uefau17.com

Sri Mulyani Masuk Daftar Muslim Berpengaruh Dunia, Ini Alasannya - Bisnis

, Jakarta - Sri Mulyani terus mendapat apreasi dari atas kerja keras dan pencapaiannya dalam menjabat sebagai Menteri Keuangan.

Kali ini, nama Sri Mulyani muncul dalam daftar Muslim paling berpengaruh dunia di bidang ekonomi dan bisnis, yang disusun oleh The Royal Islamic Strategic Studies Center.

"Sri Mulyani Indrawati adalah salah satu dari sedikit orang Indonesia pembuat kebijakan dengan profil internasional. Selama menjabat sebagai Menteri Keuangan, negara ekonomi terbesar di Asia Tenggara menjadi salah satu dari 20 ekonomi terkemuka di dunia dan menjadi salah satu ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di kawasan tersebut, sebagian berkat kombinasi suara kebijakan ekonomi dan lingkungan politik yang stabil," tulis Royal Islamic Strategic Studies Center, dikutip Rabu (2/11/2022).

Selain itu, Royal Islamic Strategic Studies Center juga menyoroti jejak Sri Mulyani di Bank Dunia. "Dia diangkat sebagai Direktur Pelaksana Dunia Bank pada tahun 2010, di mana ia menjabat hingga 2016," tulisnya.

Selain Sri Mulyani, nama Menteri BUMN Erick Thohir juga muncul dalam daftar tersebut, dan sejumlah tokoh berprestasi lainnya di Tanah Air terutama Presiden Joko Widodo (Jokowi) abib Lutfi Bin Yahya, Yahya Staquf, Mustofa Bisri, hingga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Adapun tokoh dunia dalam daftar itu, yakni Raja Arab Saudi Salman bin Abdul-Aziz Al-Saud, Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan, Raja Kerajaan Hashemite Yordania Abdullah II, Raja Morocco Mohammed VI, hingga Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Mohamed bin Zayed Al-Nahyan.

Dalam daftar 500 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia 2023, Royal Islamic Strategic Studies Center memuji profil Sri Mulyani yang dapat diakui secara internasional.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menteri BUMN Erick Thohir juga Masuk Daftar Muslim Berpengaruh di Dunia

Selain Sri Mulyani, Erick Thohir juga menjadi menteri kabinet pemerintahan Presiden Jokowi yang masuk dalam daftar Muslim berpengaruh dunia di bidang ekonomi dan bisnis. 

The Royal Islamic Strategic Studies Center menilai Erick sebagai menteri, pebinis, serta sejumlah aktivitas lainnya telah memberikan banyak kontribusi bagi lingkungannya.

"Erick Thohir adalah pebisnis dan politisi asal Indonesia yang kini mengabdi sebagai Menteri BUMN dan anggota International Olympic Committee (IOC, Komite Olimpiade Dunia). Dia mendirikan Mahaka Group, konglomerasi yang fokus pada olahraga dan media hiburan, cetak, radio, dan televisi," tulis The Royal Islamic Strategic Studies Center dalam laporannya.

Selain itu kiprah Erick yang memiliki sejumlah klub sepak bola nasional dan internasional juga dipotret sebagai bagian dari pengaruhnya yang signinfikan di dunia bisnis.

"Dia juga memiliki sendiri dan berpartner dalam kepemilikan sejumlah klub sepak bola dan bola basket internasional. Dia juga merupakan Presiden asosiasi bola basket Asia Tenggara (Seaba)," tulis laporan itu.

3 dari 3 halaman

Presiden Jokowi Masuk Top 50 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh Dunia 2023

The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC) juga memasukkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke daftar 50 tokoh muslim berpengaruh di dunia 2023. Jokowi berada di urutan ke-13 setelah ulama Arab Saudi, Sheikh Salman Al-Ouda.

Selain Jokowi, ada juga pemimpin muslim lain yang masuk ke daftar 50 tokoh muslim paling berpengaruh di dunia 2023, seperti Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz yang menempati urutan pertama dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan urutan keempat.

Mengutip The Muslim 500: The World’s 500 Most Influential Muslims 2023, daftar 50 tokoh muslim teratas diberikan peringkat sekaligus biografi singkatnya. Adapun biografi singkat Jokowi yang ditulis oleh RISSC sebagai berikut.

Joko Widodo atau Jokowi adalah Presiden Republik Indonesia yang menjabat hingga 2024. Ia kembali terpilih sebagai presiden dalam pemilihan April 2019. Pada pemilihan ini ia bersama wakilnya, Ma’aruf Amin memenangkan 55,5% suara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat