uefau17.com

LAN Raih 10 Besar Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran Kementerian/Lembaga 2022 Terbaik - Bisnis

, Jakarta Lembaga Administrasi Negara (LAN) memperoleh Nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Tahun 2022 95,83. Hal ini tertuang dalam Nota Dinas Menteri Keuangan Nomor : S-207/MK.05/2023 perihal Penyampaian Nilai (IKPA) Belanja K/L Tahun Anggaran 2022.

Nilai IKPA tersebut yang menjadikan LAN mendapatkan predikat Sangat Baik dari Kementerian Keuangan Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB) dan berada di 10 besar dari seluruh Kementerian /Lembaga di Indonesia.

Sekretaris Utama LAN, Dra. Reni Suzana, MPPM menyampaikan rasa syukur atas penghargaan tersebut dan berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja LAN ke depannya.

Hal ini juga menunjukkan bahwa LAN memiliki pengkoordinasian serta sistem pengawasan yang baik selama pelaksanaan anggaran. Dalam pengelolaan anggaran, sistem pengawasan yang ketat sangat diperlukan agar tidak terjadi kesalahan atau penyalahgunaan, sehingga anggaran dapat dikelola dengan baik dan tidak terjadi kesalahan.

“Hasil ini merupakan hasil kerja keras dan dedikasi dari seluruh pegawai LAN yang terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pengelolaan anggaran. LAN memiliki tanggung jawab untuk mengelola anggaran yang di dapat dengan baik sehingga setiap rupiah uang negara yang dikeluarkan dapat memberikan dampak sesuai dengan tugas dan fungsi LAN. Alhamdulilah Nilai IKPA LAN diatas rata rata IKPA K/L yang mencapai nilai sebesar 94,07 (dari skala 100),” lanjut Reni Suzana, Selasa (21/3/2023).

Sekretaris Utama LAN juga menyampaikan penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran LAN dilakukan oleh Kementerian Keuangan sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 195/PMK.05/2018 tentang Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Belanja K/L, dan Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor PER-5/PB/2022 tentang Petunjuk Teknis Penilaian IKPA Belanja K/L.

Dimana penilaian itu sendiri dilakukan melalui Aplikasi Online Monitoring-Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OMSPAN).

“Dalam meraih 10 besar dengan nilai IKPA terbaik ini, LAN telah memenuhi tiga aspek pengukuran yang terdiri dari delapan indikator kinerja yang di tetapkan oleh Kemenkeu. Ketiga aspek itu adalah kualitas perencanaan anggaran, kualitas pelaksanaan anggaran, dan kualitas hasil pelaksanaan anggaran,” lanjut Reni Suzana.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berbagai Indikator

Masing masing aspek yang disebutkan tadi, juga terdiri dari beberapa indikator. Yang pertama spek kualitas perencanaan anggaran, terdiri dari dua indikator yaitu revisi anggaran dan deviasi terhadap rencana penarikan dana bulanan.

Kemudian aspek kualitas pelaksanaan anggaran, terdiri dari lima indikator, yaitu penyerapan anggaran, belanja kontraktual, penyelesaian tagihan, pengelolaan Uang Persediaan (UP), dan dispensasi keterlambatan atas penyampaian Surat Perintah Membayar (SPM) pada akhir tahun anggara. Aspek yang terakhir yaitu kualitas hasil pelaksanaan anggaran terdiri dari 1 indikator, yakni kinerja Capaian Output.

Terakhir Reni Suzana menyampaikan LAN akan terus meningkatkan kinerja pengelolaan anggaran LAN sebagai bentuk tanggung jawab penggunaan anggaran.

"Terakhir kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pegawai LAN dan juga stakeholder terkait. Tentunya ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kinerja kami." tutup Sekretaris Utama LAN.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat