju stasiun Yogya.

Untuk harga tiket KA Bandara YIA Xpress Rp 50.000/Orang dengan ketersediaan kursi sebanyak 2400 dalam sehari.

"Dengan harga YIA Xpress Rp 50.000 per Orang, penumpang sudah dapat merasakan kecepatan, kenyamanan dengan waktu yang fleksibel”, tutup Porwanto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Naik 200 Persen

Kereta Api (KA) Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) dan KA Bandara Kualanamu Medan tengah bersiap menghadapi angkutan Lebaran 2023.

Direktur Utama PT Railink Porwanto Handry memperkirakan, jumlah penumpang selama musim mudik dan Lebaran nanti akan naik hingga di atas 200 persen.

"KAI Bandara memprediksi jumlah penumpang KA Bandara YIA mencapai 172.409 selama angkutan lebaran 2023. Jumlah penumpang tersebut naik 234 persen jika dibandingkan dengan angkutan lebaran 2022, dan akan ditambahkan juga 12 perjalanan KA pada angkutan lebaran 2023 ini guna memenuhi permintaan masyarakat," jelasnya dalam keterangan tertulis, Rabu (22/3/2023).

Tak hanya KA Bandara YIA, KA Bandara Kualanamu Medan juga diprediksi mengalami kenaikan penumpang hingga 29.257 orang selama angkutan Lebaran 2023. Porwanto menyebut, jumlah itu naik 144 persen dibandingkan angkutan Lebaran 2022 lalu.

"Sehingga puncak angkutan lebaran akan terjadi diperkirakan pada H-3 Lebaran dan H+5, H+6, dan H+7," imbuh Porwanto.

 

3 dari 3 halaman

Inspeksi Kelayakan

Persiapan lainnya yang dilakukan menghadapi lebaran, PT Railink dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub melaksanakan ramp check atau inspeksi kelengkapan, pelaksanaan posko angkutan lebaran, dan penambahan perjalanan 12 KA untuk Bandara YIA.

Selain itu juga menyiapkan sarana yang handal, dan cadangan sarana yang siap operasi. PT Railink juga senantiasa berkoordinasi dengan PT KAI (Persero) untuk kondisi dari prasarana perkeretaapian, peningkatan pengawasan, hingga pelayanan safety talk.

Untuk tiket KA Bandara YIA perharinya saat ini disediakan 7.200 tiket, akan bertambah menjadi 9.600 tiket pada masa angkutan lebaran 2023 mendatang. Sedangkan KA Bandara Medan per harinya disediakan 4.128 tiket.

"Dengan adanya persiapan yang dilakukan PT Railink ini semoga membantu memudahkan perjalanan mudik masyarakat, khususnya yang menggunakan KA Bandara Yogya dan Medan," pungkas Porwanto.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat