uefau17.com

4 Tips Jitu Sukses Jadi Pengusaha Bisnis Ritel di 2023 - Bisnis

, Jakarta Evolusi bisnis yang semakin cepat menyebabkan perubahan besar dalam industri ritel. Terlepas dari masa depan toko ritel fisik, e-niaga akan kian diminati para pelanggan. Hal itu membuat para pengecer harus mampu menyeimbangkan diri agar sukses menjalankan bisnis ritel di tahun ini.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh eMarketer dan Statista, penjualan ritel online global mencapai USD 6,51 triliun tahun ini. Melansir Enterpreneur, Kamis (16/2/2023), berikut ini empat tips yang bisa dicoba bagi para pengecer agar membantu menetapkan arah yang jelas menuju kesuksesan.

1. Memiliki pemahaman mendalam tentang hal yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan

Setiap pasar kompetitif. Jadi, jika Anda tidak dapat menawarkan kepada pelanggan apa yang mereka inginkan, mereka akan mencarinya di tempat lain. Selain itu, Salesforce pun melaporkan bahwa 66 persen pelanggan berharap bisnis mengetahui kebutuhan dan harapan uniknya. Oleh karena itu, sangat penting memiliki pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan dan masalah pelanggan untuk menawarkan solusi yang tepat.

Caranya, Anda bisa terlibat dalam mendengarkan sosial, yaitu memantau saluran media sosial untuk menyebutkan merek, merek pesaing, dan kata kunci terkait. Cara ini mengharuskan Anda mengidentifikasi target pelanggan secara online. Entah Instagram atau Tik Tok, sesuaikan dengan tempat pelanggan Anda berada. Lalu evaluasi pendapat mereka. Pelanggan akan memberi tahu apa yang diinginkan dan dibutuhkan.

Adapun cara lain, Anda dapat memantau ulasan pelanggan. Baik itu ulasan bisnis di Google atau aplikasi seluler. Membaca ulasan dapat membantu mengukur perasaan pelanggan tentang merek dan produk Anda.

2. Memahami pasar dan manfaatkan pengalaman omnichannel

Anda harus mengetahui pasar luar dalam untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang dan kompetitif. Oleh karena itu, pertama-tama Anda harus mengawasi peluncuran produk pesaing, fitur baru, dan aktivitas utama lainnya. Dari sana, Anda kemudian mengumpulkan dan menganalisis data industri.

Pertama, Anda harus terlibat dalam pemantauan pesaing. Cara ini membantu Anda mengetahui apa yang dilakukan pesaing Anda dan menentukan apa yang tidak mereka lakukan.

Memantau pesaing juga dapat membantu Anda menentukan cara mereka terlibat dengan pelanggan. Hal ini dapat membantu Anda menyesuaikan kampanye serupa untuk bisnis dan memperluas ke saluran penjangkauan dan pemasaran baru.

Dari sana, Anda akan lebih memahami cara membangun pengalaman omnichannel yang sesungguhnya bagi pelanggan. Pengalaman omnichannel terdiri dari beberapa titik kontak pelanggan melalui berbagai saluran untuk menciptakan perjalanan yang lancar dan terhubung.

Jika pesaing memiliki strategi omnichannel yang terbatas atau tidak efektif, Anda akan dapat mengamati praktik dan mengembangkan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan. Sementara jika pesaing memiliki strategi omnichannel yang sangat baik, Anda dapat menerapkan elemen yang sama sesuai pendekatan Anda.

Kedua, Anda harus menganalisis data industri untuk memahami tren saat ini dan masa depan dengan lebih baik. Laporan resmi industri, survei, dan studi kasus dapat membantu menjelaskan apa yang terjadi di lanskap e-niaga.

Anda dapat mengumpulkan sebagian dari aset ini dari para pelaku e-niaga berat dan mengambil sisanya langsung dari situs web pesaing dan saluran informasi lainnya.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Bangun tim yang berakar pada keragaman dan inklusi

Studi McKinsey mengungkapkan bahwa bisnis yang beragam memiliki kemungkinan 35 persen lebih besar mengungguli pesaing. Jadi, membangun tim dan mengembangkan budaya perusahaan yang penuh keragaman dan inklusi sangat penting jika Anda ingin memulai tahun 2023 dengan langkah yang tepat.

Dengan menyatukan kelompok yang beragam, Anda mendapatkan serangkaian pengalaman hidup dan latar belakang yang luas. Hal ini dapat membantu Anda mengembangkan produk dan solusi unik untuk kesenjangan pasar yang mungkin diabaikan oleh bisnis ritel lainnya.

Anda dapat membangun tim yang beragam dengan mengubah praktik perekrutan. Cari individu dengan tingkat pengalaman, pendidikan yang berbeda, dan pekerjakan berbagai anggota tim berdasarkan cara mereka menambah nilai dan berkontribusi pada budaya perusahaan yang ada.

Dari sana, promosikan budaya inklusi dengan menciptakan ruang aman bagi anggota tim untuk mengekspresikan diri. Ruang aman memungkinkan seseorang membawa "diri mereka sepenuhnya" dengan memitigasi risiko di tempat kerja, yang dapat membantu mempromosikan lingkungan untuk inovasi dan peluang.

Cara hebat lainnya untuk melakukan ini adalah melalui iklan. Selalu pastikan bahwa tim periklanan Anda menggunakan model, fotografi, dan konten yang inklusif dan tidak ketinggalan zaman. Iklan yang beragam membantu pelanggan merasa terwakili dan dikenali sehingga lebih cenderung berbelanja di toko e-niaga Anda.

4. Tetap sederhana

Sangat mudah untuk memperumit banyak hal, terutama ketika menerapkan beberapa ide baru untuk bisnis. Namun, Anda harus tetap sederhana. Satu-satunya fokus dari strategi bisnis apa pun seharusnya adalah pelanggan, e-niaga tidak berbeda.

Saat memasarkan ke audiens target, penting untuk diingat bahwa pelanggan tahu kapan Anda tidak autentik. Oleh karena itu, Anda harus mendekati pelanggan secara jujur dan terbuka dengan melibatkan mereka dan membuat mereka merasa dilihat dan didengar oleh bisnis Anda.Jika kampanye pemasaran Anda mengatakan, "Kami peduli dengan apa yang Anda katakan", maka ambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mendengarkan.

Setelah Anda mendapatkan pelanggan dari upaya pemasaran, prioritaskan pelanggan dan berikan pengalaman yang efisien dan hemat biaya.

Misalnya, ini bisa berarti mengembangkan jalur yang mudah diikuti untuk membeli atau mempersingkat proses checkout. Dari sana, Anda dapat menerapkan ide-ide baru yang paling masuk akal dalam perjalanan e-niaga bisnis Anda untuk pelanggan dan pertumbuhan bisnis .

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat